Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Warna RGB dan CMYK Dalam Desain Grafis

Perbedaan Warna RGB dan CMYK
Perbedaan Warna RGB dan CMYK

Perbedaan Warna RGB dan CMYK

Assalamu’alaikum para pembaca kanal informasi seokilat. Masih seputar desain grafis. Mungkin sebagian diantara teman-teman sering mengalami kesulitan saat menentukan warna apa yang hendak dipakai dalam desain teman-teman yah. Terlepas dari kesulitan tersebut, pada kesempatan yang singkat ini izinkan saya untuk menyampaikan beberapa informasi atau penjelasan kepada adik-adik pelajar terkait perbedaan warna RGB dan CMYK.

Bagi teman-teman yang sering menggunakan software desain grafis pasti sudah tidak asing-kan dengan kedua istilah warna ini? Nah! Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan kedua warna ini, kami telah menyusun penjelasan singkat seperti di bawah ini.

Sekilas Perbedaan Warna RGB dan CMYK

Bila kita berbicara mengenai perbedaan warna RGB dan CMYK, biasanya kedua warna ini sering menjadi permasalahan tatkala kita berurusan dengan yang namanya percetakan atau pun digital printing. Mengapa kita katakan demikian? Sebab memang pada dasarnya, perbedaan kedua warna ini akan terasa mencolok saat kita mencetak desain digital kita ke dalam objek nyata, yakni dicetak ke dalam benda non digital.

Udah tau belum? Apa itu golden ratio dalam desain?

Oleh karenanya, bagi teman-teman yang kelak ingin terjun ke dunia digital printing, memahami dasar perbedaan kedua warna ini merupakan hal yang sangat penting. Sebab penggunaan jenis warna yang salah kerap menimbulkan komplen atau keluhan dari klien saat desain digital kita dicetak atau diprint. Sudah punya gambaran tentang warna RGB dan CMYK? Kalau belum, lanjut ke penjelasan di bawah ini.

RGB Vs CMYK

Bila berbicara mengenai jenis atau klasifikasi warna dalam desain, terdapat dua jenis unsur warna secara umum yang perlu kita ketahui. Kedua unsur warna tersebut adalah RGB dan CMYK. Apa itu warna RGB dan CMYK?

Warna RGB

RGB adalah sebuah istilah dalam dunia desain untuk menyebutkan model warna pencahayaan yang dipakai untuk input devices, misalnya perangkat scanner, ataupun untuk output devices, misalnya perangkat monitor. Ohiya, RGB itu juga merupakan singkatan dari Red - Green - Blue.

Dalam hal ini, jika warna Red, Green, dan Blue dicampurkan, maka akan tercipta warna putih. Ini juga alasan mengapa RGB sering disebut dengan istilah warna pencahayaan (Additive Color).

Warna CMYK

Apa itu Warna CMYK? CMYK adalah salah satu jenis atau tipe warna yang dihasilkan dengan menggunakan metode pengurangan sebagian gelombang cahaya atau biasa disebut dengan substractive color model. Warna CMYK adalah jenis warna terbaik dan paling umum digunakan dalam percetakan berwarna. Ohhiya! Sebagaimana RGB yang merupakan singkatan dari red - green - blue, CMYK juga merupakan singkat dari Cyan - Magenta - Yellow - blacK. Warna CMYK juga biasa disebut sebagai warna proses 4 warna.

Perbedaan Warna RGB dan CMYK

Untuk memahami perbedaan kedua warna ini lebih jelas, berikut telah kami susun secara garis besar perbedaan antara warna CMYK dan RGB.

  • Warna RGB lebih sering digunakan untuk warna perangkat monitor. Sedangkan warna CMYK lebih cenderung digunakan untuk warna printer.
  • Warna RGB lebih sering digunakan untuk memvisualisasikan desain digital di layar monitor. Sedangkan warna CMYK lebih sering digunakan untuk memvisualisasikan desain digital pada objek media cetak (non digital).
  • Bila mencampurkan seluruh warna red- green - blue akan menghasilkan warna putih atau terang, berbeda dengan mencampurkan warna cyan - magenta - yellow - black yang akan menghasilkan warna gelap atau hitam.

Kesimpulan atas Perbedaan Warna RGB dan CMYK

  • RGB adalah singkat dari Red, Green dan Blue
  • Warna RGB adalah warna primer
  • Warna RGB lebih cocok untuk desain web dan digital desain lainnya.
  • Warna RGB cocok untuk presentasi desain digital di monitor
  • Warna RGB bila dicampur akan menghasilkan warna terang atau putih
  • Warna CMYK sering digunakan untuk media cetak
  • Warna CMYK lebih sering digunakan sebagai standar warna printer
  • Warna CMYK singkatan dari Cyan, Magenta, Yellow, dan Black
  • Cyan, magenta, yellow, dan black bila dicampur akan menghasilkan warna gelap.
  • Warna CMYK lebih cocok untuk digital printing

Mungkin ini saja yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini mengenai perbedaan warna RGB dan CMYK. Semoga setelah membaca apa yang kami sampaikan dapat membantu para pembaca memahami hakikat masing-masing kedua warna tersebut. Karena memahami kedua warna ini akan sangat berpengaruh pada hasil kerja kita kelak, khususnya yang terjun dalam dunia desain dan percetakan digital. Terima kasih, assalamu’alaikum.

Bila artikel perbedaan warna RGB dan CMYK ini bermanfaat, bagikan ke temanmu yang membutuhkan yah!

Udah tau? Elemen desain grafis bag-4 

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Perbedaan Warna RGB dan CMYK Dalam Desain Grafis"