Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kasih Sayang, Contoh, dan Perbedaan dengan Cinta

pengertian kasih sayang
Kasih Sayang: Pengertian, Contoh, dan Perbedaan dengan Cinta

Pengertian Kasih Sayang - Assalamu’alaikum, kembali lagi di kanal informasi seokilat. Banyak diantara kita tentu sudah sering mendengar kata “kasih sayang”. Baik itu dari kita anak-anak hingga dewasa seperti saat ini. Kasih sayang adalah suatu pembahasan yang sangat menarik, terlebih bagi para remaja yang sedang beranjak dewasa. Tapi sebenarnya apa sih kasih sayang itu? Apa semua orang berhak mendapatkan kasih sayang?

Nah! Untuk memahami lebih jelas  tentang hakikat kasih sayang, penulis di sini akan sedikit menguraikan pengertian kasih sayang secara mendetail. Mulai dari pengertian kasih sayang secara bahasa, kasih sayang menurut Islam, contoh kasih sayang, sampai perbedaan cinta dan kasih sayang.

Pengertian Kasih Sayang

Apa yang dimaksud dengan Kasih Sayang? Secara bahasa, kasih sayang adalah sesuatu atau kondisi kejiwaan seseorang yang muncul (atau terjadi) melalui pengaruh dari luar. Sederhananya, kasih sayang merupakan respon kejiwaan seseorang yang membuat dirinya merasa berempati, perhatian, sedih, dan muncul rasa ingin melindungi. Perasaan kasih dan sayang  paling sederhana selalu melibatkan antara kedua belah pihak.

Adapun lawan kata dari kasih sayang adalah kebencian, kedengkian. Bila seseorang yang memiliki rasa kasih sayang memiliki perasaan untuk melindungi, sebaliknya, orang yang memiliki kebencian kerap memiliki rasa atau keinginan untuk melukai, merusak, dan menjatuhkan. Semoga kita selalu dilimpahkan perasaan kasih sayang dan dijauhkan dari kebencian terhadap orang-orang yang berhak untuk disayangi.

Kasih Sayang Menurut Islam

Menukil perkataan dari salah seorang pemerhati pendidikan anak dan dakwah Islam, yakni Abdullah Nashih Ulwan. Beliau berpendapat bahwa, kasih sayang adalah kelembutan hati dan kepekaan perasaan sayang terhadap orang lain. Islam adalah agama yang sempurna dan penuh dengan kasih sayang. Sebagaimana perintah dalam hadits Baginda Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam: Sayangilah yang ada di bumi, maka niscaya yang di langit (yakni: Allah) akan menyayangimu.

Allah Tabaraka Wa Ta’ala adalah Dzat yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Maka dari itu, kasih sayang adalah bagian dari ajaran Islam. Kasih sayang dalam Islam tidak sebatas pada manusia semata, lebih dari pada itu, Islam juga mengajarkan untuk berbuat baik kepada makhluk lainnya seperti hewan.

Udah tau? Kata Kerja Mental

Kita ambil contoh, saat merayakan Idul Adha, diantara anjuran atau syariat dalam Islam adalah menajamkan alat sembelih hewan yang kita gunakan, seperti : golok atau pisau. Tujuan dari mengasah golok tersebut adalah untuk “mempermudah” kematian sang hewan yang akan disembelih. Jangan sampai, pisau atau golok tumpul yang kita gunakan menambah perih dan siksa bagi hewan sembelihan. Lebih daripada itu, bentuk kasih sayang dalam Islam terhadap hewan dapat terlihat, dari dianjurkannya menghalangi pandangan hewan yang akan disembelih dari proses penyembelihan hewan lainnya. Menampakkan proses penyembelihan hewan kepada hewan yang akan disembelih akan memberi tekan batin pada hewan tersebut.

Contoh Kasih Sayang

Bila kita berbicara mengenai contoh kasih sayang, tentu ini merupakan hal yang sangat luas dan membutuhkan pembahasan khusus. Namun, di sini kami akan memberikan beberapa klasifikasi contoh kasih dan sayang ke dalam beberapa kategori.

Udah tau belum? Jenis jenis makalah

Kasih Sayang Kepada Orang Tua

Berikut di bawah ini adalah contoh kasih sayang sang anak kepada kedua orang tua.

1. Meringankan pekerjaan rumah tangga dengan membantu pekerjaan orang tua.

2. Memberikan hadiah tatkala kita memperoleh rezeki dari Allah

3. Menyempatkan diri untuk berkunjung ke rumah orang tua dan bercengkrama dengan mereka (bagi yang sudah berkeluarga).

4. Berbicara dengan sopan dan lemah lembut.

5. Merawat orang tua ketika sakit.

6. Fokus belajar dan menuntut ilmu tatkala diberi kesempatan untuk sekolah.

7. Ikhlas menerima apapun pemberian orang tua, meski terkadang tak sesuai ekspektasi.

8. Tidak boros.

9. Beribadah dengan baik, agar orang tua mendapatkan aliran pahala.

Kasih Sayang Kepada Teman

Berikut di bawah ini adalah contoh kasih sayang seseorang kepada teman.

1. Tidak melakukan rasis.

2. Tidak melakukan tindak perundungan atau bully

3. Membantu teman saat sedang kesulitan.

4. Mengajarkan materi pelajaran kepada teman yang tidak mengerti.

 5. Menghormati teman yang lebih tua usianya.

6. Mengayomi teman yang lebih muda usianya.

7. Memberi nasehat kepada teman yang melakukan sebuah tindakan tidak terpuji.

8. Menegur teman yang berbuat kesalahan di sekolah.

9. Mentraktir teman sesekali.

Kasih Sayang Kepada Diri Sendiri

Bukan hanya kepada orang tua dan teman, kita juga perlu menyayangi diri kita sendiri. Berikut di bawah ini adalah contoh kasih sayang kepada diri sendiri.

1. Beribadah sebaik mungkin untuk mendapatkan pahala.

2. Menabung.

3. Berolahraga menjaga kesehatan.

4. Tidak malas mengkonsumsi sayuran dan buah.

5. Tetap berpikir positif.

6. Menjauhi teman-teman yang buruk.

7. Mematuhi peraturan lalu lintas agar terhindar dari bahaya.

Kasih Sayang Kepada Tetangga

Selain kasih sayang kepada diri sendiri dan teman, sebagai makhluk sosial kita juga harus berlaku baik kepada tetangga. Berikut adalah contoh kasih sayang kepada tetangga.

1. Memberi hadiah sesekali waktu.

2. Memberikan bantuan sebisa mungkin saat mereka membutuhkan pertolongan.

3. Menjaga rumahnya saat mereka pergi jauh.

4. Tidak menimbulkan keributan.

5. Saling menghargai.

6. Bersedekah bila tetangga adalah keluarga yang kurang mampu.

7. Bertutur kata sopan dan santun.

Perbedaan Cinta dan Kasih Sayang

Bagi yang belum berpengalaman soal perasaan, mungkin membedakan antara cinta dan kasih sayang agak sedikit sulit. Namun menurut penulis pribadi, perbedaan cinta dan kasih sayang terletak pada esensi kedalaman sebuah emosi. Begini sederhananya, cinta adalah sebuah perasaan mendalam dalam bentuk kasih sayang yang kuat kepada sesuatu yang dicintai. Sedangkan kasih sayang sebagaimana yang kita jelaskan di atas. Kasih sayang adalah respon kejiwaan seseorang yang membuat dirinya merasa berempati, perhatian, sedih, dan memiliki rasa ingin melindungi.

Kasih sayang itu bersifat umum atau global, sedangkan cinta memiliki esensi yang lebih mendalam daripada kasih sayang.

Mungkin penjelasan di atas masih memiliki banyak kekurangan. Teman-teman yang memiliki pandangan lebih luas dapat menyampaikan pesan kepada kami melalui kontak yang tersedia di halaman ini. Demikian pembahasan kami mengenai pengertian atau makna kasih sayang, contoh kasih sayang, kasih sayang menurut islam, dan perbedaan cinta dan kasih sayang. Terima kasih karena sudah mengikuti tulisan ini hingga akhir.

Bagikan artikel kasih sayang ini ke sosial mediamu sebagai bentuk kepedulianmu kepada penulis. Terima kasih!

Udah tau? Unsur-unsur Syair

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Owner and CEO of seokilat.com. A man energetic, full of passion, and easily touched by sad things. Follow IG : @desain.grafis.io