Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Negara Penghasil Emas Terbesar Di Dunia, Bukan Indonesia!

Negara Penghasil Emas Terbesar Di Dunia
Negara Penghasil Emas terbesar di dunia

Negara Penghasil Emas Terbesar Di Dunia - Emas adalah logam mulia yang memiliki nilai jual tinggi dan biasa dijadikan sebagai perhiasan bagi manusia. Di Indonesia sendiri, sebuah tambang emas yang terkenal adalah PT. Freeport. Tambang ini terletak di daerah dataran tinggi tembagapura, kabupaten mimika, provinsi papua.  Perusahaan tambang ini memasarkan konsentrat yang mengandung tembaga, emas, dan perak hingga keseluruh penjuru dunia. 

Menarik lainnya: Daftar perusahaan minyak terbesar di dunia

Negara Penghasil Emas Terbesar Di Dunia

Tahukah anda, meskipun PT. Freeport ini menghasilkan emas yang sangat banyak, jumlah emas tersebut belum cukup menjadikan indonesia masuk kedalam jajaran 10 negara penghasil emas terbanyak didunia. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai 10 Negara Penghasil Emas Terbesar Di Dunia saat ini. Dan untuk mempersingkat waktu, mari langsung saja simak pembahasan kita dibawah ini.

1. China

Negara Penghasil Emas Terbesar Di Dunia

Tidak hanya negara dengan jumlah penduduk terbanyak didunia, China juga menjadi negara yang paling banyak memproduksi emas dalam satu tahun. Meski tidak memiliki cadangan emas seperti australia, China mampu memproduksi emas sekitar 450 Ton dalam 1 tahun.

2. Australia

Negara Penghasil Emas Terbesar Di Dunia

Negeri kangguru  yang bersebelahan dengan indonesia ini, memiliki cadangan emas paling banyak dari 10 negara penghasil emas terbanyak di dunia saat ini. Bayangkan saja, ada 9.800 ton emas didalam perut bumi australia. Dan mampu menghasilkan emas 270 ton dalam satu tahun. 

3. Rusia

Negara Penghasil Emas Terbesar Di Dunia

Tidak hanya terkenal dengan suhu yang ekstrim saat memasuki musim dingin, negara ini ternyata juga menyimpan banyak cadangan emas. Diperkirakan rusia memiliki cadangan emas berkisar 5.000 ton, dan dapat memproduksi 245 ton emas dalam satu tahun. Adapun wilayah pertambangan utamanya terbagi menjadi 6 tempat : Amur, Irkutsk, Khabarovsk, Krasnoyarsk, Magadan dan Sakha-Yakutia.

4. Amerika Serikat 

Negara Penghasil Emas Terbesar Di Dunia

Masih dikawasan benua amerika, lebih tepatnya kali ini di Amerika Serikat. Negara tempat patung liberty berdiri ini memiliki cadangan emas sekitar 3.000 ton, dengan wilayah pertambangan utama tersebar di 5 tempat : Nevada, Alaska, California, colorado, dan south dakota. Diperkirakan negara ini mampu menghasilkan 211 ton emas setiap tahunnya.

Simak juga: Fakta menarik tentang hujan

5. Kanada

Negara Penghasil Emas Terbesar Di Dunia

Dengan luas 9.970.610 km persegi,kanada memiliki hasil alam yang sangat berlimpah, termasuk didalamnya EMAS. Memiliki pertambangan emas utama di Ontario, tercatat bahwa kanada menyimpan cadangan emas berkisar 2.000 ton. Dan mampu menghasilkan emas dengan taksiran rata-rata 160 ton EMAS per tahunnya.

6. Peru

Negara Penghasil Emas Terbesar Di Dunia

Terletak di benua amerika,tepatnya amerika selatan bagian barat, negara ini aktif bergerak dalam sektor pertambangan, listrik dan komunikasi. Majunya pertambangan di negara ini, ditandai dengan produksi emas negara yang mencapai angka sekitar 150 ton per tahun. Produksi emas yang kian tinggi, menjadikan peru sebagai negara penghasil emas terbanyak ke-6 di dunia. 

7. Afrika Selatan

Negara Penghasil Emas Terbesar Di Dunia

Negara yang unik dan memiliki 11 bahasa resmi ini, memiliki hubungan diplomatik yang baik dengan negara kita indonesia sejak tahun 1994. Tidak hanya unik karena memiliki 11 bahasa resmi, negara ini juga istimewa, sebab didalamnya terdapat 6.000 ton cadangan emas. Dan diperkirakan mampu memproduksi 150 ton emas setiap tahunnya. Dan sekedar informasi tambahan diluar soal tambang, negara ini memiliki masalah besar terkait wabah HIV yang terus menyebar "tak terbendung", diperkirakan 4,79 juta jiwa dinegara ini telah terjangkiti HIV.

Tambah wawasan: Negara Garis Pantai Terpanjang di Dunia

8. Uzbekistan

Negara Penghasil Emas Terbesar Di Dunia

Negara yang terletak antara asia tengah dan eropa timur ini merupakan negara yang terkurung oleh gunung dan gurun. Tapi meskipun begitu, negara yang satu ini diberikan kelebihan berupa cadangan emas yang sangat banyak. Sangking banyaknya, negara ini masuk dalam urutan ke-8 sebagai negara penghasil emas terbanyak di dunia. Tercatat dengan cadangan emas 1700 ton, uzbekistan bisa memproduksi dengan taksiran 102 ton emas pertahun.

9. Mexiko

Negara Penghasil Emas Terbesar Di Dunia

Negara yang terkenal dengan kekayaan kulinernya ini, ternyata juga memiliki kekayaan tambang emas yang sangat berlimpah. Diketahui, bahwa negara meksiko ini memiliki cadangan emas sekitar 1400 ton. Dengan hasil produksi rata-rata berkisar pada angka 92 ton emas per tahunnya. 

10. Ghana

Negara Penghasil Emas Terbesar Di Dunia

Negara yang satu ini terletak di afrika barat dengan ukuran luas wilayah hampir dua kali luas pulau jawa. Sebagai salah satu penghasil coklat terbesar di dunia, ternyata ghana juga termasuk salah satu negara penghasil emas terbesar di dunia. Bayangkan saja, negara ini mempunyai cadangan emas berkisar 2000 ton, dan mampu memproduksi emas dalam 1 tahun sekitar 90 Ton.

Cadangan emas di negara ini sekitar 1.900 ton dan memiliki 5 wilayah pertambangan utama, yaitu : Shandong, Henan,Jiangxi, Yunnan, dan Fujian. 

Jadi itulah 10 negara penghasil emas terbesar di dunia saat ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman semua. 

Simak juga: 10 Kapal Laut Terbesar di Dunia

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Owner and CEO of seokilat.com. A man energetic, full of passion, and easily touched by sad things.