Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Fakta Menarik Tentang Hujan akan Menambah Wawasan Pengetahuanmu!

Fakta Menarik Tentang Hujan
Ilustrasi fakta menarik tentang hujan

Assalamu'alaikum sobat, segala puji bagi Allah yang telah memberikan kita nikmat hingga saat ini. Baik itu nikmat iman, nikmat kesehatan, serta nikmat waktu luang. Udah yah gan muqoddimahnya, ntar dikira ane mau khutbah. 

9 Fakta Menarik Tentang Hujan

Halo sobat semua dimana pun anda berada, saya yakin tidak ada diantara kalian yang tidak mengetahui apa itu hujan. Bahkan saat artikel ini ditulis, langit dikota admin sedang menurunkan butir demi butir air hujan penuh rahmat. Tapi tahukah sobat? ternyata ada banyak fakta menarik tentang hujan yang selama ini belum jarang terdengar dan diangkat di tengah-tengah masyarakat kita. Oleh karena itulah, pada kesempatan yang berbahagia ini seokilat akan membahas 9 fakta menarik tentang hujan versi ensiklopedia bebas.

1. Memiliki Kemampuan Menghipnotis

Fakta Menarik Tentang Hujan
Fakta menarik tentang hujan

Percaya atau tidak, ternyata butiran hujan yang jatuh dari langit mampu menghipnotis fikiran kita. Hal ini diperkuat oleh pernyataan para ilmuwan, dimana mereka menemukan fakta bahwa air hujan yang turun dari langit mampu "menghipnotis" manusia untuk meresonansikan kenangan masa lalu.  Oleh karena itu, tidak jarang kita dapati seseorang yang curhat mengenai masa lalunya, ketika hujan turun.

2. Aroma Khas Selepas Hujan Turun

Mungkin banyak diantara kita yang menyadari, ada aroma khas yang tercium sesaat setelah hujan turun. Dan tidak sedikit pula diantara kita yang menganggap aroma tersebut merupakan aroma alami bumi. Tapi tahukah sobat? bahwa sebenarnya aroma yang kita hirup saat itu disebut dengan Petrikor (bukan pelakor). Petrikor adalah aroma alami yang muncul, saat hujan jatuh diatas permukaan tanah yang kering. Bahkan karena keunikan aroma petrikor ini dan banyaknya orang yang menyukai, membuat para pakar parfum terinspirasi, untuk memproduksi aroma khusus Parfum dengan Aroma Petrikor. 

Simak juga: Daftar kapal laut terbesar di dunia

3. Hujan Bayangan

Fakta Menarik Tentang Hujan
Ilustrasi bayangan hujan

Ternyata bukan mantan saja yang dikenal sebutan bayangan. Didalam kamus hujan dunia, juga terdapat istilah resmi yang disebut dengan hujan bayangan. Belum tahu ya? Hujan bayangan adalah sebutan untuk hujan yang terjadi di daerah yang kering dan memiliki suhu yang sangat tinggi. Sehingga sebelum butiran hujan jatuh ke permukaan tanah, butir hujan tersebut lebih dulu menguap di udara dan gagal menyentuh tanah.

4. Pluviophile

Fakta Menarik Tentang Hujan
Ilustrasi anak anak mandi hujan

Pernah lihat orang yang selalu bahagia saat hujan turun? atau jangan - jangan orang itu adalah kamu sendiri? Perlu sobat semua ketahui, didunia ini ternyata ada golongan orang yang memiliki rasa ketakutan berlebih, saat hujan turun. Kondisi ini dikenal dengan istilah Ombrofobia. Adapun orang - orang yang selalu merasa gembira saat hujan turun, dikenal dengan sebutan Pluviophile. 

5. Hujan Brazil

Fakta Menarik Tentang Hujan
Ilustrasi tetesan air hujan

Udah pada tahu belum? Pada tahun 2004 di negara Brazil dan kepulauan Marshall, terjadi hujan yang disinyalir sebagai hujan dengan butiran paling besar di dunia. Diperkirakan butiran hujan yang jatuh saat itu, ada yang memiliki diameter mencapai 1 cm.

Baca Juga: Fakta menarik tentang negara Singapura

6. Mitos Hujan Orang Meninggal

Fakta Menarik Tentang Hujan
Ilustrasi air hujan membasahi tangan

Mungkin diantara kita sering mendengar, kalau hujan yang terjadi saat matahari terik merupakan tanda adanya orang yang meninggal. Apakah hal itu benar ? jawabannya Mitos. Karena pada faktanya, hujan yang turun pada saat matahari terik dikenal dengan sebutan hujan zenithal. Dimana hujan ini merupakan proses turunnya hujan yang diakibatkan hembusan angin kencang dari areal hujan, menuju kawasan yang tidak hujan.

7. Hujan Es

Jika sobat pernah mengalami hujan es, dan masih hidup sampai saat ini, itu berarti hujan es yang sobat alami masih dalam kategori normal. Berbeda dengan kondisi hujan es yang terjadi di kota Morabadad, India. Dimana hujan es yang terjadi dikota ini telah menelan korban jiwa hingga 230 orang. Fenomena hujan es yang terjadi pada tahun 1888 ini, dikenal sebagai Legenda Badai Terhebat yang pernah terjadi di India. Bisa dibayangkan sebesar apa butiran es nya??

8. Hujan Es Terbesar

Hujan es dengan butiran halus mungkin sudah dianggap biasa. Tapi bagaimana jika hujan es yang jatuh dari langit memiliki ukuran lebih besar dari bola baseball? Itulah yang terjadi di Vivian, Dakota Selatan, Amerika Serikat. Hujan es yang turun pada 23 juli 2010 silam, tercatat sebagai rekor hujan es terbesar yang pernah terjadi di dunia sampai saat ini. Fenomena tersebut menghasilkan bongkahan es yang jatuh dari langit dengan diameter mencapai 20 cm. Dan ukuran ini didapatkan setelah bongkahan es menabrak permukaan tanah, besar kemungkinan ukuran bongkahan es saat jatuh dari langit lebih besar lagi.

9. Doa Ketika Hujan

Khusus buat yang muslim, udah pada tahu belum doa ketika hujan turun? Hal ini penting buat kita, agar hujan yang Allah datangkan kekita adalah bentuk rahmat dan kasih sayangNya, bukan adzab yang menyiksa kita. Karena tidak sedikit daerah yang diguyur hujan, justru mengalami musibah besar, seperti banjir, longsor, bangunan roboh, dan masih banyak lagi. Sobat muslim bisa baca doa dibawah ini ketika hujan turun.

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ  اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

"Sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan : Allahumma Shoyyiban Naafi'an. (Yaa Allah, Turunkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat)_HR. Bukhari No. 1032

Itulah pembahasan singkat kita mengenai 9 fakta menarik tentang hujan versi ensiklopedia bebas. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita. Bye..

Kenali Juga: Air terjun terbesar di dunia

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Owner and CEO of seokilat.com. A man energetic, full of passion, and easily touched by sad things.