Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Menarik Tentang Buaya Yang Jarang Diketahui

Fakta Menarik Tentang Buaya
Fakta Menarik Tentang Buaya


Fakta Menarik Tentang Buaya - Buaya adalah jenis reptil aquatik, yang hidup sebagai sosok karnivora buas dan tergolong salah satu hewan paling ditakuti di dunia saat ini. Sifatnya yang agresif, serta rahang dan gigi yang berbahaya, membuat hewan ini sukses menjadi predator yang paling disegani. Dan seperti judul yang sudah kita lihat bersama, pada kesempatan kali ini, kami dari situs ilmu pengetahuan.id akan menyampaikan informasi seputar fakta tentang buaya yang jarang diketahui oleh banyak orang. 

Fakta Menarik Tentang Buaya Yang Jarang Diketahui Orang-Orang 

Namun sebelum masuk ke dalam inti pembahasan, kami ingin mengingatkan, update terus informasi dan ilmu pengetahuanmu di situs ini. Kami menghadirkan informasi terbaru setiap harinya, yang tentunya akan menambah wawasan dan pengetahuan teman teman sekalian. Baik itu ilmu pengetahuan umum, teknologi, multimedia, ilmu pengetahuan sosial, ilmu seputar geografi, ilmu pengetahuan seputar fauna dan ilmu pengetahuan seputar negara yang ada di dunia ini. Baik! tanpa basa basi lagi, mari langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya terkait fakta menarik tentang buaya dibawah ini. 

 1. Reptil Terbesar Di Dunia 

Spesies buaya air asin merupakan jenis reptil terbesar di dunia. Buaya jenis ini bisa tumbuh hingga panjang mencapai 6,17 meter atau 20 kaki 3 inci. Bukan hanya panjang, buaya jenis air asin juga memiliki bobot yang sangat fantastis dibandingkan jenis buaya air tawar pada umumnya. Bayangkan saja, berat buaya jenis ini bisa mencapai lebih dari satu ton. Pelajari juga: Jenis-jenis mamalia laut 

 2. Adanya Spesies Buaya Kerdil 

Pada umumnya, buaya adalah jenis hewan yang memiliki postur besar dan bentuk tubuh yang memanjang. Namun, ternayata tidak semua spesies buaya memiliki postur jumbo seperti yang banyak kita lihat baik di media atau pun secara langsung. Di beberapa daerah tertentu, terdapat salah satu spesies buaya kerdil yang disebut dengan (Osteolaemus tetrapis). Pada umumnya, buaya dewasa jenis ini memiliki panjang tubuh maksimal sekitar 1,5 meter. Akan tetapi, pernah tercatat, bahwa buaya terpanjang dari spesies ini memiliki panjang sekitar 1,9 meter saja. Coba bandingkan dengan buaya jenis air asin yang bisa tumbuh hingga sepanjang 6 meter. 

 3. Buaya Juga Bisa "Menangis" 

Percaya tidak, kalau buaya benar benar bisa menangis? Kamu harus percaya! Dan hal ini memang benar terjadi. Biasanya air mata buaya akan keluar saat ia sedang memakan atau menelan sesuatu dengan ukuran yang sangat besar. Penjelasan ilmiahnya adalah ketika buaya terlalu banyak menelan udara (saat makan) yang memiliki hubungan langsung dengan kelenjar lachrymal (kelenjar air mata), hal inilah yang akan memicu air mata buaya untuk keluar. Namun, kondisi ini bukan berarti buaya merasa atau mengalami sedih di dalam hatinya, kondisi ini tidak lain adalah disebabkan reaksi kimia yang terjadi didalam tubuh buaya tanpa melibatkan emosi ataupun perasaan sedikit pun. Konon, kondisi inilah yang menjadi awal mula munculnya istilah penyebutan "Air mata buaya" bagi mereka meneteskan air mata, namun tidak melibatkan perasaan (alias air mata tipu - tipu). 

 4. Buaya Dapat Membuka Rahang Terus Menerus Meskipun Didalam Air 

Spesies buaya memiliki katup penutup di bagian belakang tenggorokannya. Katup ini memungkinkan buaya untuk terus membuka rahangnya meskipun mereka berada didalam air, tanpa perlu takut air masuk kedalam tubuhnya saat melakukan penyelaman. 

 5. Buaya Memiliki Usia Yang Panjang 

Pada umumnya, usia maksimal seekor buaya bisa mencapai 30-40 tahun lamanya. Dan dalam kasus tertentu, seekor buaya yang memiliki ukuran jumbo bisa hidup selama 60-70 tahun. Bahkan terdapat sebuah klaim yang menyebutkan bahwa sebagian buaya bisa hidup dengan usia mencapai lebih dari 100 tahun lamanya. Namun, sejauh ini klaim tersebut belum memiliki bukti yang ilmiah. 

 6. Buaya Memiliki Cengkraman Rahang yang Super Kuat 

Seorang pakar Paleobiolog bernama Gregory M. Erickson dan rekannya, menguji kekuatan gigitan dari 23 spesies buaya yang berbeda. Dari hasil penelitian tersebut, jenis buaya air asin terbukti memiliki gigitan paling kuat dibandingkan seluruh jenis buaya yang ada. Kekuatan cengkraman rahang buaya air asin mencapai 3.700 psi (estimasi). Akan tetapi perlu diketahui, meskipun cengkraman rahang buaya air asin adalah yang terkuat, namun otot rahang (pembuka) yang dimiliki buaya sangatlah kecil dan lemah. Oleh karenanya, kita sering melihat aksi di televisi ataupun channel video online, dimana manusia mampu menutup mulut buaya hanya dengan tangan kosong saja. 

 7. Buaya Memiliki Penglihatan Yang Baik di Malam Hari 

Pada umumnya, spesies buaya memiliki penglihatan yang sangat baik saat malam hari. Kemampuan inilah yang mendukung mereka sehingga dikenal sebagai predator atau pemangsa di malam hari, 

 8. Buaya Memiliki Kemampuan Navigasi yang Sangat Baik 

Spesies buaya memiliki naluri habitat (rumah) yang sangat kuat. Sebab pernah terjadi sebuah kasus, kejadian ini tepatnya di wilayah Australia bagian Utara. Saat itu tiga ekor buaya air asin dipindahkan sejauh 400 km dari tempat asalnya dengan menggunakan alat transportasi helikopter. Dan ternyata, berdasarkan alat pelacak yang telah dipasang pada tubuh buaya, mereka (para kawanan buaya) berhasil pulang alias kembali ke lokasi semula hanya dalam jangka waktu 3 minggu. 

 9. Hewan yang Mendapat Predikat Sebagai Perenang Yang Ahli 

Buaya adalah jenis hewan perenang yang cukup handal dikalangan para reptil. Mereka bisa berenang dengan kecepatan maksimal sekitar 15km per jam. Melihat kecepatan ini, jadi jangan coba-coba adu kecepatan renang sama buaya yah. 

 10. Kaki Buaya Memiliki Selaput (Mirip Bebek) 

Fitur selaput pada kaki buaya tidak mereka gunakan untuk berenang sebagaimana kawanan bebek dan katak berenang. Hal ini dikarenakan, buaya lebih cenderung menggunakan ekor, untuk menghasilkan gaya dorong saat bergerak di dalam air. Sedangkan fitur selaput pada kaki buaya lebih efektif digunakan saat buaya ingin melakukan gerakkan mendadak didalam air, berbelok secara tiba tiba dan melakukan dorongan awal saat mulai berenang. 

 11. Buaya Adalah Spesies Hewan Berdarah Dingin 

Tidak jauh berbeda dengan reptil pada umumnya, buaya adalah spesies hewan berdarah dingin. Oleh karena itu, spesies ini memiliki sistem metabolisme yang sangat lambat, dan memungkinkan mereka untuk bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama, meskipun tanpa makanan. Spesies buaya bisa bertahan hidup selama berbulan bulan lamanya, hanya dengan sekali makan saja. 

 12. Tingkat Kematian Bayi Buaya 

Mayoritas anak buaya (usia bayi) akan menjadi mangsa bagi para predator di lingkungan habitatnya, seperti : hyena, kadal, ikan, bahkan sesama buaya itu sendiri. Wah! siapa sangka yah, ternyata hewan buas sekelas buaya cukup sering menjadi sasaran predator lain, khususnya saat masih unyu-unyu. 

 13. Buaya Adalah Jenis Hewan Amphibi 

Jika muncul pertanyaan, tergolong ke dalam jenis hewan apakah spesies buaya? Maka jawabannya adalah Reptil Amphibi. Para buaya akan menghabiskan sebagian waktunya di dalam air, dan sebagian waktu lainnya mereka habiskan daratan. Meski spesies buaya air asin dan spesies buaya amerika dapat berenang di wilayah laut, namun tidak ada satu pun spesies buaya yang benar benar menghabiskan hidupnya 100% di dalam perairan, baik itu air asin maupun air tawar. 

Tentunya ada banyak sekali fakta menarik seputar hewan yang belum kita ketahui di dunia ini. Dan baru saja, kita telah membahas 13 fakta menarik tentang buaya yang jarang diketahui versi seokilat.com. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. Jangan lupa, share artikel ini kepada teman teman kalian, agar mereka juga tahu fakta menarik dan informatif dari situs ini. Sampai jumpa. Pelajari juga: Hewan Terbesar di Dunia

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Owner and CEO of seokilat.com. A man energetic, full of passion, and easily touched by sad things.