Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Elemen Desain Grafis Bag-4 - Pengertian Ruang, Ukuran dan Warna

Elemen Desain Grafis
Elemen Desain Grafis Bag-4

Elemen Desain Grafis Bag-4 - Alhamdulillah, balik lagi di kanal informasi seokilat.com. Pada artikel sebelumnya kita telah menjelaskan salah satu elemen desain grafis, yaitu tekstur. Mulai dari pengertian tekstur dalam desain grafis/seni rupa, hingga jenis-jenis tekstur itu sendiri. Adapun pada artikel berikut ini, kita akan melanjutkan pembahasan sebelumnya.

Sebagaimana yang teman-teman lihat, di sini kita akan membahas mengenai 3 elemen desain grafis sekaligus. Benar! Kita akan membahas mengenai ruang, ukuran dan warna dalam desain grafis ataupun seni rupa. Seperti apa kira-kira penjelasan materinya? 

Oke! Langsung saja simak uraian selengkapnya dari kami di bawah ini.

1. Pengertian Ruang

Ditinjau dari sisi desain grafis ataupun seni rupa, pengertian ruang adalah jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, yang diciptakan sedemikian rupa untuk menambah nilai estetika suatu karya seni rupa / desain.

Dalam hal ini kita ambil contoh, seperti: bila terdapat barisan huruf di dalam sebuah bidang, dan ternyata tidak ada jarak/ruang antara huruf-huruf tersebut, tentu hal tersebut akan mempersulit kita dalam melihat, mana yang kata, mana yang kalimat, atau mana yang paragraf. Bahkan tidak sampai disitu saja, bila antara huruf-huruf tersebut tidak ada jarak atau ruang, maka kita akan kesulitan dalam menentukan, kapan harus berhenti membaca atau melanjutkan.

Bila ditinjau secara fisik, kita dapat mengidentifikasi ruang berdasarkan dua unsur utama, yaitu : Obyek (figur) dan latar belakang (background).

2. Pengertian Ukuran

Adapun pengertian ruang dalam tinjau elemen desain grafis, yaitu suatu unsur seni rupa/desain yang berfungsi mendefinisikan besar atau kecilnya sebuah objek atau bentuk. Elemen ini biasa digunakan oleh seorang seniman/desainer untuk menunjukkan sisi kontras dari sebuah karya, sehingga orang yang melihat mengetahui, mana yang harus diperhatikan terlebih dahulu.

Dalam sebuah karya seni, tentu kita dapat melihat ukuran besar kecil sebuah bentuk, atau panjang pendek sebuah objek. Namun perlu diketahui, elemen atau unsur desain ini (ukuran) sejatinya tidak ditetapkan dalam satuan sentimeter ataupun meter. Sebab dalam desain grafis atau seni rupa, elemen ukuran tidak memiliki satuan mutlak, dan dikenal dengan sebutan nisbi. Nisbi disini artinya tidak mutlak, lebih bersifat relatif, dan tidak terikat pada area dimana bentuk tersebut berada.

Suatu bentuk akan tampak besar, bila dibandingkan dengan sesuatu yang berukuran kecil. Baik itu bidang area yang kecil, ataupun benda kecil lainnya. Sebaliknya, suatu bentuk akan terlihat menjadi kecil, bila bentuk tersebut dibandingkan atau disejajarkan dengan bidang area atau bentuk objek besar lainnya.

Pelajari juga: Elemen Desain Grafis Bag-3

3. Pengertian Warna

Dalam sebuah desain, warna adalah salah satu elemen desain terpenting yang berperan menambah nilai estetika sebuah karya. Disamping itu, warna juga berperan dalam menampilkan identitas, membedakan sifat bentuk suatu karya,serta menyampaikan pesan secara tersirat. 

Bila kita merujuk pada buku multimedia 2 kurikulum Indonesia, warna terbagi menjadi 2 jenis , yaitu: warna yang dihasilkan karena sinar (additive color atau RGB) dan warna yang dihasilkan dari unsur tinta atau cat (subtractive color atau CMYK). 

Biasanya, warna CMYK lebih sering dipergunakan oleh pihak percetakan untuk mencetak hasil desain ke objek benda padat, seperti: kertas, logam, plastik, dan lain-lain.

Rangkuman

Demikianlah pembahasan kita yang cukup panjang dari elemen desain grafis bagian 1 hingga bagian 4. Kita dapat menarik sebuah poin kesimpulan bahwa ada 6 elemen desain grafis secara garis besar. Keenam elemen tersebut yaitu: garis, bentuk, tekstur, ruang, ukuran dan warna. 

Demikianlah artikel elemen desain grafis bagian ke-4 yang sekaligus menjadi penutup pembahasan kita seputar elemen desain grafis. Semoga dengan uraian materi dari kami, teman-teman dapat memahami apa saja elemen desain grafis, sehingga mampu menciptakan sebuah karya seni yang baik dan mengandung nilai estetika yang tinggi. Terima kasih, jangan lupa bagikan tulisan ini ke teman-teman kalian. 

Pelajari juga: Elemen Desain Grafis Bag-2

Akhbar Sanusi Owner and CEO of seokilat.com. A man energetic, full of passion, and easily touched by sad things.