Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Elemen Desain Grafis bag-2 - Mengenal Pengertian Bentuk dan Jenis-Jenisnya

Elemen Desain Grafis
Elemen Desain Grafis bag-2

Elemen Desain Grafis bag-2 - Hallo sobat semua dimana pun kalian berada, kembali lagi di seokilat.com. Ngomong-ngomong soal desain, beberapa hari lalu saya baru saja ikut berpartisipasi dalam sebuah ajang kompetisi desain yang diselenggarakan oleh pemkot Kota Bogor. Ada banyak sih kategori yang diperlombakan, tapi saya hanya ikut dua saja, yaitu: kategori logo pariwisata dan tagline kota bogor.  Doain yah supaya menang, yah walaupun ga menang tapi cukup dapat menambah ilmu saya pribadi, jadi semakin terbiasa menggunakan alat multimedia, khususnya image editor.

Ohiya! Seperti judul kita di atas, artikel ini akan melanjutkan pembahasan kita sebelumnya, terkait elemen desain grafis. Lebih tepatnya, ini adalah bagian kedua dari pembahasan sebelumnya, dimana kita telah mengulas secara detail seperti apa sih elemen garis tersebut dan apa saja jenis-jenisnya. Nah! Agar waktu kita semakin efisien, langsung saja yah kita masuk ke pembahasan kita.

Pengertian Bentuk Dalam Desain Grafis / Seni Rupa

Bila kita mengutip pengertian dari buku multimedia 2 yang disesuaikan dengan kurikulum pendidikan Indonesia, bentuk (secara bahasa) adalah bangun (shape) atau bentuk plastis (form). Lalu, apa itu bangun (shape)? Bangun atau shape adalah bentuk benda yang polos, sebagaimana objek terlihat oleh mata kita secara umum, misalnya bentuk bulat/bundar, oval, kotak, segitiga, ornamental, ataupun bentuk tak beraturan.

Kemudian, apa itu bentuk plastis (form)? Bentuk plastis atau form adalah bentuk objek yang terlihat oleh indra penglihatan kita dan keberadaan objek tersebut tidak hanya dinilai secara umum dari segi bentuk, namun juga fungsi atau peran dari bentuk keseluruhan objek tersebut. Misalnya dalam hal ini, yaitu: Televisi. Televisi bukan hanya sekedar bentuk segi empat, namun televisi tersebut memiliki beberapa fungsi dan peran.

Pelajari juga: Elemen desain grafis bag-3

Jenis-Jenis Bentuk Dalam Desain Grafis / Seni Rupa

Setelah memahami pengertian atau defisini bentuk dalam multimedia, kita juga perlu mengenal atau mengetahui, apa saja jenis bentuk dalam ilmu multimedia. Tentu saja, dengan mengetahui jenis-jenis bentuk ini, pengetahuan kita dalam dunia desain juga akan bertambah. Apa saja jenis jenis bentuk tersebut? Berikut di bawah ini.

1. Bentuk Organik - Dalam dunia desain gratis grafis atau karya seni rupa, bentuk organik dikenal sebagai istilah untuk menyebut bentuk yang merujuk pada makhluk hidup. Dalam hal ini misalnya, bentuk manusia, bentuk hewan, atau bentuk tumbuhan.

2. Bentuk Dwi Matra - Dalam karya seni rupa atau desain, bentuk dwi matra adalah istilah untuk menyebut bentuk yang memilii batasan ukuran bidang dan tentunya memiliki ukuran panjang maupun lebar. Contohnya dalam hal ini bentuk yang ada dalam sebuah lukisan. 

3. Bentuk Tri Matra - Ini adalah bentuk karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi. Bentuk ini dapat dengan mudah kita temui, karena banyak disekitar kita. Contoh dari bentuk tri matra, seperti: bentuk bangunan, bentuk menara, atau bentuk lemari.

4. Bentuk Diam dan Bergerak, contohnya bentuk Tiang dan bentuk mobil.

5. Bentuk Berirama (Ritmis)

6. Bentuk Agung atau Monumental, contohnya gedung bersejarah.

Sifat-Sifat Bentuk Dalam Desain

Bukan hanya memiliki klasifikasi bentuk, dalam dunia desain atau seni rupa, bentuk juga memiliki tinjauan sifat. Seperti apa sifat-sifat bentuk?  Berikut di bawah ini .

1. Huruf (Karakter) - Dalam dunia desain atau seni rupa, huruf atau karakter adalah sifat bentuk yang berfungsi mempresentasikan bentuk visual tulisan atau verba secara langsung. Semisal, huruf A - B - C.

2. Simbol - Dalam desain atau seni rupa, simbol berfungsi sebagai bentuk yang mempresentasikan visual dari beragam objek nyata, contohnya seperti: bentuk manusia, bentuk hewan, tanaman, dan objek nyata lainnya. Dengan simbol, kita dapat memvisualisasikan sebuah objek nyata dengan penggambaran yang sederhana (tidak detail). 

3. Bentuk Form (Nyata) - Berlawanan dengan sifat bentuk simbol, bentuk form berfungsi mempresentasikan sebuah objek secara nyata, detail dan menyerupai dengan bentuk aslinya. Misalnya bentuk persis seperti manusia, atau persis seperti hewan, dan lain lain.

Mungkin sampai disini saja pembahasan kita kali ini mengenai elemen desain grafis bagian kedua. Terima kasih karena sudah mengikuti tulisan ini hingga akhir, dan ikuti juga pembahasan lanjutannya in syaa Allah. Jangan lupa! Bagikan artikel ini yah ke teman-teman kalian sebagai bentuk dukungan pada kami agar lebih semangat menghasilkan tulisan bermanfaat lainnya. 

Pelajari juga: Klasifikasi Warna Secara Lengkap

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Owner and CEO of seokilat.com. A man energetic, full of passion, and easily touched by sad things.