Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bingung Pilih Vivo Apa Xiaomi?

Pilih Vivo Apa Xiaomi
Pilih Vivo Apa Xiaomi

Vivo Atau Xiaomi - Hallo readers seokilat di mana pun kalian berada saat ini, tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan selama wabah. Kembali lagi di kanal informasi pengetahuan, di mana kamu akan mendapatkan beragam informasi bermanfaat yang tentunya bisa menjadi solusi atas permasalahan yang sedang kamu hadapi.

Pasti tidak sedikit yang bertanya, atau bingung memilih antara smartphone HP Vivo dengan Xiaomi? Tentu saja kebingungan dalam memilih kedua brand ini lantaran keduanya bisa dikatakan berada di level yang sama sebagai smartphone middle end. Kenapa kita katakan begitu, sebab kedua brand smartphone ini selalu bermain di harga yang bisa dikatakan tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal, yah pertengahanlah untuk rakyat Indonesia.

Nah! yang sering menjadi masalah adalah, banyak calon pembeli yang bingung mau pilih Vivo, atau pilih Xiaomi. Kenapa tidak pilih Iphone? Yah kalau ada duit ga usah ditanya cuy. Oke! untuk menjawab kebingungan para pemirsa yang galau dalam memilih kedua brand ini, di sini kita akan ulas bersama, perbandingan antara smartphone Vivo dan Xiaomi. Semoga dengan apa yang kami sampaikan ini dapat membantu para pembaca dalam menentukan pilihan terbaik.

Udah baca: Samsung vs Xiaomi

Pilih Vivo Apa Xiaomi?

Ketika kita ingin menentukan smartphone apa yang hendak kita gunakan, tentu kita perlu memperhatikan banyak sisi sebelum benar-benar memilihnya. Sebab bila kita amati dengan seksama, tentu masing-masing brand smartphone biasanya memiliki sisi kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah! berikut di bawah ini telah kami susun beberapa informasi terkait kedua brand yang akan kita komparasikan, yaitu antara Vivo dan Xiaomi. 

Penilaian Berdasarkan Kamera - Vivo vs Xiaomi

Sejauh informasi yang kami dengar dan dapatkan dari salah seorang penjaga konter HP kawakan, jika kita mengadu antara Vivo dan Xiaomi dalam hal kemampuan kamera, maka bisa dipastikan Vivo lebih handal di dalam hal ini (kamera). Oleh sebab itu, menjatuhkan pilihan pada smartphone Vivo bagi para pecinta kamera adalah sebuah pilihan paling bijak. Namun perlu diketahui juga, meskipun pada poin kamera kami lebih mengandalkan Vivo, bukan berarti smartphone Xiaomi memiliki kamera yang burik. Dalam beberapa tipe high level milik Xiaomi, mereka juga memiliki kualitas tangkapan kamera yang bukan kacang-kacangan. Well! kalau ditanya pilih Vivo atau Xiaomi dalam hal kamera, saya pribadi lebih mengunggulkan Vivo. Tapi itu untuk urusan kamera yah, coba baca kelanjutannya, siapa tahu Xiaomi justru lebih unggul dari Vivo.

Penilaian Berdasarkan Prosesor - Vivo vs Xiaomi

Ngomongin soal perkembangan gadget, khususnya kalangan pengguna smartphone, tentu ada banyak tipe pengguna. Ada tipe pengguna yang lebih mengutamakan kamera, ada tipe pengguna yang lebih fokus pada kemampuan menjalankan aplikasi berat, ada yang hanya fokus pada fitur sosial media, dan banyak macam pengguna lainnya. Nah! untuk soal kemampuan prosesor, bisa dibilang antara Vivo dan Xiaomi ada sedikit perbedaan kemampuan. Dari beberapa sumber media yang kami temui menyebutkan, smartphone Xiaomi cenderung lebih unggul dibanding dengan Vivo dalam hal kemampuan prosesor. Sebagaimana disebutkan di dalam portal jawapos, smartphone Xiaomi Redmi Note 5 yang dibandrol dengan harga 2 jutaan telah menggunakan Chipset Snapdragon 636 (untuk Indonesia), sedangkan smartphone Vivo V9 yang juga dibandrol dengan harga sekitar 3 jutaan, masih menggunakan chipset snapdragon 450 (Untuk Indonesia). 

Tentu saja kesenjangan prosesor antara brand Vivo dan Xiaomi ini bisa dikatakan cukup jauh. Oleh sebab itu, menurut pendapat pribadi saya, bila kamu adalah tipe pengguna yang lebih mengutamakan kualitas prosesor, maka memilih Xiaomi dibanding dengan Vivo adalah pilihan yang paling bijak.

Penilaian Berdasarkan Layar - Vivo vs Xiaomi

Komparasi berikutnya antara smartphone Vivo dan Xiaomi adalah soal kenyamanan dan kehandalan layar. Disini kita masih menjadikan Vivo V9 dan Xiaomi Redmi Note 5 sebagai tolok ukur, berhubung keduanya rilis di bulan dan tahun yang sama, yaitu 2018. Bila kita melihat spesifikasi antara Vivo dan Xiaomi di versi tersebut, maka terdapat perbedaan kecil. Dimana smartphone Vivo V9 memiliki spesifikasi layar 720 x 1528pixels, sedangkan smartphone Xiaomi Redmi Note 5 dibekali spesifikasi layar 1080 x 2160 pixels. Keduanya menggunakan layar berjenis IPS-LCD.

Meskipun keduanya menggunakan layar jenis yang sama, yaitu IPS-LCD, namun terdapat perbedaan antara resolusi layarnya. Dan tentu kita dapat mengetahui setelah melihatnya, bahwa smartphone Xiaomi lebih unggul dalam hal spesifikasi layar, dibanding dengan smartphone Vivo. Tentu saja perbedaan resolusi ini berimbas pada ukuran layarnya, di mana smartphone Vivo V9 memiliki layar 5,9 Inci, sedangkan Xiaomi Redmi Note 5 memiliki layar 6 Inci. Maka dalam hal ini jelas, bila kita dihadapkan dengan sebuah pilihan, antara Vivo dengan Xiaomi, maka memilih Vivo adalah pilihan yang tepat.

Penilaian Berdasarkan Harga - Vivo vs Xiaomi

Harga adalah sesuatu yang sangat sensitif, khususnya di negara berflower ini. Bahkan bagi emak-emak, selisih harga seribu aja bisa membuatnya pindah haluan ke toko sebelah. Nah! berbicara soal harga antara brand Vivo dan Xiaomi, sejauh pengalaman saya (bisa saja salah) smartphone yang dikeluarkan oleh brand Xiaomi biasanya lebih murah dibanding dengan smartphone yang dikeluarkan oleh brand Vivo meskipun secara spesifikasi bisa dibilang tidak jauh berbeda. Meskipun dalam beberapa keadaan bisa saja smartphone atau HP Xiaomi lebih mahal, namun secara umum setahu saya smartphone Vivo memang membandrol harga lebih di atas Xiaomi.

Jadi bila kamu adalah tipe user yang bertindak berdasarkan harga, bisa jadi setelah melihat keduanya kamu akan cenderung memilih Xiaomi daripada Vivo. Akan tetapi, semua kembali lagi pada selera dan kepribadian seseorang. Karena ada saja orang yang tidak memperdulikan harga dan tetap memilih sesuai seleranya, meskipun sesuatu tersebut mahal.

Kesimpulannya Pilih Vivo Apa Xiaomi?

Nah! yang ditunggu-tunggu dari artikel ini yaitu kesimpulan, apakah lebih baik memilih Vivo atau memilih brand Xiaomi. Kalau saya pribadi, selaku tipe pengguna yang tidak terlalu mengutamakan kamera dan lebih cenderung pada kemampuan prosesor, maka jelas saya akan pilih Xiaomi, bukan Vivo. Namun seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, bila kamu adalah tipe pengguna yang tidak memperhatikan masalah harga, dan lebih berminat dengan smartphone yang handal dalam hal kamera, mungkin memilih Vivo adalah solusi terbaik bagi kamu. 

Itu saja pembahasan seokilat kali ini mengenai pertanyaan yang muncul di benak para pengguna smartphone yang bingung antara pilih Vivo apa Xiaomi. Semoga dengan apa yang kami sampaikan, para pembaca dapat tercerahkan. Terima kasih dan jangan lupa share tulisan kami sebagai bentuk terima kasih kamu yah! Bye.

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Bingung Pilih Vivo Apa Xiaomi?"