Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang dimaksud dengan Menggambar Bentuk?

Apa yang dimaksud dengan Menggambar Bentuk
Menggambar Bentuk

Assalamu’alaikum guys, masih di kanal informasi seokilat nih. Pada postingan sebelumnya, artikel kita telah mengulas tentang cara menggambar ilustrasi manual dan digital. Nah! Adapun pada postingan kali ini, kami akan membahas seperti judul yang sudah teman-teman lihat di atas. Benar! Kita akan membahas mengenai gambar.

Lebih tepatnya sih, memahami definisi atau pengertian menggambar bentuk serta macam-macam bentuk dalam seni rupa. Menarik bukan? Oke! Daripada kelamaan, mending langsung saja simak uraian materi selengkapnya di bawah ini yah, mudah-mudah setelah mempelajarinya kamu jadi semakin pintar. Aamiin!

Pelajari juga: Apa itu Sketsa?

Pengertian Menggambar Bentuk

Apa itu menggambar bentuk? Sederhananya, menggambar bentuk adalah sebuah teknik atau cara dalam menggambar, dengan menduplikasi atau meniru suatu objek hingga semirip mungkin. Di dalam menggambar bentuk, semakin mirip antara objek dan hasil gambar, maka nilai dari sebuah gambar tersebut akan semakin baik pula. 

Tahukah kamu? Dalam gambar bentuk, objek yang menjadi bahan lukis bisa beragam jenisnya, mulai dari benda mati, manusia, tumbuhan, hewan, dan alam.

Macam-Macam Bentuk

Dalam menggambar bentuk ada beberapa jenis atau macam bentuk yang perlu diketahui berdasarkan garis dan bentuk geometrisnya. Apa saja macam-macam bentuk tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Bentuk Kubistis

Bentuk kubistis bukan bentuk sayur kubis yah, teman-teman. Tapi bentuk kubistis adalah jenis bentuk yang menyerupai kubus ataupun benda yang memiliki dasar bentuk seperti sebuah kubus. Kalau teman-teman susah membayangkannya, contoh objek yang menganut gaya bentuk kubistis seperti: kulkas, lemari, meja, televisi model tabung, dan masih banyak lagi. Intinya bentuknya itu memiliki konsep dasar layaknya sebuah kubus deh. 

2. Bentuk Silindris

Nah! Macam bentuk berikutnya adalah silindris. Bentuk silindris adalah jenis bentuk dari sebuah objek yang memiliki pola dasar berbentuk bulat atau silindris. Untuk membantu teman-teman dalam membayangkannya, objek dengan bentuk silindris contohnya, seperti: bola lampu, botol, gelas, kendi, guci, ember, teko, piring, kaleng, cangkir, dan lain-lain.

Pelajari juga: Klasifikasi Warna Secara Lengkap

3. Bentuk Bebas

Setelah bentuk kubistis, dan bentuk silindris, berikutnya adalah bentuk bebas. Seperti apa sih bentuk bebas itu? Sederhananya, bentuk bebas adalah jenis atau macam bentuk yang pola objeknya sangat tidak beraturan. Bukan dari kalangan bentuk kubistis, bukan juga berbentuk pola silindris. Intinya, objek dengan bentuk pola bebas tidak memiliki bentuk yang baku, sebagaimana bentuk kubus, dan silindris.

Masih bingung dengan gambar bentuk bebas? Untuk mempermudah pemahaman, kami beri beberapa contoh objek yang menganut gaya gambar bentuk bebas. Objek-objek tersebut seperti: bunga, gamis, celana, sapu, sepatu, hanger baju, api, dan objek yang tidak memiliki ketetapan bentuk lainnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita dapat menarik beberapa kesimpulan atau poin penting terkait gambar bentuk. Menggambar bentuk adalah sebuah teknik atau cara dalam menggambar, dengan menduplikasi atau meniru suatu objek hingga semirip mungkin. Dalam seni rupa ada beberapa jenis atau macam-macam bentuk, seperti bentuk kubistis, bentuk silindris, dan bentuk bebas. 

Mungkin demikian saja yang bisa kami sampaikan pada kesempatan yang singkat ini terkait pengertian menggambar bentuk dan macam macam bentuk dalam seni rupa. Terima kasih atas kebersamaannya karena telah menyimak tulisan ini hingga akhir, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu yang berkah. Assalamu’alaikum!

Seluruh materi yang kami hadirkan adalah bentuk edukasi dalam rangka menyesuaikan materi dengan kurikulum pendidikan umum. Penulis berlepas diri dan tidak mendukung segala bentuk upaya pembuatan karya yang melanggar aturan syari.

Pelajari juga: Menggambar Ilustrasi Manual dan Digital

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Owner and CEO of seokilat.com. A man energetic, full of passion, and easily touched by sad things.