Widget HTML Atas

Sebutkan Pengertian Perangkat Multimedia dan Jenis-jenisnya!

pengertian perangkat multimedia
pengertian perangkat multimedia

Perangkat Multimedia - Kembali lagi di channel informasi Seokilat.com. pada pembahasan Sebelumnya kita telah mengulas terkait pengertian multimedia dan jenis-jenisnya. Masih melanjutkan materi terkait multimedia, bahasan kita kali ini akan berfokus untuk memahami apa itu perangkat multimedia. 

Bukan hanya memahami secara definisi, disini kita juga akan memahami atau mempelajari jenis-jenis perangkat multimedia tersebut. 

Nah, untuk menghemat waktu itu ada langsung saja simak uraian materi kami selengkapnya di bawah ini. 

Pengertian Perangkat Multimedia

Perangkat multimedia adalah segala bentuk alat yang berfungsi sebagai media penyampaian atau visualisasi informasi, baik itu dalam bentuk teks, grafik, audio, video, animasi, ataupun gabungan dari beberapa elemen tersebut. 

Bila kita mengulas secara mendalam, kita akan dapati bahwa perangkat multimedia bukan hanya sebatas komputer atau PC saja. Terlebih lagi di dunia digital saat ini, dengan menggunakan sebuah perangkat smartphone saja, kita dapat memaksimalkannya untuk menghasilkan beragam konten digital. 

Terlebih lagi, bila perangkat multimedia kita terhubung ke jaringan internet. Maka produktivitas dari perangkat multimedia tersebut umumnya akan semakin meningkat. 

Jenis-jenis Perangkat Multimedia

Setelah memahami maksud atau pengertian dari perangkat multimedia diatas, berikutnya kami akan jelaskan jenis-jenis perangkat multimedia di bawah ini. 

Oh iya, secara umum perangkat multimedia ini terbagi atau diklasifikasikan menjadi dua jenis. Yang pertama adalah perangkat keras multimedia atau yang biasa disebut dengan hardware. Adapun yang kedua yaitu perangkat lunak multimedia atau yang biasa disebut dengan software. 

a Perangkat Keras Multimedia

Perangkat keras multimedia
Perangkat keras multimedia

Apa itu perangkat keras multimedia? Perangkat keras multimedia adalah alat multimedia yang secara fisik dapat disentuh dan dilihat. Perangkat keras multimedia ini terbagi lagi menjadi beberapa kelompok, yaitu: input, output, perangkat penyimpanan, perangkat komunikasi dan perangkat konektor. Bagaimana penjelasannya? Silakan amati di bawah ini. 

Perangkat Input

Perangkat input adalah sebuah alat yang berfungsi mendistribusikan ragam informasi dari dunia luar, untuk kemudian diolah dan dapat dicerna oleh sistem komputer. Umumnya, perangkat ini dikendalikan secara langsung oleh pengguna agar dapat bekerja dengan baik. Apa saja contoh perangkat input? Lihat dibawah ini

  • Mouse komputer 
  • keyboard 
  • perangkat input gambar/perangkat input video
  • scanner 
  • webcam 
  • microphone 
  • dan masih banyak lagi

Perangkat Output

Perangkat merupakan alat yang berfungsi sebagai media distribusi data olahan dari perangkat komputer ke pengguna. Adapun mengenai contoh dari perangkat output ini antara lain: monitor, speaker, proyektor, printer, amplifier.

Perangkat Penyimpanan

Bagian dari perangkat keras multimedia lainnya antara lain yaitu perangkat penyimpanan. Perangkat penyimpanan adalah alat yang berfungsi sebagai media recording atau perekam data. Disamping sebagai media yang berfungsi sebagai penyimpan data, alat ini juga berfungsi sebagai tools untuk memproses data. Apa saja contoh perangkat penyimpanan? 

Random Access memory (RAM) 

Pasti kita semua sudah sering mendengar istilah RAM. Benar sekali! RAM atau Random Access memory adalah salah satu contoh perangkat penyimpanan yang merupakan bagian dari perangkat keras multimedia. RAM ini berfungsi sebagai memori utama untuk keperluan inisialisasi sistem operasi serta program aplikasi pada sistem komputerisasi. Umumnya, semakin besar kapasitas dari sebuah Random Access memory, maka kinerja pengolahan data akan semakin ringan dan cepat.  

Read Only Memory (ROM) 

Masih sama-sama berfungsi sebagai media penyimpanan data. Hanya saja, read Only Memory atau RAM lebih bersifat non volatile. Biasanya penggunaan ROM pada komputer berfungsi sebagai penyimpanan program BIOS untuk inisialisasi booting komputer. Adapun fungsi ROM atau read Only Memory pada printer yaitu sebagai media penyimpanan data font. 

Hardisk

Hardisk adalah sebuah perangkat keras multimedia yang berfungsi sebagai media penyimpanan data biner yang mudah dibaca oleh program komputer. 

Compact disk

Compact disk atau yang biasa kita kenal dengan sebutan CD adalah adalah perangkat recording yang berfungsi menyimpan data dalam bentuk piringan. Compact disc atau CD umumnya digunakan sebagai media penyimpanan film dalam resolusi kecil ataupun sebagai media penyimpanan data software. Biasanya kapasitas penyimpanan data pada compact disk sekitar 700 MB. 

Digital versatile disc 

Digital versatile disc atau yang biasa disebut dengan DVD adalah perangkat keras yang berfungsi si sebagai media penyimpanan optik. Perangkat ini biasa digunakan untuk menyimpan video ataupun data digital lainnya. Sekilas tidak ada perbedaan antara bentuk CD dan DVD, namun bila kita meninjau dari sisi penyimpanan atau kapasitas data, kemampuan DVD dalam menyimpan data bisa 6 kali lipat dari CD. 

Perangkat Komunikasi

Perlu diketahui bahwa aplikasi multimedia umumnya dibuat oleh sekelompok tim yang biasanya terdiri dari beberapa individu. Dalam proses pembuatan sebuah aplikasi multimedia, tidak mengharuskan sebuah tim berada pada tempat yang sama. Nah, meninjau kondisi individu yang mungkin saling berpisah saat mengerjakan aplikasi multimedia, sebuah tim membutuhkan perangkat komunikasi multimedia. Adapun contoh dari perangkat komunikasi multimedia antara lain seperti: modem ataupun ISDN. 

Perangkat Konektor

Contoh perangkat keras lainnya dalam daftar kita kali ini yaitu perangkat konektor. Bila kita amati dengan seksama, pasti kita akan mendapati bahwa setiap perangkat keras dari komputer, monitor, video proyektor, speaker, ataupun hardisk, Atau perangkat-perangkat lainnya, niscaya kita akan dapat di beberapa kabel yang saling menghubungkan. Nah, kabel-kabel tersebutlah yang disebut dengan perangkat konektor. 

Lalu, Apa saja contoh perangkat konektor dari perangkat keras multimedia? Berikut selengkapnya. 

Small computer system interface (SCSI) 

Small computer system interface atau yang biasa disebut dengan scsi adalah sebuah alat standar yang berfungsi sebagai penghubung perangkat secara fisik, agar proses pertukaran data antara komputer dan peripheral dapat berjalan lancar. Mengenai standarisasi, SCSI memiliki standar yaitu mampu mendefinisikan perintah protokol optik serta antarmuka elektrik. Umumnya, small computer system interface digunakan pada perangkat keras penyimpanan hardisk. 

Media control interface (MCI) 

Media control interface atau yang biasa disebut dengan MCI adalah lah Sebuah alat yang berfungsi sebagai media perpanjangan dari API, guna mengontrol dari Verald multimedia yang terhubung ke perangkat komputer. Bila ditinjau secara struktur, media control interface atau MCI terdiri dari empat bagian utama: AVI video, CD audio, sequencer serta wave audio. 

Integrated drive Electronics (IDE) 

Sederhananya, integrated drive electronic atau ide adalah standar media penyimpanan yang terhubung ke perangkat komputer. 

Universal serial bus (USB) 

Siapa yang tidak kenal dengan USB. Di era digital saat ini USB merupakan salah satu perangkat keras paling populer yang digunakan sebagai media distribusi data. Dengan menggunakan USB, hal ini memungkinkan berbagai peripheral terhubung hanya dengan menggunakan sebuah socket. Dengan memanfaatkan USB, pengguna dapat mencabut perangkat yang terhubung tanpa harus mematikan perangkat komputer. 

High-Definition Multimedia Interface (HDMI) 

High-definition multimedia interface atau yang Biasa disingkat dengan HDMI adalah perangkat keras multimedia yang berfungsi sebagai koneksi digital. Bukan hanya sekedar perangkat koneksi digital biasa, HDMI Mampu menampilkan visual dan suara dengan resolusi tinggi. Dengan menggunakan kabel HDMI, pengguna Mampu menampilkan audio video dengan kualitas tinggi, mengontrol sinyal, serta data ethernet, hanya dengan satu kabel saja. 

b. Perangkat Lunak Multimedia

Perangkat lunak Multimedia
Perangkat lunak Multimedia

Mengutip definisi dari buku desain multimedia yang diterbitkan oleh Kemendikbud, perangkat lunak multimedia adalah komponen komponen dalam data Processing system, dalam bentuk program-program guna mengontrol kinerja sistem komputer multimedia. Bila ditinjau secara struktur, perangkat lunak multimedia dapat diklasifikasikan menjadi 3 Jenis, yaitu: bahasa pemrograman multimedia, perangkat lunak aplikasi multimedia dan perangkat lunak sistem multimedia. Bagaimana penjelasannya? Simak uraian di bawah ini. 

Bahasa Pemrograman Multimedia

Secara definitif, bahasa pemrograman multimedia merupakan ragam bahasa yang dipakai oleh programmer saat menciptakan aplikasi multimedia. Adapun contoh bahasa pemrograman multimedia antara lain seperti: Java, Visual Basic, Delphi, powerbuilder, C++, Assembly dan lain-lain. 

Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia

Yang dimaksud perangkat lunak aplikasi multimedia adalah segala bentuk aplikasi si yang diciptakan oleh individu, tim, atau organisasi, yang secara fungsi bermanfaat, khususnya dalam bidang multimedia spesifik. Misalnya, program animasi, grafik 2D, modeling, dan lain-lain.

Perangkat lunak sistem (system software) 

Apakah kamu tahu Linux, Windows NT 2000, Windows XP, Windows Vista, unix, Mac OS, atau Windows 98? Bila pernah mendengar istilah sebutan di atas, Itu semua adalah ah perangkat lunak sistem atau sistem software. 

Mungkin demikian saja sekilas materi kita terkait perangkat multimedia. Baik itu pengertian perangkat multimedia, hingga klasifikasi atau jenis-jenis perangkat multimedia. Terima kasih atas partisipasi dan waktunya, dan jangan lupa bagikan artikel ini ke teman teman kamu. Salam. 

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.