Widget HTML Atas

Sebutkan Macam-Macam Metode Pidato!

Sebutkan Macam-Macam Metode Pidato
Macam-macam metode pidato

Kembali di kanal informasi seokilat.com. Pada materi yang telah lalu, kita telah membahas dengan cukup detail apa saja unsur-unsur syair dalam ilmu bahasa. Nah! Adapun pada pembahasan singkat kali ini, kami akan sebutkan macam-macam metode pidato yang tentunya dapat membantu para pelajar dalam memahami, bagaimana teknik berpidato yang baik dan benar.

Pelajari: Struktur teks pidato

Baiklah, langsung saja simak selengkapnya materi pendidikan pidato berikut ini.

Pengertian Pidato

Bila kita mengutip pengertian pidato dari Wikipedia, pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum, untuk menyatakan pendapat, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. 

Nah! Pembacaan pidato ini biasanya disampaikan oleh satu orang, dengan menyampaikan beragam orasi dan pernyataan, terkait suatu permasalahan, peristiwa, atau suatu hal penting yang layak untuk dibicarakan. 

Macam Macam Metode Pidato

Bila kita merujuk pada dokumen pendidikan yang diterbitkan oleh departemen pendidikan dan kebudayaan Indonesia, Terdapat macam-macam metode pidato, yang penting untuk diketahui oleh para pelajar, adapun metode pidato tersebut antara lain adalah:

Macam-macam metode pidato
Macam-macam metode pidato

a. Metode Impromptu

Impromptu atau mendadak adalah metode pidato yang dilakukan secara tiba-tiba tanpa adanya persiapan sama sekali. Isi pembicaraan sebaiknya disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang melatari pertemuan tersebut.

b. Metode Ekstemporan

Metode ekstemporan adalah bentuk metode pidato yang dilakukan tanpa adanya naskah atau teks pidato, namun pihak yang menjadi pembicara masih mempunyai kesempatan untuk membuat kerangka isi pidato. Metode pidato ini sering digunakan oleh pembicara yang sudah berpengalaman dibidangnya. Dengan menggunakan metode ini, biasanya suasana antara pembicara dan pendengar dapat terjalin dengan sangat baik dan sangat komunikatif.

c. Metode Membaca Naskah

Metode membaca naskah adalah bentuk metode pidato yang biasa dilakukan untuk menyampaikan pernyataan-pernyataan resmi, misalnya: pidato kenegaraan, pidato sambutan peringatan hari besar nasional, dan pidato sejenisnya.

Baca Materi: Kata Kerja Mental

d. Metode Menghafal

Dalam metode ini pembicara memiliki waktu yang cukup untuk merencanakan, membuat naskah, dan menghafalkan naskah.

Seseorang dapat menjadi orator andal melalui proses yang panjang. Biasanya, kepiawaian seseorang dalam berpidato tidak datang begitu saja tanpa sebab. Ada banyak faktor yang harus diperhatikan agar seseorang dapat berorasi atau berpidato dengan baik. Adapun faktor-faktor yang kami maksud antara lain sebagai berikut:

a. memiliki keberanian dan tekad yang kuat.

b. memiliki pengetahuan yang luas.

c. memahami proses komunikasi massa.

d. menguasai bahasa yang baik dan lancar.

e. pelatihan yang memadai.

Demikianlah macam-macam metode pidato yang dapat kami angkat disini. Terima kasih atas perhatian dan kunjungannya di seokilat. Dan jangan lupa, bila menurut kamu materi yang kami hadirkan bermanfaat, bagikan tulisan ini ke teman-teman sekolahmu. Mari tebarkan ilmu, agar masyarakat kita menjadi generasi yang terdidik dengan ilmu pengetahuan. Salam.

Pelajari: Struktur Naskah Drama

Daftar Pustaka

Bahasa Indonesia 3: bahasa kebanggaanku untuk SMP/MTs kelas IX/ oleh Sarwiji Suwandi dan Sutarmo.--Cet.1.--Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008 

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.