Widget HTML Atas

Sebutkan Bagian-Bagian Resensi yang Baik dan Benar!

Sebutkan Bagian-Bagian Resensi
Sebutkan Bagian-Bagian Resensi

Pengertian Resensi

Secara sederhana, resensi adalah bentuk pertimbangan atau perbincangan. Memberi resensi buku artinya kita memberikan sebuah pertimbangan atau membuka perbincangan atas sebuah buku yang baru saja diterbitkan. 

Pelajari: Unsur-unsur Syair

Tujuan Resensi

Resensi buku bertujuan menunjukkan kepada pembaca mengenai buku yang diluncurkan, apakah buku tersebut layak mendapatkan sambutan atau justru sebaliknya. Oleh sebab itu, resensi buku sangat membantu pembaca untuk memiliki atau tidak, terhadap buku yang baru saja diterbitkan.

Bila melihat ke jaman dahulu, di mana internet belum tersebar. Resensi buku pengetahuan biasanya hanya dimuat di surat kabar atau majalah yang terbit pada hari Minggu. Namun berbeda dengan sekarang, di mana peran media konvensional tersebut telah diambil alih oleh media digital, seperti sosial media, website, maupun layanan streaming video. 

Resensi buku biasanya berisi penilaian tentang kelebihan atau kelemahan atas sebuah buku, menarik atau tidaknya tampilan buku, kritikan atau saran dorongan kepada pembaca tentang perlu tidaknya buku itu dibaca, dimiliki atau dibeli.

Sebutkan Bagian-Bagian Resensi!

Setelah memahami esensi dari resensi, tentu ada yang bertanya-tanya, apa saja bagian-bagian resensi? Nah, disini kita akan sebutkan bagian-bagian resensi, sehingga kita secara pribadi bahkan mampu untuk membuat sebuah resensi atas sebuah buku. Secara umum resensi berisi tiga bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup.

a. Bagian Pendahuluan

Bagian ini berisi karakteristik fisik sebuah buku yang diresensi. Pada bagian ini akan diinformasikan secara objektif tentang identitas buku. Informasi yang harus disampaikan meliputi judul, penulis, penyunting (jika ada), penerbit, tahun terbit, cetakan keberapa, dan tebal buku. Informasi pada pendahuluan ini bersifat faktual, menginformasikan apa adanya tentang identitas sebuah buku.

Baca Materi: Kata Kerja Mental

b. Bagian Isi

Bagian isi sebuah resensi berisi ulasan tentang judul buku, paparan singkat isi buku, gambaran secara keseluruhan isi buku, informasi tentang latar belakang serta tujuan penulisan buku. Pada bagian ini juga perlu diulas tentang gaya penulisan buku, membandingkan antara buku yang diresensi dengan buku lain yang memiliki tema sama. Dapat juga membandingkan dengan buku lain yang ditulis oleh penulis yang sama dengan buku yang diresensi.

c. Bagian Penutup

Bagian penutup berisi penilaian terhadap kualitas isi buku secara keseluruhan, menilai kelebihan atau kekurangan isi buku, baik dari isinya, tampilannya, maupun kebakuan bahasa yang digunakan. Kritik atau saran kepada penulis atau penerbit dapat disampaikan dalam bagian ini. Penulis resensi juga dapat memberikan pertimbangan kepada pembaca tentang perlu tidaknya pembaca membaca atau memiliki buku tersebut.

Dengan berbagai ulasan dan pertimbangan yang diberikan, resensi dapat berguna bagi pembaca sekaligus bagi penulis dan penerbit. Bagi pembaca resensi sangat bermanfaat untuk mempertimbangkan matang-matang perlu tidaknya memiliki buku yang terbit, sedangkan bagi penerbit dan penulis resensi sangat bermanfaat untuk memperbaiki dan menyempurnakan buku yang ditulis dan diterbitkan itu.

Mungkin demikian saja materi singkat pada kesempatan kali ini yang bisa kami hadirkan kepada para pelajar di mana pun kalian berada, terkait bagian-bagian resensi. Terima kasih telah berkunjung di seokilat.com. dan jangan lupa, bagikan artikel ini ke teman-teman kalian juga yah.

Pelajari: Unsur-unsur yang perlu disunting

Daftar Pustaka

Bahasa Indonesia 3: bahasa kebanggaanku untuk SMP/MTs kelas IX/ oleh Sarwiji Suwandi dan Sutarmo.--Cet.1.--Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008 

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.