Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Bagi Mahasiswa Dan Pelajar Sekolah

Peluang usaha bagi mahasiswa
Peluang usaha bagi mahasiswa

Halo semua, balik lagi di seokilat. Pada era modern saat ini, berbisnis merupakan salah satu solusi bagi banyak orang dalam menghasilkan pundi – pundi uang, tidak terkecuali bagi para pelajar dan mahasiswa. Banyak pelajar dan mahasiswa saat ini, yang mulai berfikir bagaimana caranya agar bisa mencari uang tambahan, itung – itung buat nambah uang jajan, atau bisa juga buat nambalin uang kost yang kurang, hehe.

Pelajari: Jenis-jenis laporan keuangan

Peluang Usaha Bagi Mahasiswa

Nah, disini kita akan sedikit sharing mengenai bisnis ala pelajar dan  mahasiswa. Meski penghasilan yang dihasilkan tidak terlalu wah.. tapi cukup lumayan daripada tidak produktif sama sekali. Pembahasan kali ini akan kita beri judul 6 peluang usaha bagi pelajar dan mahasiswa kreatif.

1. Bisnis Pulsa Elektrik atau Paket Internet Data

Sebagaimana yang kita ketahui, di era modern saat ini, kebutuhan seseorang akan jaringan internet sudah mencapai taraf yang “mengkhawatirkan”. Bisa dibilang, kebutuhan seseorang terhadap kendaraan pribadi dengan kebutuhan seseorang dengan internet, jauh lebih urgent untuk memenuhi kebutuhan jaringan internet. Apalagi alat komunikasi saat ini sudah berpindah genre, dari yang sebelumnya mengandalkan pulsa regular untuk SMS dan telponan, menjadi sebuah alat yang lebih mengandalkan jaringan internet dalam berkomunikasi. 

Nah! Dengan kebutuhan masyarakat yang sangat tinggi akan akses internet, para pelajar dan mahasiswa dapat menjadikan kondisi ini sebagai ladang berbisnis. Apalagi mayoritas pengakses internet umumnya adalah para kawula muda yang notabene adalah seorang pelajar dan mahasiswa. Dengan menjual pulsa elektrik dan paket data internet di sekolah/kampus, teman – teman akan mendapatkan penghasilan sendiri , tanpa harus membebani orang tua lagi.

2. Menjadi Penulis Lepas

Peluang usaha bagi mahasiswa

Cara yang satu ini cukup cocok buat para pelajar dan mahasiswa yang ingin menambah uang jajan. Karena dengan bisnis yang satu ini, bisa dibilang kamu tidak memerlukan modal apapun. Dengan menawarkan jasa penulis lepas ke berbagai blogger atau para pelaku internet marketing, kamu akan mendapatkan penghasilan yang cukup besar, tergantung seberapa ulet kamu menulis dan mencari referensi. Atau jika teman – teman berminat, bisa langsung mendaftarkan diri sebagai penulis lepas di freelancer.co.id .

3. Menjadi Reseller

Teman – teman yang masih pelajar dan mahasiswa tentu sering menghadapi sebuah masalah, dimana saat ingin berbisnis namun terhalang oleh kurangnya dana. Dengan menjadi seorang reseller, teman – teman tidak perlu terlalu memusingkan yang namanya penyediaan dana yang besar, layaknya sebuah toko yang lengkap. 

Karena teman – teman hanya perlu menyediakan dana yang cukup, saat sudah ada pembeli yang memesan barang dari teman – teman sekalian. Misal: Anda membuat postingan menjual sebuah jaket dengan harga 100rb. Saat memposting jaket, anda tidak wajib memiliki barang tersebut. Tapi ingat, anda harus  sudah memiliki koneksi dengan penjual barang ditempat anda akan mengambil barang. 

Jadi, saat ada pesanan yang datang kepada anda, anda cukup membayar harga jaket sesuai kesepakatan si penjual dengan anda. Setelah anda memiliki barang tersebut(jaket), anda bisa langsung mengirimkan barang tersebut ke pembeli yang memesan barang dari anda.

4. Endorse Atau Review Produk

Peluang usaha bagi mahasiswa

Jika teman – teman jelih, sebenarnya  dunia social media bisa menjadi tempat ajang berbisnis dan menghasilkan pundi – pundi uang. Mulai dari jualan online, hingga endorse produk. Dan bicara soal endorse produk, teman – teman yang memiliki social media dengan jumlah follower yang berlimpah seharusnya bisa memanfaatkannya sebagai media pemasaran produk. 

Misal: anda memiliki jumlah follower sekitar 100k, berhubung angka tersebut sudah tergolong lumayan banyak, anda bisa mencoba menawarkan jasa promosi produk melalui akun sosmed anda. Beri calon pelanggan anda pemahaman jika mereka belum mengerti apa yang sedang anda tawarkan. 

Anda bisa menjelaskan, bahwa dengan mempromosikan produk melalui akun sosmed anda, akan membuat produk pelanggan anda menjadi lebih dikenal oleh masyarakat. Dan tentunya akan menjaring pelanggan baru saat mereka berminat dengan produk pelanggan anda. Nah, saat anda berhasil mendapatkan pelanggan endorse melalui akun sosmed anda, anda pun akan menghasilkan uang dengan cara yang sederhana ini. Tapi ingat, cara ini hanya berlaku bagi teman – teman yang memiliki jumlah follower yang banyak saja.

5. Menjadi Seorang Youtuber Dan Blogger

Peluang usaha bagi mahasiswa
Menjadi YouTuber atau Blogger

Cara yang satu ini bisa dilakoni oleh siapa saja, termasuk para pelajar dan mahasiswa. Dengan membangun sebuah channel youtube atau sebuah blog yang ramai, teman – teman akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang tampil pada halaman youtube atau blog anda. 

Adapun cara membangun sebuah channel youtube atau blog mulai dari nol, teman – teman bisa searching digugel. Ada banyak tutorial membangun sebuah blog atau channel youtube, mulai dari nol hingga menghasilkan. Tapi pesan saya, jika kalian ingin menggeluti bidang ini, hasilkanlah konten - konten yang positif.

6. Menjadi Guru Privat

Peluang usaha bagi mahasiswa
Peluang usaha bagi mahasiswa

Nah, untuk yang satu ini sepertinya hanya cocok untuk para mahasiswa saja. Teman – teman yang mahasiswa bisa mendapatkan penghasilan dengan cara membuka privat les untuk anak – anak sekolah dasar hingga SMA. 

Untuk awal mula, mungkin teman – teman perlu menawarkan diri kepada para orang tua anak – anak sekolah, mulai dari yang terdekat saja, seperti orang tua disekitar komplek atau orang tua teman kita yang memiliki anak yang masih sekolah. Sebagai anak kuliah, tentunya teman –teman harus bisa menjelaskan dan meyakinkan kepada orang tua anak – anak,  bahwa dengan bantuan privat les dari teman – teman, akan meningkatkan produktivitas belajar anak hingga 80% (sesuaikan dengan kesanggupan teman - teman dalam menjanjikan target prestasi). Kira – kira begitulah.

Pelajari : Apa itu Resesi? 

Jadi itulah gambaran secara singkat mengenai  6 peluang usaha bagi mahasiswa dan pelajar sekolah yang kreatif. Jika ada pertanyaan atau saran, kalian bisa tulis dikomentar. Ohiya, share artikel ini kepada teman – teman kalian. Siapa tahu, setelah membacanya, mereka mendapatkan inspirasi untuk menjalani hidup menjadi lebih produktif. 

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Owner and CEO of seokilat.com. A man energetic, full of passion, and easily touched by sad things.