Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hewan Terbesar Di Dunia Adalah?

Hewan terbesar di dunia adalah
Daftar hewan terbesar di dunia teks

Hewan Terbesar Di DuniaSebagaimana yang sudah teman - teman ketahui, kalau watpedia sudah update artikel, itu berarti teman - teman akan mendapatkan informasi dan wawasan menarik seputar ilmu pengetahuan. Baik itu pengetahuan umum, ensiklopedia bebas, kesehatan, dunia hewan, seputar dunia blogging, atau 10 top dunia.

Daftar Hewan Terbesar Di Dunia

Seperti judul yang telah teman- teman lihat. Kita akan membahas dan mengupas mengenai 10 hewan terbesar di dunia. Sebelumnya kita mau mengingatkan, mari bangun blog ini dengan menshare artikel seokilat ke teman - temanmu yah, agar mereka yang sebelumnya tidak tahu, menjadi lebih tahu mengenai informasi menarik di dunia ini. 

Tanpa basa basi lagi, mari langsung saja simak dibawah ini mengenai:

1. Paus Biru

Ikan paus biru

Dengan ukuran panjang sekitar 33 m dan berat 181 ton, paus biru telah resmi tercatat sebagai hewan terbesar no-1 di dunia. Populasi hewan ini pun tersebar di 4 samudra sekaligus, yaitu : Samudra Atlantik, Samudra Pasifik, Samudra Hindia, dan Samudra Antartika. Dan salah satu hal yang membuat sedih adalah, seiring banyaknya perburuan paus biru, telah terjadi penurunan jumlah populasi. Hingga pada tahun 2002, diperkirakan jumlah paus biru di dunia, hanya tersisa sekitar 5.000 - 12.000 ekor saja.

2. Hiu Paus

Hiu paus
source : Wikipedia

Ikan yang bisa bertahan hidup hingga 70 tahun ini, bisa tumbuh hingga sepanjang 13 meter, dengan berat mencapai 22 ton. Hiu paus ini memiliki habitat di sepanjang perairan laut tropis dengan memakan plankton, krill, cumi - cumi, larva kepiting, dan berbagai hewan vertebrata kecil.

3. Gajah Afrika

Gajah Afrika
Ilustrasi gajah

Di posisi kedua ini ditempati oleh gajah afrika. Dengan berat 6.350 kg dan panjang mencapai 10.6 m, spesies gajah ini dinobatkan sebagai hewan darat paling besar di dunia. Dan berdasarkan data yang kita peroleh (Tahun 2014) melalui World Wildlife Fund, Populasi gajah afrika hanya tersisa sekitar 700.000 ekor saja. 

4. Gajah Laut

Gajah laut
Ilustrasi gajah laut

Hewan karnivora ini sebenarnya masih memiliki hubungan dengan spesies anjing laut. Meskipun gajah laut ini memiliki tubuh yang super jumbo, dengan berat mencapai hingga 4 ton dan panjang sekitar 5,5 m, hewan ini terkenal dengan keramahannya. Dan tahukah kamu? Gajah laut betina dan gajah laut jantan secara umum memiliki usia hidup yang berbeda. Dimana gajah laut betina dapat hidup hingga usia 23 tahun, sedangkan gajah laut jantan biasanya hidup hingga usia 20 tahun saja. 

Pelajari: Jenis-jenis mamalia laut

5. Jerapah

Jerapah
Ilustrasi hewan terbesar - Jerapah

Di posisi ke-5 ini kita punya spesies hewan darat paling tinggi di dunia. Tercatat, seekor jerapah jantan dewasa bisa tumbuh dengan tinggi mencapai 5,5 m, dan memiliki berat sekitar 2.000 kg. Sedangkan untuk ukuran yang betina, biasanya akan lebih pendek dan memiliki bobot yang lebih ringan juga.  Jika teman - teman tertarik untuk berkunjung dan melihat langsung habitat asli hewan yang satu ini, temen - temen bisa langsung berangkat ke kawasan benua afrika. Tapi inget, tiketnya bayar sendiri - sendiri.

6. Buaya Muara

Buaya Muara
Ilustrasi: buaya

Hewan ini memiliki habitat di kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Australia. Dengan bobot mencapai 1.360 kg dan panjang sekitar 6,3 m, buaya muara tercatat sebagai reptil terbesar di dunia. Buaya jenis ini pada umumnya aktif pada siang hari dan juga malam hari, dan biasa memangsa berbagai jenis hewan seperti: Burung, ikan, spesies reptil, amphibi dan spesies mamalia besar. Salah satu kelebihan yang dimiliki buaya ini adalah kemampuan melompat/meluncur saat menyerang mangsa. Bayangkan saja, buaya muara ini mampu melompat secara vertikal dari dalam air, dengan ketinggian sama seperti panjang tubuhnya.

7. Beruang Coklat

Beruang cokelat
source : https://en.wikipedia.org/wiki/Brown_bear

Berhabitat di wilayah timur Eurasia dan Amerika Utara, spesies beruang coklat dewasa mampu tumbuh dengan bobot hingga 1000 kg dan tinggi (badan) sekitar 3 m. Meskipun beruang coklat dikenal memiliki habitat asli di dua kawasan diatas. Spesies beruang coklat juga masih tersebar dibeberapa negara seperti : Rusia, Alaska, Kanada, Rumania, Ukraina, Slowakia, dan Polandia. Bahkan dibeberapa negara seperti: Swedia dan Finlandia, menetapkan beruang coklat sebagai hewan nasional negaranya.

8. Cumi -Cumi Kolosal

Cumi-cumi
source : https://www.youtube.com/watch?v=qSrZ8wEh_nk

Cumi-cumi ini besarnya bukan main teman -teman, bayangin aja, Matanya saja sebesar piring makan kita. Panjang tubuhnya bisa mencapai 12 meter, dengan berat hingga 494 kg. Jika teman - teman merasa penasaran ingin berjumpa cumi - cumi ini secara langsung, teman - teman bisa langsung saja datang ke perairan benua antartika, karena hewan ini memiliki habitat disana. Ohiya, kalau teman - teman berangkat kesana, jangan lupa untuk membawa 1 kotak mie instan pedas, sebab udara dingin disana akan membuat kalian membutuhkan makanan yang banyak, khususnya makanan yang mengandung banyak rempah, seperti mie intan. Hehehe.

9. Burung Unta

Burung unta
Sumber : Wikipedia

Unggas yang satu ini bisa tumbuh dengan tinggi sekitar 2,7 m, dan berat 156 kg. Memiliki habitat di daerah sabana dan bagian gurun di afrika utara, burung ini berbeda dengan spesies burung lainnya, dimana spesies burung onta ini tidak akan bisa terbang diangkasa, sebagaimana spesies burung pada umumnya.

10. Salamander Raksasa Tiongkok

Salamander
Sumber : Wikipedia

Hewan yang satu ini memiliki bentuk layaknya seekor kadal. Dengan mencapai berat 64 kg dan panjang sekitar 1,8 m, salamander ini tercatat sebagai hewan amphibi terbesar di dunia. Sesuai namanya, spesies salamander raksasa ini bisa teman - teman temukan di daratan tiongkok dan taiwan. Namun kabar terakhir yang kita dapatkan adalah spesies salamander raksasa ini sedang terancam punah, karena menjadi sasaran para pemburu untuk dijadikan bahan makanan.

Jadi itulah teman, 10 hewan terbesar di dunia dengan ukuran super jumbo. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan teman - teman sekalian.


Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Owner and CEO of seokilat.com. A man energetic, full of passion, and easily touched by sad things.