Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Menarik Tentang Negara Singapura

Fakta Menarik Tentang Negara Singapura
Fakta Menarik Tentang Negara Singapura

Fakta Menarik Negara Singapura - Bagi masyarakat indonesia, nama Singapura mungkin tidak setenar Korea Selatan, Jepang, atau pun Amerika Serikat. Tidak banyak kabar terdengar mengenai negara yang satu ini. Tapi tahukah kamu? ternyata negara tetangga kita ini memiliki banyak fakta menarik, yang tentunya jarang atau bahkan tidak pernah terdengar ditelinga kita sama sekali. 

Fakta Menarik Tentang Negara Singapura

Dan disini, pada kesempatan yang berbahagia ini, kita akan membahas mengenai fakta fakta menarik dari negara Singapura tersebut. Namun seperti biasa, berhubung penulis kita punya banyak kesibukkan, kali ini kita akan membagikan 7 Fakta saja. Baiklah, untuk mempersingkat waktu. Langsung saja kita simak bersama penjelasannya dibawah ini.

1. Kebun Binatang Malam Hari Pertama Di Dunia

Di banyak negara, kebun binatang mungkin sudah menjadi objek wisata yang umum dan bukan lagi sesuatu yang luar biasa. Namun, hal ini sepertinya tidak berlaku bagi Singapura. Sebab pasalnya negara ini membuka kebun binatang malam hari pertama di dunia. Objek wisata yang dikenal dengan sebutan The Night Safari itu pun sangat menarik perhatian para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. 

Ketahui juga: Daftar air terjun terbesar di dunia

Istimewanya kebun binatang ini, para pengunjung akan diajak berkeliling dengan menggunakan sebuah tram seraya mendapatkan penjelasan dari setiap satwa yang ada. Kebun binatang ini buka dari jam 19:15 - 21:00. Gimana? ini adalah fakta menarik tentang negara singapura yang pertama, sekarang kita lanjut ke nomor 2.

2. Orang Singapura Punya Kebiasaan Berjalan Kaki Sangat Cepat

Di beberapa negara maju dunia, aktivitas berjalan kaki merupakan pemandangan alami yang sudah biasa terjadi. Termasuk di negara Singapura. Akan tetapi, ada yang unik dari cara berjalan masyarakat disana. Entah disebabkan faktor apa, namun yang pasti yaitu masyarakat di negara Singapura berjalan kaki dengan tempo yang sangat cepat. 

Sangking cepatnya gerakkan atau tempo berjalan kaki orang orang di Singapura, British Council tergerak untuk melakukan sebuah penelitian. Dan penelitian tersebut menunjukkan hasil bahwa orang orang di Singapura berjalan kaki dengan kecepatan rata rata 18 m per 10,55 detik. Hasil ini sekaligus menjadi rekor bagi Singapura sebagai negara dengan penduduk pejalan kaki tercepat di dunia. Luar biasa bukan? sekarang kita lanjut ke fakta menarik tentang negara singapura yang ke3

3. Singapura Membeli Pasir Dari Negara Lain

 Sebagaimana yang kita ketahui bersama, negara Singapura hanya memiliki luas wilayah sekitar 719,1 km² saja, tergolong kecil untuk ukuran sebuah negara. Dan berangkat dari alasan luas wilayah yang minim itulah, Singapura berinisiatif untuk menjalankan program reklamasi besar besaran yang tentunya membutuhkan banyak material, dan salah satu material penting tersebut adalah pasir. 

Sayangnya, negara Singapura ini selain minim wilayah, juga kekurangan bahan material seperti pasir. Sehingga mau tidak mau negara ini harus mengimpor pasir dari negara luar, untuk memenuhi kebutuhan material dalam pembangunan reklamasi yang mereka jalankan.

4. Air Terjun Indoor Tertinggi Di Dunia

Untuk urusan teknologi dan infrastruktur, kredibilitas negara Singapura sudah tidak perlu diragukan lagi. Jadi wajar saja, jika negara ini memiliki objek wisata yang menarik dan tidak ada dinegara lain pada umumnya, salah satunya yaitu Air terjun indoor. 

Air terjun indoor yang dimiliki singapura ini, sekaligus menjadi air terjun indoor tertinggi di dunia hingga saat ini. Lokasi persis air terjun ini berada di pulau reklamasi milik singapura, yaitu Garden by the Bay. Didalam Garden by the Bay ini para pengunjung bisa menikmati pemandangan khas tumbuhan dari berbagai belahan dunia, dan tentunya dengan keindahan air terjun setinggi 35 meter.

5. Pengekspor Ikan Hias Terbesar Di Dunia

Ada banyak jenis ikan hias yang tersebar di dunia saat ini, namun tahukah kamu? Ternyata Singapura merupakan negara no.1 sebagai pengekspor ikan hias terbesar di dunia. Tentunya hal ini bukan tanpa alasan. Menurut sumber, 25% ikan hias yang tersebar di seluruh dunia merupakan hasil ekspor dari negara tetangga kita, yaitu Singapura. Oke! Kita lanjut ke fakta menarik yang berikutnya.

Pelajari Juga: Negara Malaysia

6. Bandara Terbaik Di Dunia

Mungkin banyak yang mengira bandara no.1 dunia berada di Amerika Serikat atau negara negara besar lainnya seperti Saudi Arabia dan China. Nyatanya, Bandara yang mendapatkan predikat sebagai bandara terbaik di dunia adalah Changi Airport Singapura. Di tahun 2017 silam, Changi Singapura menerima penghargaan dari Skytrax di World Airport Award. Dan penghargaan ini merupakan penghargaan yang kelima kalinya bagi Changi, setelah berhasil memegang gelar predikat bandara terbaik, 5 kali berturut turut. Indonesia kapan yah dapat penghargaan seperti itu? oke, kita lanjut fakta menarik tentang Singapura yang terakhir.

7. Mengunyah Permen Karet Adalah Perbuatan Ilegal

Larangan permen karet di Singapura berawal dari wacana salah seorang menteri pembangunan nasional pada tahun 1983. Permohonan untuk melarang mengunyah permen karet ini bukan tanpa alasan. Sebab pasalnya, para pelaku yang mengunyah permen karet ini sering bertindak merugikan orang lain, bahkan negara, seperti: membuang bekas permen karetnya di kotak surat, memasukkan sisa permen karetnya ke lubang kunci, menempelkan sisa permen karetnya di tombol lift, lantai, tangga, kursi, meja, trotoar, dan beragam fasilitas publik lainnya.

Dan tahukah kamu? akibat ulah para pengunyah permen karet ini, telah membuat anggaran perawatan kebersihan fasilitas publik menjadi meningkat. Oleh karena itulah, sejak Januari 1992, larangan permen karet di Singapura telah diresmikan. Larangan ini pun mencakup banyak aspek, mulai dari : memproduksi, menjual, bahkan mengimpor, dan yang dimaksud "impor" disini adalah segala macam bentuk kegiatan membawa produk permen karet ke Singapura, baik lewat darat, air, dan udara.

Itulah 7 fakta menarik tentang negara Singapura yang jarang diketahui masyarakat kita. Terima kasih sudah sudah menyimak tulisan ini hingga selesai. Semoga yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat. Dan Assalamu'alaikum.

Pelajari: Nama-nama Benua di Dunia

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Owner and CEO of seokilat.com. A man energetic, full of passion, and easily touched by sad things.