Widget HTML Atas

Begini Cara Menghilangkan Komedo Dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Komedo
Cara Menghilangkan Komedo

Bukan hanya soal jerawat, masalah lain yang sering mengganggu kulit wajah adalah komedo. Meski tidak terlalu terlihat, komedo dianggap mengganggu penampilan saat wajah kita terlihat dari dekat.

Sekedar informasi, komedo terbagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah komedo hitam, dimana komedo ini awalnya berwarna putih, dan berubah menjadi warna hitam akibat teroksidasi udara dan kandungan melanin didalamnya. Yang kedua adalah komedo putih, Komedo ini sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Komedo putih terletak di bagian bawah epidermis kulit, sehingga tidak teroksidasi udara. Warnanya putih dan berukuran kecil meruncing.

Kenali: Makanan terbaik untuk diet

 7 Cara Menghilangkan Komedo Dengan Bahan Alami

Kembali pada topik komedo! Bagi Anda yang memiliki masalah komedo, ada banyak sekali tutorial penanganan mudah tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mengatasinya. Mari simak dan cek beberapa cara untuk menghilangkan komedo dengan bahan alami di bawah ini!

1. Tomat

Mengandung lycopene anti-oksidan, tomat diyakini efektif dalam mencegah dan menghilangkan komedo, hal ini dikarenakan Likopen dapat menangkal radikal bebas, dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Dengan rutin menggunakan tomat sebagai masker wajah, pori-pori kulit juga akan mengecil sehingga bakteri tidak mudah masuk untuk membentuk komedo atau jerawat.

Cara membuat masker tomat:

Cuci tomat hingga bersih, kemudian tumbuk halus atau diblender, lalu oleskan pada wajah secara merata (terutama di area komedo). Diamkan selama 30 menit sampai masker mengering, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan secara rutin 2x seminggu untuk hasil terbaik.

2. Kedelai

Kandungan vitamin E yang tinggi, membuat kedelai memiliki manfaat yang sangat baik untuk kulit. Kedelai juga mengandung antioksidan yang akan melindungi kulit dari bakteri jahat.

Cara membuat masker kedelai:

Persiapkan kedelai secukupnya, lalu rendam sekitar 5-10 menit. Sambil menunggu, kita bisa mencuci muka dengan air hangat agar pori-pori terbuka (dan mudah menyerap nutrisi Kedelai). Kemudian blender kedelai yang telah direndam hingga halus, setelah itu oleskan masker ke wajah secara merata dan diamkan selama 20 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air hangat atau air dingin yang bersih.

3. Lidah Buaya

Bahan alami ini memang sangat populer untuk perawatan tubuh. Jika anda memiliki kulit yang berminyak, perawatan dengan menggunakan Aloe Vera adalah cara terbaik yang bisa anda pilih. Aloe Vera mengandung saponin dan astrigen yang berfungsi sebagai zat anti-mikroba dan anti-bakteri. Tidak hanya itu, Gel Aloe Vera juga akan membantu mengangkat lemak dan minyak dari wajah secara lembut dan alami.

Cara membuat masker Aloe Vera/Lidah Buaya

Ambil 1 batang lidah buaya berukuran sedang, kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu kupas kulit terluarnya dan potong isinya menjadi beberapa bagian. Kemudian masukkan potongan lidah buaya tadi, kedalam blender. Setelah diblender halus, anda bisa langsung mengaplikasikan gel lidah buaya tersebut. Oleskan secara merata ke seluruh wajah. Dan lakukan pijatan pada area wajah yang berkomedo. Agar komedo dapat terangkat secara sempurna, gunakan masker sekitar 20-30 menitan. Setelah itu, anda bisa langsung mencuci wajah anda dengan air yang bersih.

4. Putih Telur

Protein yang terkandung dalam putih telur dapat mengecilkan pori-pori wajah. Dan kandungan magnesiumnya berfungsi menyerap kelebihan minyak diwajah. Kedua bahan ini berperan aktif  mengurangi dan menghilangkan komedo yang menempel di wajah.

Cara membuat masker putih telur:

Sediakan 1 butir telur ayam. Lalu pisahkan putih telur dari kuning telur. Setelah itu, kocok putih telur menggunakan garpu sampai putih telur terlihat sedikit berbusa. Aplikasikan masker putih telur ke wajah secara merata dengan menggunakan kuas khusus, lalu diamkan sekitar 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Lakukan ini 2-3 kali seminggu.

5. Teh Hijau

Apakah Anda menyadari akhir-akhir ini banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar teh hijau? Perlu diketahui, teh hijau adalah salah satu jenis tanaman yang biasa disajikan dalam bentuk minuman. Didalamnya kaya akan vitamin E dan antioksidan, yang berfungsi mencegah munculnya komedo akibat serangan radikal bebas.

Cara membuat masker teh hijau:

Pertama-tama, bersihkan lebih dulu wajah anda menggunakan air hangat. Setelah itu, tempelkan bubuk/ampas teh hijau yang telah diseduh pada wajah anda. Kemudian diamkan sekitar 15-30 menit sampai ampasnya mengering. Setelah itu, bersihkan ampas teh hijau dari wajah anda, dan bilas dengan menggunakan air hangat yang bersih.

6. Lemon

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah lemon, termasuk manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Mengandung alpha hydroxy acid, lemon dapat mencegah komedo dan jerawat karena kandungannya mampu menangkal radikal bebas hingga kulit bagian dalam. Asam sitrat dan astringen dalam lemon mampu mengecilkan pori-pori sehingga kotoran tidak mudah masuk.

Cara penggunaan:

Cukup oleskan jus lemon ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas wajah anda dengan air hingga bersih. Atau cara lain, basuhlah wajah Anda terlebih dahulu dengan air hangat, lalu potong lemon menjadi beberapa bagian. Setelah itu, gunakan potongan buah lemon untuk  menggosok lembut daerah wajah yang berkomedo selama 3-5 menit, terakhir bilas dengan air dingin.

7. Madu

Menggunakan masker madu untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan komedo adalah pilihan yang sangat tepat.    Kandungan Anti-oksidan, anti-bakteri, dan antiseptik pada madu, adalah paket lengkap yang mampu menutrisi kulit, sekaligus menjaganya dari serangan radikal bebas.

Cara penggunaan:

Oleskan madu murni secara merata ke permukaan wajah dan diamkan sekitar 30 menit. Setelah itu, bilas wajah anda menggunakan air dingin atau air hangat. Anda juga bisa mencampurkan bahan lain seperti susu atau oatmeal, sebagai bahan campuran masker madu alami.

Singkat yah? Itulah pembahasan kita, seputar 7 Cara Menghilangkan Komedo Dengan Bahan Alami. Semoga bermanfaat dan membantu memberi solusi bagi permasalahan wajah kamu yang mungkin sedang dibanjiri oleh komedo!

Kenali: Bahan makanan yang baik untuk kulit

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.