Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Kelebihan dan Kekurangan Samsung M21 dan Spesifikasinya

Samsung Galaxy M21 - Kembali lagi di saluran gadget SEO Kilat. Pada postingan sebelumnya kita telah menjelaskan, apa saja sih kelebihan dari Samsung A51, Samsung M30s, Samsung M20, dan Samsung A20s. Nah, adapun pada kesempatan yang singkat ini, kami akan coba uraikan kepada para pembaca, apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung M21.

Tentu saja salah satu harapan kami adalah, tulisan ini dapat bermanfaat dan memberi pencerahan kepada kamu yang sedang bingung atau dilema. Untuk membeli Samsung M21 atau tidak.

Kelebihan dan kekurangan Samsung m21
Kelebihan dan kekurangan Samsung m21
Yaudah, daripada terlalu panjang lebar, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini yah.

Kelebihan Samsung M21

Samsung M21 atau Samsung Galaxy M21 adalah smartphone yang merupakan saudaranya dari Samsung M20 yang sebelumnya sudah kita bahas secara mendetail. Kira-kira, sapa saja kelebihan Samsung M21 ini? berikut selengkapnya

1. Layar SAMOLED 6,4 Inci

Samsung M21 didesain dengan layar AMOLED 6,4 inci dan resolusi layar 1080 x 2340 px. Desain layar yang super lega ini didukung dengan kerapatan layar 403 ppi, dan kecerahan layar hingga 420 nit. 

Menariknya, Samsung M21 ini telah menerapakan panel SAMOLED atau Super AMOLED. Dimana implementasi ini meruapakan salah satu bagian terobosan yang dilakukan oleh Samsung M21 dari pendahulunya M20.

Dengan desain apik dari layar Super AMOLED, Samsung M21 pun tampak lebih elegan dan premium, dengan harga yang cenderung masih terjangkau oleh masyarakat Indonesia.

Kelebihan dan kekurangan Samsung m21
Kelebihan dan kekurangan Samsung m21
Akan tetapi perlu difahami, kualitas atau level Super AMOLED pada Samsung M21, tentu tidak selevel dengan kualitas Super AMOLED yang dibenamkan pada Samsung A51 yang kemarin telah kita ulas. Keduanya sama-sama menggunakan layar Super AMOLED, namun terdapat perbedaan kelas yang cukup signifikan antara keduanya.

Overall, Samsung M21 ini sudah cukup layak bagi kamu, untuk penggunaan sehari-hari, seperti: chating, nonton video, streaming, dan beberapa games. Tampilan layarnya cerah, dan okelah.

2. Endurance Baterai yang Maksimal

Samsung M21 telah dibekali baterai super kuat yang mampu mendukung performa smartphone menjadi lebih maksimal. Kapasitas baterai dari Samsung M21 ini yaitu 6.000 mAh. Gede bangetkan?

Benar! Ukuran baterai ini bisa dikatakan sangat maksimal untuk penggunaan perangkat yang super sibuk. Bahkan bila kita bandingkan dengan pendahulunya, yaitu Samsung M20 (5.000 mAh), kapasitas baterai dari Samsung M21 ini telah meningkat 1.000 mAh.

Kelebihan dan kekurangan Samsung m21
Kelebihan dan kekurangan Samsung m21

Dengan kapasitas baterai 6.000 mAh, tidak perlu diragukan lagi. Smartphone yang satu dijamin memiliki endurance yang lebih powerfull dan bertahan dengan waktu yang lebih lama pula. Diperkirakan, smartphone Samsung Galaxy M21 dapat bertahan hingga 2 x 24 jam tanpa di charging untuk pemakaian normal.

Adapun untuk pemakaian super hard, seperti ngegame dan taksing berat lainnya, smartphone Samsung M21 ini hanya dapat bertahan satu harian aja yah. Jadi, buat kamu yang memang tertarik dengan smartphone yang memiliki kapasitas baterai gede, sepertinya Samsung M21 ini adalah pilihan yang tepat.

3. Fitur Sensor Biometrik

Samsung M21 atau Galaxy M21 telah didukung dengan sistem keamanan sensor biometrik. Di mana keberadaan sensor ini dapat mengidentifikasi sidik jari pengguna dan mengenali wajah sebagai fitur unlock Samsung M21.

Bukan hanya sekedar menawarkan fitur sensor biometrik, eksistensi sensor ini pun dinilai memiliki kinerja yang sangat efektif dan optimal. Sensor ini bekerja dengan sangat sensitif, sehingga tidak membutuhkan waktu lama bagi perangkat, untuk mengenali wajah maupun sidik jari si pengguna smartphone.

Kelebihan dan kekurangan Samsung m21
Kelebihan dan kekurangan Samsung m21

4. Kamera yang Sangat Lumayan

Samsung M21 telah dibekali 3 kamera belakang yang bekerja dengan sangat baik dalam menangkap objek.Ketiga kamera ini terdiri dari 48 MP kamera utama, 5 MP sebagai kamera depth sensor, dan 8MP sebagai kamera ultrawide.

Overall, kualitas kamera yang ditawarkan oleh Samsung M21 terbilang cukup baik dan standar, untuk ukuran smartphone di kelasnya. Hal ini bisa kita lihat, di mana spek kamera yang dimiliki oleh Samsung M21, secara umum sangat mirip dengan spek kamera dari Samsung A51. Dimana keduanya memiliki kamera utama dengan nilai kekuatan 48 MP.

Adapun untuk kamera depan atau kamera selfie, smartphone Samsung Galaxy M21 ini menyematkan kamera 20 MP. Sebuah kamera yang bisa dibilang sangat baik untuk melakukan selfie ataupun video call.

Jadi bisa kita simpulkan, secara umum smartphone ini memiliki kinerja yang cukup baik dalam hal pemotretan, khususnya bila disejajarkan dengan smartphone sekelasnya. Nah, bagi kamu yang suka foto-foto, kayaknya Samsung M21 ini cocok banget buat kamu nih.

Kelebihan dan kekurangan Samsung m21
Kelebihan dan kekurangan Samsung m21

5. Kemampuan Merekam Video Kualitas Tinggi

Kelebihan Samsung M21 lainnya yaitu kemampuan dalam hal merekam video. Samsung Galaxy M21 bisa dikatakan adalah salah satu smartphone yang istimewa di kelasnya. Mengapa?

Alasannya adalah tidak banyak smartphone kelas menengah yang memiliki kemampuan merekam video dengan kualitas 4k, dan smartphone Samsung M21 adalah salah satu yang memiliki kemampuan istimewa tersebut.

Akan tetapi, meskipun secara deskriptif smartphone Samsung M21 mampu merekam video dengan kualitas 4k, namun hasil paling maksimal dari recording perangkat ini yaitu tetap pada resolusi 1080 piksel.

Ohiya, smartphone Samsung M21 ini ternyata juga mendukung fitur Super Steady loh! Jadi, kualitas rekaman video yang kamu hasilkan, akan tampak lebih stabil dan lebih berkualitas.

Kelebihan dan kekurangan Samsung m21

6. Fitur Streaming HD

Smartphone Samsung M21 telah dirancang apik, sehingga mendukung kamu untuk melakukan streaming video dengan kualitas HD. Fitur widevine L1 mampu bekerja dengan sangat baik, yang memungkinkan Samsung Galaxy M21, memutar video berkualitas HD pada layanan video streaming online.

Fitur ini bisa dibilang adalah salah satu kelebihan Samsung M21 yang paling mencolok. Dimana banyak smartphone yang berada di dalam kasta yang sama, belum mendukung layanan widevine L1 ini. Jadi, buat kamu yang sering atau memiliki kebutuhan tinggi dalam hal streaming video online (khususnya yang berkualitas HD), memilih smartphone Samsung M21 ini bisa jadi adalah pilihan yang terbaik.

Mungkin itu saja kelebihan Samsung M21 yang bisa kami sampaikan, berikutnya adalah beberapa kekurangan smartphone Samsung M21 yang mungkin perlu kamu pertimbangkan.


Kekurangan Samsung M21

Setelah mengulas kelebihan Samsung M21 di atas, penting bagi kamu untuk mengenal apa saja sih kekurangan Samsung M21 yang perlu dipertimbangkan. Jangan sampai setelah membelinya, kemudian muncul rasa menyesal karena tidak sesuai ekspektasi kamu. Yaudah, berikut beberapa kekurangan yang mungkin kamu temui pada Samsung M21.

1. Chipset Terlalu Standar di Kelasnya

Samsung M21 telah dibekali chipset Exynos 9611 sebagai prosesornya. Chipset ini bekerja dengan sistem octa core 4 x 2.3 GHz Cortex-A73 dan 4 x 1.7 GHz Cortex-A53 dalam sistem olah grafis Mali-G72 MP3.

Secara umum, chipset ini telah banyak digunakan pada produk Samsung lainnya, seperti: Samsung Galaxy M30s, Samsung Galaxy A51, Samsung Galaxy M31, dan beberapa produk Samsung lainnya.

Jika kita berbicara jujur, sebenarnya chipset Exynos yang digunakan M21 ini sudah sangat cukup untuk kegunaan smartphone sehari-hari. Akan tetapi, bila kita bandingkan dengan produk sekelas dari kompetitor lain, kita akan menemukan bahwa Samsung M21 ini rasanya terlalu pelit dalam hal penyediaan chipset. 

Kelebihan dan kekurangan Samsung m21
Kelebihan dan kekurangan Samsung m21
Coba saja kita lihat, dalam uji performa chipset Exynos 9611 pada AnTuTu, kita dapat melihat bahwa skor performanya hanya menyentuh angka 178174. Sedangkan bila kita menguji chipset Realme 6 yang menggunakan Helio G90T, angka performanya bahkan dapat menyentuh 286805. Perbandingan yang cukup jauh bukan?


2. Desain yang Terlalu Klasik

Samsung Galaxy M21 memang memiliki banyak kelebihan seperti yang sudah kita jelaskan di atas, namun bagi sebagian pengamat ponsel, kekurangan Samsung M21 ini masih cukup terasa kental, bila kita tinjau dari aspek desainnya.

Sebagian berpendapat bahwa desain body dari Samsung M21 ini terlalu klasik. Tidak banyak perbedaan atau perubahan inovatif dari saudara-saudaranya, seperti : M31 ataupun M30s. 

Oleh sebab itu, jika kamu berharap terlalu tinggi pada desain Samsung M21, kemungkinan kamu akan kecewa. Karena tidak banyak perubahan yang terjadi, bila kita tinjau dari desainnya secara umum.

Namun secara umum, Samsung M21 ini sudah cukup baik, karena memiliki bobot yang ringan dan nyaman dalam genggaman.

3. Teknologi Fast Charging yang Mainstream

Di atas kita telah sebutkan bahwa salah satu kelebihan Samsung M21 adalah kapasitas baterainya yang sangat luar biasa, yaitu 6.000 mAh. Akan tetapi ada satu kekurangannya nih, yang masih berkaitan dengan baterai.

Teknologi fast charging yang ditawarkan oleh Samsung M21 dirasa masih kurang optimal. Memang sih, kita tidak mengatakan bahwa teknologi fast chargingnya tidak work, namun tetap saja, kecepatan daya isi Samsung M21 dirasa masih terlalu lama.

Di mana baterai akan terisi penuh, bila proses charging berjalan selama 2 jam lebih, dari posisi baterai 15 persen. 

Namun semua kembali lagi pada perspektif masing-masing pengguna. Bila kamu merasa waktu 2 jam lebih masih dalam batas toleran, mungkin smartphone ini bisa cocok dengan style kamu.

Kelebihan dan kekurangan Samsung m21
Kelebihan dan kekurangan Samsung m21

Spesifikasi Samsung Galaxy M21

UMUM:

Diumumkan

Maret, 2020

Jaringan

2G, 3G, 4G

SIM Card

Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

BODY:

Dimensi

159 x 75.1 x 8.9 mm

Berat

188 g

LAYAR:

Jenis

Layar sentuh kapasitif Super AMOLED

Ukuran

6,4 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3

Resolusi

1080 x 2340 piksel, rasio 19,5:9 (~403 ppi)

HARDWARE:

Chipset

Exynos 9611 (10 nm)

CPU

Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A73 & 4x1.7 GHz Cortex-A53)

GPU

Mali-G72 MP3

MEMORY:

RAM

4 GB, 6 GB

Memori Internal

UFS 2.1, 64/4 GB, 128/6 GB

Memori Eksternal

microSDXC hingga 512 GB (slot khusus)

KAMERA UTAMA:

Jumlah Kamera

3

Resolusi

48 MP + 8 MP + 5 MP

Fitur

- 48 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.0", 0.8µm, PDAF

- 8 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide), 1/4.0", 1.12µm

- 5 MP, f/2.2, (kedalaman)

Fitur: LED flash, panorama, HDR

Video

2160p@30fps, 1080p@30fps, gyro-EIS

KAMERA SELFIE:

Jumlah Kamera

1

Resolusi

20 MP, f/2.0, 26mm (wide)

Fitur

HDR

Video

1080p@30fps

KONEKTIVITAS:

Wlan

Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth

5.0, A2DP, LE

Infrared

NFC

GPS

A-GPS, GLONASS, BDS

USB

2.0, konektor reversibel Type-C 1.0

BATERAI:

Jenis

Li-Po

Kapasitas

6000 mAh tidak dapat dilepas

WIRELESS CHARGING:

Fitur

Pengisian cepat 15W

FITUR:

OS (Saat Dirilis)

Android 10

Sensor

Fingerprint (dipasang di belakang), accelerometer, gyro, proximity, compass

3.5mm Jack

Warna

Midnight Blue, Raven Black


Kesimpulan

Smartphone Samsung M21 adalah gadget yang cukup baik untuk memenuhi kebutuhan pengguna, seperti: sosial media, streaming video, pemotretan, dan beberapa tugas ringan lainnya. Namun bila dibandingkan dengan brand kompetitor di kelas yang sama, terdapat beberapa kekurangan seperti yang sudah kita jelaskan di atas.

Ini saja sepertinya yang dapat kami sampaikan mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung M21 kali ini. Semoga detail spesifikasi yang kami uraikan dapat menjadi pencerahan kepada kaum galau yang bingung dalam memilih gadget. Terima kasih dan jangan lupa share yah!

Baca ulasan kami mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung M11

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.