Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Samsung M11, plus Spesifikasinya

Halo para pembaca setia blog SEO Kilat. Pada artikel sebelumnya kita telah menjelaskan beberapa kelebihan yang terdapat pada Samsung M21 lengkap dengan spesifikasinya. Di situ kita mendapatkan kesimpulan, bahwa secara umum Samsung M21 cukup kompetibel untuk penggunaan sehari-hari yah, akan tetapi bila kita komparasikan dengan smartphone sekelasnya, chipset yang dimilikinya bisa dibilang kurang bersaing. 

Nah, adapun pada kesempatan kali ini, seperti judul di atas, kita akan membeberkan apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung M11. Tentu saja bukan hanya itu, disini kita juga akan bagikan spesifikasi lengkapnya, sehingga kamu dapat menilai atau mempertimbangkan, apakah smartphone ini layak menjadi pilihanmu atau tidak.

Yaudah, daripada kelamaan, yuk simak artikel ini selengkapnya.

Kelebihan dan kekurangan samsung m11
Kelebihan dan kekurangan samsung m11

Kelebihan Samsung M11

Penasaran yah kira-kira apa saja kelebihan Samsung M11? Baiklah, cermati baik-baik apa saja kelebihan dari smartphone yang dibandrol dengan harga 2 jutaan ini.

1. Kapasitas Baterai yang Mumpuni

Bila berbicara soal smartphone, salah satu hal paling penting yang wajib diperhatikan adalah kapasitas baterainya. Nah, bila kamu tertarik dengan Samsung M11 ini, kamu beruntung. Sebab salah satu kelebihan Samsung M11 yaitu kapasitas baterai yang dimilikinya.

Smartphone 2 jutaan ini memiliki kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh. Mirip dengan smartphone Samsung M20 yang juga memiliki kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh. 

Menariknya, bukan hanya kapasitas baterainya yang besar, Samsung M11 ini juga mendukung teknologi fast charging. Sehingga proses pengisian baterai pun menjadi lebih cepat dari smartphone pada umumnya.

Kelebihan dan kekurangan samsung m11
Kelebihan dan kekurangan samsung m11

Nah, bila kamu seneng dengan kriteria smartphone seperti ini, kamu bisa memasukan Samsung M11 ke dalam wishlist kamu nih. Siapa tahu, kamu memang berjodoh dengannya.

2. Layar Super Lega

Seakan mengerti dengan selera pasar, dan memang mengerti kali. Samsung menghadirkan layar super lega, agar para pengguna Samsung M11 dapat merasakan pengalaman terbaiknya saat menggunakan smartphone. 

Dengan layar infinity-O kamu dapat menikmati konten video dengan lebih nyaman, karena layar lega yang ditawarkan oleh Samsung M11 ini. Layar selebar 6,4 inci dengan resolusi 720 x 1560, semakin terasa sempurna dipadu dengan kerapatan layar 268 ppi.

Salah satu keunikan dari layar Samsung M11 adalah adanya sebuah lubang kamera kecil di sudut kiri layar. Menggantikan gaya tren 2019 yaitu berupa tetesan air di sisi tengah layar. Secara umum, Samsung M11 hadir dengan layar yang super apik, dan ini pula yang menjadi salah satu kelebihan Samsung M11 2020.

Kelebihan dan kekurangan samsung m11
Kelebihan dan kekurangan samsung m11
Gimana? Kamu tertarik memilikinya? Yasudah, sediakan budget 2 jutaan yah 

3. Kamera Belakang yang Worth it

Samsung Galaxy M11 hadir dengan keunggulan triple camera belakang. Dengan adanya triple camera ini, Samsung berharap dapat lebih memikat masyarakat, dengan menjanjikan kualitas tangkapan kamera yang lebih realistis.

Adapun mengenai detail 3 lensa kamera Samsung M11, yaitu terdiri dari : 13 MP yang berfungsi sebagai kamera utama, 5 MP yang berfungsi sebagai ultrawide, dan lensa 2 MP yang berfungsi sebagai depth sensor.

Dengan spesifikasi kamera Samsung M11 ini, kamu dapat mengambil foto lebih fokus, bahkan dengan latar belakang yang blur. Disamping itu, kamera ini juga mendukung penangkapan foto panorama, dengan sudut keluasan mencapai 115 derajat.

Ohiya, selain mampu menangkap foto dengan kualitas yang baik, smartphone Samsung M11 juga mendukung perekaman video, bahkan dengan kualitas 1080 piksel dengan level frame hingga 60 FPS. Menarik bukan?

4. Sensor Biometrik Untuk Sistem Keamanan

Samsung M11 dirancang dengan sistem keamanan sensor biometrik. Di mana bukan hanya menggunakan teknologi PIN atau Pattern, kamu juga bisa menggunakan sensor sidik jari dan identifikasi wajah sebagai langkah keamanan ponselmu.

Sensor sidik jari pada smartphone Samsung M11 ini diletakkan pada bagian belakang body, lebih tepatnya berada di bagian bawah kamera. Area sensornya didesain dengan bentuk oval, agar memberi kesan alami saat jari kamu merabanya.

Selain menggunakan sensor sidik jari, kamu juga bisa menjaga privasi ponselmu dengan menggunakan sensor identifikasi wajah. Tidak perlu repot-repot menekan pin, kamu cukup menatap kamera depan smartphone, dan biar sensor biometrik membaca wajah tampanmu. 

Tertarik dengan smartphone ini? Langsung bungkus aja! Yang penting jangan lupa uang belanja yah bang!

5. Menggunakan Sistem Android 10

Salah satu kelebihan Samsung M11 ini yaitu telah dibekali sistem Android 10. Tentu saja secara sistem, smartphone ini memiliki keunggulan dibanding dengan beberapa pendahulunya. Smartphone Samsung M11 juga sudah menggunakan style OneUI 2.0, sehingga tampilan UI smartphone kamu akan tampak lebih cool, dan tentunya lebih simple dan mudah digunakan.

Menariknya, smartphone Samsung M11 juga mendukung system wide dark mode, smart replay, dan beberapa settingan keren yang mendukung efektifitas penggunaan smartphonemu. 

Jadi, bagi kamu yang penasaran seperti apa kecanggihan smartphone ini, yasudah itu nasibmu lah. Siapa suruh penasaran :v

6. Menyediakan Slot Khusus Untuk Memori Eksternal

Kelebihan Samsung M11 berikutnya yaitu ketersediaan slot khusus untuk memori eksternal. Di dalam slot ini, nantinya kamu dapat memasukan memori eksternal hingga 512 GB, bersamaan dengan SIM cardmu. 

Jadi kamu ga perlu repot-repot membuka baterai seperti smartphone jadul, hanya untuk memasukan memori eksternal ke dalam ponselmu.

Gimana? Udah paham? Sederhananya yaitu smartphone Samsung M11 mempunyai slot khusus yang bisa dilepas dan dicabut, yang berfungsi sebagai media peletakan memori card, serta SIM card secara bersamaan.

Belum paham juga? Ah eloslah :v

Itu saja mungkin beberapa kelebihan Samsung M11 yang paling menonjol. Berikutnya untuk lebih memperjelas speknya, kami akan jelaskan beberapa kekurangan dari Samsung M11. Simak di bawah ini.

Kelebihan dan kekurangan samsung m11
Kelebihan dan kekurangan samsung m11

Kekurangan Samsung M11

Setelah menjelaskan beberapa kelebihan dari Samsung Galaxy M11, di bawah ini telah kami rangkum beberapa kekurangan Samsung M11 yang patut untuk kamu perhitungkan. Jangan sampai karena mengabaikan aspek tersebut, kamu menjadi menyesal karena telah membelinya.

1. Kapasitas Memori yang Cenderung Minim

Kekurangan Samsung M11 yang pertama adalah kapasitas memorinya yang cenderung minim. Baik itu memori internal maupun RAM, semuanya serba terbatas dan tergolong sangat minim untuk ukuran smartphone 2 jutaan.

Samsung Galaxy M11 terbagi ke dalam 2 spesies, spesies pertama yang paling standar, yaitu: dibekali RAM sebesar 3 GB dan memori internal sebesar 32 GB. Adapun spesies yang satunya lagi dibekali RAM sebesar 4 GB dan memori internal sebesar 64 GB.

Mengingat ukuran aplikasi sekarang yang memakan memori sangat banyak, ditambah kapasitas RAM yang cenderung minim, tentunya kamu harus rajin membersihkan memori dari cache atau sampah, biar ponsel kamu kagak ngelag kayak keong racun.

2. Tidak Support Konektivitas NFC dan Infrared

Kekurangan Samsung Galaxy M11 yang sangat disayangkan adalah tidak adanya dukungan fitur NFC dan infrared. Sebagaimana kita ketahui, kemajuan teknologi saat ini sangat mengedepankan yang namanya efisiensi, termasuk di dalamnya kemudahan dalam hal transfer data dan transaksi pembayaran.

Samsung Galaxy M11 dibalik banyak kelebihannya, ternyata tidak mendukung sistem konektivitas NFC yang mampu mempermudah transaksi melalui ponsel. Ditambah lagi, Samsung M11 diketahui juga tidak mendukung fitur infrared yang dapat mempermudah penggunanya mengalihfungsikan smartphone ke berbagai alat, seperti: remote tv, remote AC, dan lain-lain.

Cukup mengecewakan juga sih, mengingat harga smartphone Samsung Galaxy M11 ini dibandrol dengan harga 2 jutaan. Tapi kalau kamu rasa itu tidak masalah, yaudah bungkus aja sih.

3. Menggunakan Chipset yang Biasa Saja

Mengingat kebutuhan individu sekarang yang semakin membebankan ponsel, salah satu yang perlu diperhatikan sebelum membelinya adalah lihat chipset apa yang digunakan.

Samsung M11 dirancang menggunakan chipset Snapdragon 450 dengan sistem fabrikasi 14 nm. Beberapa pengamat menilai, penggunaan chipset Snapdragon 450 pada Samsung M11 dirasa masih kurang optimal.

Di mana chipset ini bekerja dengan CPU octa-core + 8 ARM Cortex A53, dan clock speed 1.8 GHz. Spesifikasi ini dinilai masih kalah dengan beberapa smartphone di kelas 2 jutaan, seperti : Smartphone Realme 5s dan Xiaomi Redmi Note 8. Kedua smartphone ini, telah dibekali chipset Snapdragon 665.

Oleh sebab itu, pantas bila poin chipset ini kita masukkan ke dalam daftar kekurangan Samsung M11 yang mungkin dapat menghilangkan niatmu untuk membelinya.

Mungkin 3 poin di atas adalah beberapa kekurangan yang dapat menjadi pertimbangan kamu dalam menilai Samsung M11.

Kelebihan dan kekurangan samsung m11
Kelebihan dan kekurangan samsung m11

Spesifikasi Samsung Galaxy M11

UMUM:

Diumumkan

Maret, 2020

Jaringan

2G, 3G, 4G

SIM Card

Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

BODY:

Dimensi

161.4 x 76.3 x 9 mm

Berat

197 g

LAYAR:

Jenis

Layar sentuh kapasitif PLS TFT

Ukuran

6,4 inci

Resolusi

720 x 1560 piksel, rasio 19,5:9 (~ 268 ppi)

HARDWARE:

Chipset

Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)

CPU

Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53

GPU

Adreno 506

MEMORY:

RAM

3 GB, 4 GB

Memori Internal

32/3 GB, 64/4 GB

Memori Eksternal

microSDXC (slot khusus)

KAMERA UTAMA:

Jumlah Kamera

3

Resolusi

13 MP + 5 MP + 2 MP

Fitur

- 13 MP, f/1.8, 27mm (wide), 1/3.1", 1.12┬Ám, PDAF

- 5 MP, f/2.2, 14mm (ultrawide)

- 2 MP, f/2.4, (kedalaman)

+ LED flash, panorama, HDR

Video

1080p@30fps

KAMERA SELFIE:

Jumlah Kamera

1

Resolusi

8 MP, f/2.0, (wide)

Fitur

HDR

Video

1080p@30fps

KONEKTIVITAS:

Wlan

Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth

4.2, A2DP

Infrared

-

NFC

-

GPS

A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS

USB

2.0, konektor reversibel Type-C 1.0

BATERAI:

Jenis

Li-Ion

Kapasitas

5000 mAh baterai tanam

Wireless Charging

-

Fitur

Pengisian cepat 15W

FITUR:

OS Saat dirilis

Android 10

Sensor

Fingerprint (dipasang di belakang), accelerometer, proximity

3.5mm Jack

Oke

Warna

Black, Metallic Blue, Violet

Kesimpulan

Secara umum, Samsung M11 dirancang dengan sangat baik dengan berbagai kelebihan yang telah kami uraikan di atas. Namun dalam beberapa aspek, seperti : chipset, memori internal, RAM, dan sistem konektivitas, masih terdapat beberapa kekurangan untuk ukuran smartphone dengan harga 2 jutaan.

Mungkin ini saja beberapa penjelasan kami mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung M11 dan spesifikasinya. Semoga dapat membantu dan memberi pencerahan dalam menilai smartphone Samsung Galaxy M11. 

Baca juga tulisan kami yang mengulas kelebihan Samsung M30s dan Samsung A10s

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.