Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A20s dan Spesifikasi Lengkapnya

Kelebihan dan kekurangan Samsung - Kemarin kita sudah menjelaskan seputar kelebihan dan kekurangan Samsung A10s kan, nah sekarang waktunya kita menguraikan dengan detail, apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung A20s. 

Semoga dengan rincian informasi dari kami, dapat membantu kamu dalam mempertimbangkan, apakah Samsung A20s memang layak untuk diperhitungkan. Tapi sebelum lanjut, baca juga ulasan kami lainnya mengenai kelebihan Samsung M20, dan Samsung M30s yang telah kami paparkan sebelumnya yah. 

Kelebihan dan kekurangan Samsung a20s
Kelebihan dan kekurangan Samsung a20s
Semakin banyak kamu membaca informasi gadget dari kami, hal tersebut akan semakin berguna bagi kamu saat memutuskan untuk membeli gadget seperti apa kelak. Yaudah, daripada kepanjangan, lebih baik langsung saja simak penjelasan kami selengkapnya. 


Kelebihan Samsung A20s

Samsung A20s memiliki banyak kelebihan yang dapat kita ulas, jadi untuk memahaminya dengan baik, mari cermati poin demi poin yang akan kami sampaikan di bawah ini.

1. Triple Camera

Samsung A20s telah dibekali 3 kamera belakang yang bekerja khusus untuk menangkap setiap momen penting kamu di mana pun dan kapan pun. Kombinasi 3 kamera ini mampu menciptakan gambar yang cukup tajam dan visualisasi yang cukup menarik pula. Mulai dari kamera 13 MP dengan bukaan lensa f/1.8 + PDAF, ditambah dengan kamera ultra wide 8 MP, serta kamera 5 MP yang berfungsi sebagai depth sensor.

Kelebihan Samsung A20s ini menjadikannya sebagai salah satu smartphone berkamera canggih, dengan harga yang relating terjangkau. Tapi yah jangan juga terlalu berekspektasi tinggi pada smartphone ini, karena sebaik apapun hasil tangkapan kameranya, tentu tidak dapat mengalahkan Samsung M30s.

Kelebihan dan kekurangan Samsung a20s
Kelebihan dan kekurangan Samsung a20s

Well, hasilnya sudah cukup baiklah untuk smartphone kelas menengah kebawah. Gimana? Tertarik untuk memilikinya? Tunggu dulu, kita jelasin dulu sampai selesai yah..

2. Tampilan Menarik ala Ponsel Premium

Samsung A20s diciptakan dengan gaya premium, terlihat dari desain warna yang dikombinasikan pada body casingnya. Kelebihan Samsung A20s ini menjadikan perpaduan warna tampak lebih solid dan elegan, dengan bahan dasar casing polikarbonat.

Tentu saja, olahan polikarbonat ini didesain dengan baik oleh Samsung, sehingga tampak lebih elegan dan berkilau, meskipun bukan smartphone high end. 

Pokoknya, dari segi tampilan smartphone Samsung A20s, sama sekali tidak tercermin sebagai hp yang murahan. Gimana mantep ga tuh? Oke, lanjut lagi ke bawah.

3. Kapasitas Baterai 4.000 mAh

Samsung A20s telah dibekali baterai dengan kapasitas arus 4.000 mAh. Meskipun tidak sehebat Samsung M20 yang memiliki kapasitas 5.000 mAh, namun aspek baterai yang dimiliki Samsung A20s ini cukup layak kita masukkan ke dalam daftar kelebihan Samsung A20s.

Bila kita ingat kembali, spek baterai yang dimiliki oleh Samsung A20s ini sama persis dengan Samsung A10s, di mana kapasitas baterai yang dimilikinya juga memiliki muatan sebesar 4.000 mAh.

Menurut taksiran kami, kapasitas baterai 4.000 mAh ini dapat bertahan cukup baik, pada penggunaan video streaming, berselancar di sosial media, dan bermain game dalam waktu yang lumayan lama. 

Namun perlu diingat kembali. Semakin tinggi spek game yang dimainkan, maka akan semakin besar pula konsumsi baterai yang digunakan oleh Samsung A20s.

4. Supply Power yang Cukup Baik

Disamping memiliki kapasitas baterai yang lumayan, kelebihan Samsung A20s lainnya adalah performa charging yang cukup dapat diandalkan. Samsung A20s ternyata dapat mengisi baterai dengan cukup cepat, sehingga tidak terlalu memakan waktu banyak untuk membuatnya menjadi full charging.

Diperkirakan, pengisian baterai hingga full dari angka 30%, cukup memakan waktu sekitar satu jam saja. Namun dengan catatan, smartphone dalam keadaan mati atau tidak digunakan.

Keunggulan Samsung A20s ini bisa kita bandingkan dengan smartphone sekelasnya, di mana pada umumnya smartphone dengan kapasitas 4.000 mAh, membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk menjadi full charging.

Kelebihan dan kekurangan Samsung a20s
Kelebihan dan kekurangan Samsung a20s


5. Menggunakan USB Type-C dan Triple Slot Card

Samsung Galaxy A20s didesain dengan konektifitas USB Type-C yang secara otomatis dapat meningkatkan efisiensi Anda dalam melakukan transfer data. Menariknya lagi, kelebihan Samsung A20s ini tidak sebatas itu saja. 

Smartphone ini juga dirancang dengan gaya triple slot card, sehingga memungkinkan Anda untuk menggunakan 2 SIM card secara langsung, dan satu buah memory card dalam satu slot bersamaan. 

Alhasil, keseluruhan desain slot card yang ditawarkan oleh produk Samsung ini menjadi lebih cool dan simple tentunya.

6. OneUI Style dan Dolby Atmos System

Diantara kelebihan Samsung A20s lainnya yaitu terletak pada OneUI style yang digunakan di dalamnya. Style UI ini dikenal sebagai salah satu UI paling simple dan yang paling mudah digunakan. Jadi, sekiranya smartphone ini hendak kamu jadikan sebagai hadiah ke orang yang awam dengan teknologi, gaya dari UI ini dijamin akan mudah untuk dipahami olehnya.

Menariknya lagi, smartphone Samsung A20s ini bekerja dengan sistem dari Dolby Atmos. Sebagaimana kita ketahui, teknologi sound dari Dolby mampu menghasilkan kualitas audio yang cukup jernih dan tajam, meskipun hanya menggunakan perangkat smartphone.

7. Layar yang Lebar dan Berkualitas

Tidak salah bila kita mengatakan bahwa Samsung A20s memiliki layar yang sangat lega untuk ukuran sebuah smartphone. Kita bisa lihat bahwa smartphone ini telah dibekali layar AMOLED dengan dimensi 6,5 inci HD dan resolusi 720 x 1560 pixels. 

Kelebihan Samsung A20s ini pun semakin jelas tergambar, dari layarnya yang menganut gaya infinity-V. Alhasil, tampilan secara visual dari smartphone ini pun menjadi tampak lebih luas dan jauh lebih lega.

Bukan hanya itu, menurut salah satu kanal review di jagad maya, layar yang dimiliki oleh Samsung A20s ini ternyata juga cukup bagus dan berkualitas. Bagaimana? Sudah tertarik untuk membelinya?

Itulah beberapa keunggulan atau kelebihan yang dimiliki oleh Samsung A20s yang bisa kami ulas. Untuk lebih mengenal lebih dalam, cermati juga beberapa kekurangan yang terdapat di dalamnya. 


Kekurangan Samsung A20s

Samsung A20s sebagaimana telah kita jelaskan di atas, memiliki banyak kelebihan yang tentunya memberi kita pengalaman yang menarik saat menggunakan smartphone. Namun, dibalik kelebihan tersebut, terdapat beberapa kekurangan Samsung A20s yang cukup patut untuk dipertimbangkan, bila kamu serius ingin meminangnya. Apa saja kekurangannya?

1. Penggunaan Chipset yang Sedikit Jadul

Samsung A20s bekerja dengan chipset Snapdragon 450, yang dirancang dengan sistem fabrikasi 14nm. Secara umum, sebenarnya tidak ada yang salah dengan penggunaan chipset ini. Hanya saja, bila kita mengikuti informasi perkembangan teknologi, tentu kita dapat mengetahui bahwa chipset Snapdragon adalah jenis chipset yang sedikit ketinggalan jaman, dimana banyak perangkat saat ini telah menggunakan chipset Snapdragon 865+.

Jika kita bicara jujur, sebenarnya performa yang dimiliki chipset ini cukup baik. Berdasarkan analisa AnTuTu, performa dari Samsung A20s ini dapat menyentuh angka 70 ribuan. Hanya saja bila kita tinjau dari segi harga pembelian, kami rasa sedikit kurang worth it. 

Apalagi bila niat kamu membeli smartphone ini untuk bermain game HD, siap-siap aja gadget kamu ngelag atau hang. 

2. Tidak Memiliki LED Notifikasi

Salah satu kekurangan yang dimiliki Samsung A20s yaitu tidak adanya LED yang kerlap kerlip sebagai tanda notifikasi. Mungkin keberadaan fitur LED notifikasi dirasa tidak terlalu urgen disini. Akan tetapi, dengan adanya LED notifikasi, tentunya kita dapat lebih mudah dalam memantau, apakah ada notif terbaru pada perangkat kita atau tidak.

Kelebihan dan kekurangan Samsung a20s
Kelebihan dan kekurangan Samsung a20s

Spesifikasi Samsung Galaxy A20s

PUBLIKASI:

Diumumkan

September, 2019

Jaringan

2G, 3G, 4G

SIM Card

Single SIM (Nano-SIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

BODY:

Dimensi

163.3 x 77.5 x 8 mm

Berat

183 g

LAYAR:

Jenis

Layar sentuh kapasitif IPS LCD

Ukuran

6,5 inci

Resolusi

720 x 1560 piksel, rasio 19,5:9 (kepadatan ~264 ppi)

HARDWARE:

Chipset

Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)

CPU

Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53

GPU

Adreno 506

MEMORY:

RAM

3 GB, 4 GB

Memori Internal

32/3 GB, 64/4 GB

Memori Eksternal

microSD, hingga 1 TB (slot khusus)

KAMERA UTAMA:

Jumlah Kamera

3

Resolusi

13 MP + 8 MP + 5 MP

Fitur

13 MP, f/1.8, 27mm (lebar), PDAF

8 MP, f/2.2, 13mm (ultra lebar)

5 MP, f/2.2, sensor mendalam

Fitur: LED flash, panorama, HDR

Video

1080p@30fps

KAMERA SELFIE:

Jumlah Kamera

1

Resolusi

8 MP, f/2.0

KONEKTIVITAS:

Wlan

Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth

4.2, A2DP, LE

Infrared

NFC

GPS

A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS

USB

Konektor reversibel Type-C 1.0

BATERAI:

Jenis

Li-Po

Kapasitas

4000 mAh tidak dapat dilepas

Wireless Charging

Fitur

Pengisian baterai cepat 15W

Fitur

OS (Saat Dirilis)

Android 9.0 Pie

Sensor

Fingerprint (dipasang di belakang), accelerometer, gyro, proximity, compass

3.5mm Jack

Warna

Black, Blue, Red, Green


Kesimpulan

Secara umum Samsung Galaxy A20s cukup layak untuk kamu miliki, khususnya bagi kamu yang melirik brand Samsung dengan spesifikasi ala kelas menengah kebawah. Kelebihan dan kekurangannya juga sudah kami sampaikan di atas. Adapun keputusan akhir, apakah kamu berniat mengeksekusinya atau tidak, semua kembali pada kamu.

Mungkin ini saja tulisan singkat kami mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung A20s yang bisa kami hadirkan. Semoga dapat bermanfaat dan memberi kamu petunjuk dalam memilih smartphone terbaik, agar tidak salah langkah. 

Baca juga bro, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A51

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.