Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A10s yang Perlu Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Samsung - Balik lagi di blog SEO Kilat, masih di dalam pembahasan seputar gadget. Kalau kemarin kita udah menjabarkan spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Samsung M30s dan Samsung M20. Kali ini kita akan menguraikan dengan detail, apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung A10s. Jadi, buat kamu yang memang udah penasaran dengan spesifikasi lengkapnya, ini adalah waktu yang tepat buat kamu untuk mencermati tiap poinnya.

Tapi sebelum itu, bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi seputar gadget, jangan sampai ketinggalan informasi dari kami yah. Yaudah, daripada panjang lebar, kita langsung aja yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A10s
kelebihan dan kekurangan samsung a10s


Kelebihan Samsung A10s

Berikut di bawah ini adalah kelebihan-kelebihan Samsung A10s yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat buat kamu yang ingin memantapkan diri sebelum mengeksekusinya di toko terdekat!

1. Dual Camera Power

Samsung A10s ini telah dipersenjatai dengan dual camera belakang yang siap menangkap momen berharga kamu di mana pun dan kapan pun. Jika kita melihat sejarah singkat perjalanan Samsung di kelas ini, perubahan yang terjadi pada Samsung A10s adalah sebuah progress yang cukup baik. Karena sebagaimana kita ketahui, seri sebelum Samsung A10s hanya dibekali satu kamera belakang saja. 

Maka cukup pantas, bila keberadaan dual kamera ini kita tempatkan di posisi pertama sebagai kelebihan Samsung A10s. 

Jika kita sedikit mengamati, ternyata spek kamera belakang yang ditawarkan Samsung A10s juga cukup lumayan. Di mana kamera belakangnya berkekuatan hingga 13 MP, dengan bukaan lensa f/1.8 autofocus - Plus Kamera 2 MP yang berfungsi sebagai depth sensor.

Kelebihan dan kekurangan Samsung A10s
Kelebihan dan kekurangan Samsung A10s

Menariknya, kamera Samsung A10s sangat mendukung kamu bila ingin mereka video dengan kualitas video 1080p. Jadi untuk kualitas, tentu cukup worth it.

2. Kamera Depan yang Berkualitas

Bukan hanya disuguhkan kamera belakang yang bertenaga, Samsung A10s juga menyematkan kamera depan yang tidak kalah menarik untuk kamu yang demen selfie. 

Benar sekali! Kamera 8 MP yang dimiliki Samsung A10s adalah salah satu kelebihan yang bisa kamu nikmati. Itu artinya, kamu juga bisa melakukan video call dengan kualitas video yang cukup nyaman untuk dilihat.

Dan satu hal lagi, itu artinya kamera depan dari Samsung A10s lebih baik dari saudaranya, yaitu A10.

3. Layar Luas Asik Buat Nonton

Salah satu kelebihan yang ditawarkan Samsung A10s adalah dimensi layar yang luas. Dengan layar ini, kamu dapat menikmati visualisasi lebih baik lagi. Baik itu nonton, streaming YouTube, bahkan main game juga asik banget loh!

Memang sih, layar Samsung A10s ini tidak selebar Samsung M30s yang telah kita ulas sebelumnya. Samsung A10s ini memiliki ukuran layar 6,2 inci, dengan resolusi 720 x 1520 px, dengan rasio 19:9.

Adapun kerapatan layarnya, smartphone ajib ini memiliki nilai kerapatan 271 ppi, dengan layar full dan terdapat notch pada sisi atasnya. Sederhananya, bila kamu tertarik dengan smartphone yang memiliki dual kamera belakang, kamera depan asik buat selfie, dan dimensi layar yang luas, maka Samsung A10s cocok buat kamu.

4. Kapasitas Baterai yang Lumayan

Salah satu keunggulan atau kelebihan Samsung A10s adalah kapasitas baterai yang dimilikinya. Meskipun tidak seperti Samsung M20 yang memiliki kapasitas 5.000 mAh, atau Samsung M30s yang 6.000 mAh, baterai yang dimiliki Samsung A10s juga cukup berimbang di angka 4.000 mAh. 

Kapasitasnya tidak miskin, tapi juga tidak terlalu waw. Cocoklah buat kamu yang punya budget pas-pasan, namun ingin memiliki smartphone dengan baterai yang kuat. 

Kelebihan dan kekurangan Samsung A10s
Kelebihan dan kekurangan Samsung A10s

Yah kamu bayangin aja, kamu bisa dapetin Samsung A10s cukup dengan dana satu jutaan aje bro. Apalagi ini brand kenamaan yang udah ga perlu diragukan lagi eksistensinya di dunia smartphone. Nah, tertarik membelinya?

5. Memiliki Performa Setingkat di atas Generasi Sebelumnya

Samsung A10s memiliki kelebihan diantaranya yaitu kinerja atau performa setingkat lebih baik dari pendahulunya, yaitu : A10. Kita bisa lihat spesifikasinya, di mana Samsung A10s telah dibekali chipset Mediatek MT6762 Helio P22.

Sebagai informasi, chipset ini bekerja dengan prosesor octa core 2.0 GHz Cortex-53. Jadi smartphone Samsung A10s ini dijamin mampu bekerja lebih baik dari generasi sebelumnya. Tentu saja alasan lainnya karena kombinasi dengan GPU PowerVR GE8320. 

Dalam hasil cek performa melalui AnTuTu, performa Samsung A10s dengan RAM 2 GB ini menunjukkan angka di atas 70 ribu. Cukup worth it menurut kami dengan harga satu jutaan dan performa di atas 70 ribuan.

6. Fitur Keamanan Sensor Sidik Jari

Samsung A10s menawarkan sesuatu yang menarik di range harga yang cukup menggiurkan pula. Benar sekali, salah satu kelebihan Samsung A10s yang dapat kamu nikmati adalah fitur sensor sidik jari untuk keamanan ponsel Anda.

Konon, pada generasi sebelumnya, Samsung A10 belum memiliki fitur sensor sidik jari seperti saat ini. Oleh sebab itu, kehadiran sensor sidik jari pada brand Samsung satu jutaan tentunya akan menarik minat banyak masyarakat. Mengingat bahwa brand Samsung terkenal akan kualitas produk yang ditawarkannya.

Ohiya, bukan hanya fitur sensor sidik jari saja loh. Menariknya Samsung A10s ternyata juga mendukung fitur face unlock. Jadi buat kamu yang gam au repot neken-neken tombol password atau sidik jari, kamu juga bisa membuka smartphone kamu menggunakan wajah kamu yang tampan. Keren kan?

7. Antarmuka OneUI yang Cool

Samsung A10s hadir dengan antarmuka yang lebih cool dan simple, lengkap dengan sistem Android 9 Pie. Sekedar informasi saja, OneUI adalah jenis antarmuka yang sangat cool, dan simple, sehingga mampu memberikan user experience yang lebih berkesan, karena efek transisi yang loncer dan smooth.

Menariknya lagi, bukan hanya antarmuka OneUI saja yang memberi pengalaman terbaik, dengan Samsung A10s kamu juga bisa menggunakan dua akun messenger di dalam satu perangkat. 

Nah, itu saja kelebihan Samsung A10s yang bisa kami ulas. Berikutnya kita akan uraikan beberapa kekurangan Samsung A10s yang mungkin perlu untuk kamu ketahui yah. 


Kekurangan Samsung A10s

Samsung A10s mungkin memiliki beberapa kelebihan di kelas smartphone satu jutaan. Namun hal tersebut tidak menafikan bahwa ada beberapa kekurangan Samsung A10s yang mungkin bisa menjadi penyebab, mengapa Anda tidak perlu membeli smartphone ini. Apa saja kekurangannya?

1. Desain yang Monoton

Diantara kukurangan Samsung A10s adalah desain atau tampilan yang dimilikinya. Bila kita membandingkan tampilan atau desain Samsung A10s dengan generasi sebelumnya, kita tidak menemukan perubahan yang cukup unik, sehingga menandakan bahwa smartphone tersebut telah berevolusi. 

Desain Samsung A10s dengan Samsung A10 bisa dibilang masih sama, dan tidak memberi perubahan apapun. Jadi bisa dikatakan, untuk soal desain Samsung A10s masih sangat monoton dan kurang inovatif untuk perusahaan sekelas Samsung.

2. Body Plastik

Sama dengan masalah HP low end pada umumnya, kekurangan Samsung A10s terletak pada casing atau body yang dimilikinya. Memang betul, tentu sulit atau bahkan hampir mustahil menemukan smartphone dengan body premium dengan harga satu jutaan. 

Tapi itulah kenyataan, body smartphone yang terbuat dari bahan dasar plastik memang memiliki banyak kekurangan. Selain mengurangi nilai estetika, body plastik pada Samsung A10s sangat mudah meninggalkan bekas sidik jari padanya.

3. Supply Power Energi yang Lambat

Diantara kekurangan Samsung A10s lainnya adalah pengisian power atau charging baterai yang lambat. Menurut beberapa sumber literasi, pengisian full baterai Samsung A10s bisa memakan waktu hingga 2 jam lebih lamanya.

Oleh sebab itu, mungkin bagi kamu yang tidak suka dengan smartphone yang lemot dalam pengisian baterai, Samsung A10s tentu sangat jauh dari ekspektasi kamu terkait smartphone yang ideal. 

Nah, itu saja sih mungkin kekurangan secara umum yang bisa kita temukan pada Samsung A10s. 

Kelebihan dan kekurangan Samsung A10s
Kelebihan dan kekurangan Samsung A10s

Spesifikasi Samsung Galaxy A10s

Umum:

Diumumkan

Agustus, 2019

Jaringan

2G, 3G, 4G

SIM Card

Single SIM (Nano-SIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body:

Dimensi

156.9 x 75.8 x 7.8 mm

Berat

168 g

Layar:

Jenis

Layar sentuh kapasitif IPS LCD

Ukuran

6.2 inci

Resolusi

720 x 1520 piksel, rasio 19:9 (~ 271 ppi kepadatan)

Hardware:

Chipset

Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)

CPU

Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53

GPU

PowerVR GE8320

Memori:

RAM

2 GB

Memori Internal

32 GB

Memori Eksternal

microSD, hingga 512 GB (slot khusus)

Kamera Utama:

Jumlah Kamera

2

Resolusi

13 MP + 2 MP

Fitur

13 MP, f/1.8, 28mm (lebar), AF

2 MP, f/2.4, sensor mendalam

Dukungan: LED flash, panorama, HDR

Video

1080p@30fps

Kamera Selfie:

Jumlah Kamera

1

Resolusi

8 MP, f/2.0

Fitur

-

Video

-

Konektivitas:

Wlan

Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth

5.0, A2DP, LE

Infrared

NFC

GPS

A-GPS, GLONASS, GALILEO

USB

microUSB 2.0

Baterai:

Jenis

Li-Po

Kapasitas

4000 mAh tidak dapat dilepas

Wireless Charging:

Fitur

-

Fitur:

OS (Saat Dirilis)

Android 9.0 Pie

Sensor

Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity

3.5mm Jack

Warna

Blue, Green, Red, Black


Kesimpulan

Samsung Galaxy A10s tentu bukan smartphone high end sebagaimana yang kita ketahui. Di dalamnya bisa saja menurut kamu ada kelebihan, namun hal tersebut bukan berarti smartphone ini tidak memiliki kekurangan. 

Baiklah, mungkin ini saja penjelasan kami mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung A10s yang terbaru. Bila ada kritik dan saran, kamu bisa kirimkan kepada kami melalui email. Terima kasih atas perhatiannya, dan sampai jumpa lagi di kesempatan yang lainnya.

Baca juga artikel kami lainnya mengenai kelebihan Samsung M30s dan Kelebihan Samsung M20 

Catatan: Kelebihan dan kekurangan Samsung A10s yang kami hadirkan berasal dari sumber literasi gadget. Kami analisa dan susun ulang, menjadi tulisan yang dapat menghadirkan informasi bagi Anda. Kami tidak memiliki perangkat smartphone yang sedang kami ulas. 

Baca tulisan lengkap kami mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung A20s

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.