Widget HTML Atas

Kelebihan dan Kekurangan Realme C2 dan Spesifikasi Lengkapnya

Halo semua! Kembali lagi di kala gadget SEO Kilat. Kalau kemarin kita sudah ngebahas seputar kelebihan dan kekurangan Samsung M11, nah kali ini seperti judul yang sudah kita lihat bersama. Kita akan mengupas habis, apa saja kelebihan dan kekurangan Realme C2. Penasarankan gimana sih smartphone yang satu ini? Makanya simak terus nih saluran gadget kami ini.

Kelebihan dan Kekurangan Realme C2
Kelebihan dan Kekurangan Realme C2
Ohiya, sebelum masuk ke pembahasan utama kita, ada baiknya kamu jug abaca tulisan kami lainnya mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung M30s, Samsung M20, Samsung M21, Samsung A10s, dan Samsung A51. Siapa tahu, kamu ternyata tidak cocok dengan Realme C2 kali ini. Kamu bisa beralih ke Samsung yang kita sebutkan di atas.

Yaudah deh, daripada kepanjangan jadi ga enak. Langsung saja simak penjelasan selengkapnya dari kami mengenai kelebihan dan kekurangan Realme C2.

Kelebihan Realme C2

Pada postingan yang lalu kita sudah banyak nih menjelaskan kelebihan yang diusung oleh brand milik korea yaitu Samsung. Nah! Kali ini berbeda. Kami akan beberkan apa saja sih kelebihan dari smartphone Realme C2. Penasaran? Berikut selengkapnya.

1. Desain Sangat Cocok Dengan Kamu yang Berjiwa Muda

Realme C2 dirancang dengan apik, sehingga mampu memancarkan imej yang fresh dan cool untuk ukuran sebuah smartphone yang dibandrol satu jutaan. Meskipun casing atau bodynya berbahan dasar plastik, sepertinya desainer Realme C2 memiliki keahlian yang sangat mumpuni, sehingga mampu menghilangkan kesan murahan dari bahan dasar plastik tersebut. 

Bila kita amati dengan baik, Realme C2 dirancang dengan panel belakang yang unik, yang didesain mirip dengan pola batu berlian. Bukan hanya itu, perpaduan warna yang sempurna dari Realme C2 juga mampu menghadirkan kesan fresh dan benar-benar anak muda banget.

Sementara ini, ada dua varian Realme C2 yang dapat kamu pilih. Pertama yaitu Realme C2 yang didesain dengan warna hitam berlian, dan kedua yaitu Realme C2 yang didesain dengan warna biru berlian. Kebayangkan gimana coolnya smartphone ini?

Kelebihan dan Kekurangan Realme C2
Kelebihan dan Kekurangan Realme C2
Yaudah.. Kalau memang gaya Realme C2 kamu rasa cocok dengan style dan BUDGET kamu, kamu bisa masukkan smartphone ini ke dalam wishlist kamu untuk diseleksi. Sembari itu, kita lanjut amati kelebihan Realme C2 berikutnya.

2. Layar yang Cukup Mumpuni di Kelasnya

Realme C2 didesain dengan layar 6,1 inci, dimana pada bagian tengahnya dibuat efek tetesan embun, yang menjadi khas style smartphone tahun 2019. Untuk resolusi, Realme C2 memiliki ukuran 1520 x 720 piksel, dengan kerapatan 282 ppi. 

Adapun aspek rasio layar, Realme C2 dirancang dengan perbandingan 19,5 : 9. Di mana perbandingan ini mampu memberikan hasil yang cukup baik untuk smartphone kelas menengah ke bawah. 

Singkatnya, untuk ukuran smartphone 1 jutaan, smartphone Realme C2 bisa dikatakan adalah salah satu yang terbaik di kelasnya. Bila kamu tertarik dengan spek seperti ini. Yaudah.. Yaudah apa? Yah belilah.. Masa’ tidur. Oke! Kita lanjut ke kelebihan Realme C2 berikutnya.

Ohiya satu lagi! Layar smartphone Realme C2 ternyata sudah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass. Jadi kamu ga perlu terlalu khawatir, kalau-kalau smartphonemu mudah tergores.

3. Sudah Mendukung Kamera Ganda

Smartphone Realme C2 hadir dengan 2 kamera belakang yang cukup apik. Di mana bila kita berbicara soal kualitas kamera smartphone, tentu umumnya kamera dengan lensa ganda akan memiliki kualitas yang jauh lebih baik, bila dibandingkan dengan smartphone mono lens. 

Nah! Hal ini pulalah yang diterapkan pada Realme C2. Smartphone yang dibandrol dengan harga 1 jutaan ini telah mendukung 2 kamera belakang, yang akan menjadikan hasil jepretan kamu tampak lebih keren dan apik.

Lebih detailnya, kamera belakang smartphone Realme C2 terdiri dari: 13 MP yang berfungsi sebagai kamera utama dengan bukaan lensa f/2.2, dan satunya lagi 2 MP yang berfungsi sebagai kamera sekunder dengan bukaan lensa f/2.4.

Kelebihan dan Kekurangan Realme C2
Kelebihan dan Kekurangan Realme C2
Dalam rangka meningkatkan performa kamera, Realme C2 juga mendukung fitur HDR dan tangkapan mode panorama. Selain itu, kamera pada Realme C2 juga telah dilengkapi dengan teknologi AI (artificial intelegence), sehingga hasil foto yang ditangkap akan tampak lebih baik.

Ohiya, dengan smartphone Realme C2, kamu juga bisa merekam video dengan kualitas yang cukup baik, yaitu 1080 piksel dengan jumlah frame hingga 30FPS. Kerenkan? Oke, kita lanjut pada kelebihan Realme C2 yang keempat.

4. Dapur Pacu yang Lumayan Handal

Untuk ukuran smartphone 1 jutaan, bisa dikatakan smartphone Realme C2 memiliki keunggulan yang lumayan dalam hal dapur pacunya. Realme C2 telah dibekali prosesor MediaTek Helio p22 Octa-Core, di mana prosesor ini dapat bekerja cukup baik dengan kecepatan clock 2.0 GHz.

Disamping itu, smartphone Realme C2 juga telah dibekali RAM yang cukup lumayan. Dalam edisi kali ini, Realme C2 membagi produknya dalam 2 varian memori. Pertama yaitu menggunakan RAM 2 GB dengan ROM 16 GB. Adapun yang kedua yaitu, menggunakan RAM 3 GB dengan ROM sebesar 32 GB.

Dengan spesifikasi seperti ini, seharusnya tidak ada kendala bagi kamu, bila penggunaan hanya diperuntukkan kepada sosial media, streaming video, browsing, dan menjalankan beberapa game yang ringan.

Gimana? Cocok kira-kira dengan seleramu? Kalau belum, coba simak kelebihan Realme C2 berikutnya. Kali aja semakin menambah minat kamu. Baca juga: Kelebihan Realme 5.

5. Kapasitas Baterai yang Mumpuni di Kelasnya

Realme C2 telah dibekali baterai dengan kapasitas yang cukup besar di kelasnya, yaitu sebesar 4.000 mAh. Di mana bila penggunaan smartphone ini dilakukan secara efisien, maka baterai yang dimilikinya akan dapat bertahan hingga seharian.

Dengan kapasitas baterai seperti ini, maka bisa dipastikan kamu tidak perlu terlalu khawatir kehabisan baterai, bila penggunaan kamu benar-benar sesuai dengan kemampuan si smartphone. 

Kelebihan dan Kekurangan Realme C2
Kelebihan dan Kekurangan Realme C2
Artinya, bila smartphone tidak diberi beban kerja yang berlebih, niscaya power baterai akan dapat bertahan lebih lama. Nah, sekarang kembali lagi ke kamu. Bisakah kamu menyesuaikan kemampuan smartphone, agar tidak bekerja diluar kemampuannya? Oke! Kita lanjut ke kelebihan Realme C2 yang ke 6. 

6. Mendukung Fitur Face Unlock

Ada yang menarik dari smartphone Realme C2 ini, yaitu fitur face unlock. Dengan fitur ini, kamu dapat meningkatkan sistem keamanan ponselmu, dengan menggunakan sistem identifikasi wajah. Itu artinya, kamu ga perlu takut kalau-kalau pin kamu dicuri. Karena smartphone kamu hanya bisa dibuka dengan menggunakan wajahmu saja.

Menariknya lagi, menurut salah satu sumber, kinerja dari sensor wajah yang dimiliki Realme C2 ternyata dapat bekerja dengan cukup baik, sehingga tidak membutuhkan loading yang terlalu lama untuk mengidentifikasi wajah.

Jadi, buat kamu yang selama ini mengidamkan smartphone dengan sistem keamanan sensor wajah, kamu sudah bisa nih mendapatkannya, dengan harga 1 jutaan saja.

Mungkin ini saja beberapa kelebihan Realme C2 yang bisa kita uraikan. Bila setelah mengamati kelebihan tersebut, dan ternyata hati kamu sudah tercantol, sebaiknya tunggu dulu. Coba amati beberapa kekurangan Realme C2 yang akan segera kami sampaikan di bawah ini.  


Kekurangan Realme C2

Setelah kita mengulas sisi kelebihan Realme C2, tentu akan lebih bijak bila kita juga meninjau sisi kekurangan dari Realme C2. Jangan sampai, dikarenakan kurangnya informasi yang sampai, membuat kamu menyesal di kemudian hari. Oke! Berikut beberapa kekurangan yang bisa kami sampaikan.

1. Belum Support Sensor Sidik Jari

Salah satu kekurangan Realme C2 yang paling kontras adalah tidak adanya sensor sidik jari dalam sistem keamanannya. Sebagaimana kita ketahui bersama, untuk smartphone terbaru saat ini, keberadaan sensor sidik jari sebagai bentuk keamanan ponsel telah menjadi tren di kalangan generasi Z. 

Nah! Bila kamu adalah salah satu orang yang tidak mau ketinggalan tren seperti ini, mungkin kamu sedikit kurang tertarik dengan Realme C2. Sebab seperti yang telah kita sampaikan di atas, Realme C2 saat ini belum mendukung fitur sensor sidik jari dalam sistem keamanannya.

Akan tetapi, meskipun Realme C2 belum memiliki support sensor sidik jari, namun smartphone ini sudah mendukung fitur face unlock dalam sistem keamanannya. Jadi, kamu dapat menggunakan sistem identifikasi wajah, sebagai langkah security system di dalam ponsel kamu.

2. Resolusi Layar Kurang Nendang

Beberapa pengamat berpendapat, salah satu bentuk kekurangan Realme C2 lainnya adalah spesifikasi layarnya yang kurang nendang. Dalam hal ini adalah tentang resolusi yang dimilikinya. Meskipun dari segi ukuran layar smartphone Realme C2 sudah cukup baik, namun dalam hal resolusi layar, sepertinya smartphone ini masih kurang optimal.

Namun secara umum, bila untuk penggunaan standar sehari-hari yang tidak membutuhkan beban kerja yang berat, kami rasa smartphone ini sudah lebih dari cukup. 

Kelebihan dan Kekurangan Realme C2
Kelebihan dan Kekurangan Realme C2

Spesifikasi Realme C2

UMUM:

Diumumkan

April, 2019

Jaringan

2G, 3G, 4G

SIM Card

Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

BODY:

Dimensi

154.3 x 73.7 x 8.5 mm

Berat

166 g

LAYAR:

Jenis

IPS LCD capacitive touchscreen

Ukuran

6.1 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3

Resolusi

720 x 1560 pixels, 19.5:9 ratio (~282 ppi density)

HARDWARE:

Chipset

Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)

CPU

Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53

GPU

PowerVR GE8320

MEMORY:

RAM

2 GB

Memori Internal

16 GB

Memori Eksternal

microSD, hingga 256 GB (dedicated slot)

KAMERA UTAMA:

Jumlah Kamera

2

Resolusi

13 MP + 2 MP

Fitur

f/2.2, 1.12µm, PDAF + f/2.4, 1.75µm, depth sensor + LED flash, HDR, panorama

Video

1080p@30fps

KAMERA SELFIE:

Jumlah Kamera

1

Resolusi

5 MP

Fitur

f/2.0, 1/5", 1.12µm, HDR

Video

-

KONEKTIVITAS:

Wlan

Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot

Bluetooth

4.2, A2DP, LE

Infrared

-

NFC

-

GPS

A-GPS, GLONASS, BDS

USB

microUSB 2.0, USB On-The-Go

BATERAI:

Jenis

Li-Po

Kapasitas

Non-removable 4000 mAh

Wireless Charging

-

Fitur

-

Fitur

OS (Saat Dirilis)

Android 9.0 Pie

Sensor

Accelerometer, proximity, compass

3.5mm Jack

Ok

Warna

Diamond Black, Diamond Blue

Mungkin ini saja kelebihan dan kekurangan Realme C2 yang bisa kami bagikan, semoga dapat membantu dan memberi pencerahan bagi kamu yang membutuhkan informasi terkait spesifikasi Realme C2. Terima kasih atas perhatian dan waktunya, sampai jumpa. 

Baca juga ulasan gadget lainnya, kelebihan dan kekurangan samsung m21, kelebihan dan kekurangan samsung a51, dan Samsung A20s

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.