Widget HTML Atas

Kelebihan dan Kekurangan Realme 5i dan Spesifikasi Lengkap

Balik lagi nih di blog SEO Kilat. Pada artikel sebelumnya kita sudah sedikit menjelaskan apa saja kelebihan yang dimiliki oleh smartphone Realme 5 dan Realme 5 Pro. Nah, adapun postingan pagi ini kita akan membahas mengenai sisi kelebihan dan kekurangan Realme 5i. 

Kelebihan dan Kekurangan Realme 5i
Kelebihan dan Kekurangan Realme 5i

Apa saja kira-kira kelebihan dan kekurangannya? Mari kita simak selengkapnya di bawah ini. Tapi sebelum masuk ke pembahasan lebih dalam, kami ingin sedikit memberi nasehat, yaitu:

Bila kamu hendak mengetahui seberapa dalam kelembutan hati seseorang, maka lihatlah seberapa besar rasa empati yang dimiliki oleh orang tersebut.

Oke, simak artikel mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 5i di bawah ini.

Kelebihan Realme 5i

Berdasarkan riset dan analisa kami melalui channel gadget di jagad maya, setidaknya kami menemukan ada 7 kelebihan yang bisa kita dapatkan dari smartphone Realme 5i. Apa saja kelebihannya?

1. Desain Simple dan Elegan

Smartphone Realme 5i didesain dengan ukuran 164,4 x 75 x 9,3 mm dan bobot sekitar 195 gr. Bobotnya tidak berbeda jauh dari smartphone Realme 5 yang memiliki berat sekitar 198 gr, dengan dimensi 164,4 x 75 x 9,3 mm.

Perbedaan dari segi desain yang tidak terlalu besar antara Realme 5 dengan Realme 5i, sebenarnya adalah sesuatu yang sangat masuk akal. Mengingat keduanya masih memiliki hubungan “saudara”. Hanya saja, kedatangan Realme 5 yang muncul lebih awal, dan memiliki kesan lebih premium dari segi desainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 5i
Kelebihan dan Kekurangan Realme 5i

Meskipun body dari Realme 5i terbuat dari bahan dasar plastik, namun hal tersebut tidak serta merta menjadikan desain Realme 5i terkesan murahan. Realme 5i dirancang dengan sangat baik, karena didesain dengan teknologi craftsmanship yang menggunakan mesin radium carving.

2. Tahan Terhadap Cipratan Air

 Masih sama dengan saudaranya Realme 5, smartphone Realme 5i juga dirancang dengan fitur anti kelembaban, sehingga tahan terhadap cipratan atau percikan air. Fitur anti kelembaban ini menekankan perlindungan pada part-part penting, seperti: celah speaker atau audio, celah bingkai, port, slot SIM card, dan tombol.

Dengan adanya fitur tahan cipratan air ini, kekhawatiran kamu terhadap cipratan air setidaknya akan sedikit berkurang. Jadi, bagi kamu yang tertarik dengan smartphone yang tahan terhadap percikan air, Realme 5i cukup bisa diandalkan.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 5i
Kelebihan dan Kekurangan Realme 5i

3. Kapasitas Baterai 5.000 mAh

Salah satu kelebihan Realme 5i yang paling menonjol adalah kapasitas baterai yang dimilikinya. Realme 5i telah dibekali baterai dengan kapasitas arus 5.000 mAh. Di mana kapasitas baterai ini sama persis dengan baterai yang dimiliki oleh smartphone Realme 5 dan Realme 5s.

Nah, kira-kira sejauh apa kualitas dan daya tahan dari baterai Realme 5i ini? Menurut situs hungrygeeks.ph, saat mereka melakukan tes uji pada baterai Realme 5i, hasil tes menunjukkan bahwa smartphone ini dapat bertahan dengan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 16 jam 25 menit.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 5i
Kelebihan dan Kekurangan Realme 5i

Hasil uji lain yang dilakukan oleh situs zeebiz.com menunjukan bahwa baterai dari smartphone Realme 5i mampu bertahan hingga 30 jam lebih. Estimasi waktu pencapaian ini didapat dari penggunaan dengan beban kerja medium.

4. Dibekali Chipset Snapdragon 665

Diantara kelebihan smartphone Realme 5i yaitu terletak pada chipset yang dimilikinya. Realme 5i telah dibekali chipset Snapdragon 665 yang merupakan generasi lanjutan dari chipset Snapdragon 660. 

Sebagaimana kita ketahui dari artikel sebelumnya, chipset Snapdragon 665 bekerja dengan 8 prosesor, yang terdiri dari Kyro 260 Gold Quad Core 2.0 GHz dan Kyro 260 Silver Quad Core 1.8 GHz. Adapun yang bekerja sebagai sistem olah grafisnya adalah GPU Adreno 610.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 5i
Kelebihan dan Kekurangan Realme 5i

Untuk soal performa, smartphone Realme 5i tercatat memiliki nilai skor sekitar 172 ribuan pada alat uji AnTuTu checker. Tergolong memiliki performa yang cukup standar, dan dirasa akan aman untuk penggunaan ringan dan beban kerja sedang.

5. Dibekali 4 Kamera Belakang

Bukan 2 atau 3, smartphone Realme 5i telah dibekali 4 kamera belakang untuk menunjang kualitas tangkapan objek. Mirip dengan Realme 5, 4 kamera pada Realme 5i bersinergi dengan baik, sehingga mampu menangkap objek dengan sangat baik.

Adapun 4 lensa kamera tersebut, terdiri dari: lensa 12 MP yang berfungsi sebagai kamera utama dengan bukaan f/1.8. Kemudian lensa 8 MP yang berfungsi sebagai ultrawide dengan bukaan f/2.3. Lalu, lensa 2 MP yang berfungsi sebagai kamera makro. Terakhir, lensa 2 MP yang berfungsi memberi efek bokeh pada latar belakang objek.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 5i
Kelebihan dan Kekurangan Realme 5i

Bagi kamu yang sering menggunakan kamera smartphone sebagai alat abadisasi momen, sepertinya smartphone Realme 5i akan cocok dengan gaya kamu.

6. Kamera Depan 8 MP

Realme 5i telah dibekali kamera selfie dengan spesifik elemen hingga 8 MP. Jauh lebih kecil dibandingkan dengan smartphone Realme 5 yang dibekali kamera 13 MP.

Secara sekilas, spek kamera ini mungkin lebih cocok masuk dalam kategori kekurangan yah, sebab melihat saudaranya Realme 5, yang sudah dibekali kamera depan 13 MP, sedangkan Realme 5i hanya dibekali kamera 8 MP.

Akan tetapi perlu diketahui, untuk ukuran smartphone dengan range harga yang sama, keberadaan spek kamera 8 MP pada Realme 5i adalah sebuah kelebihan, di mana banyak smartphone yang sekasta, tidak memiliki spek kamera depan 8 MP.

7. Memiliki Audio Sound Berkualitas

Untuk urusan audio, Realme 5i disebut-sebut memiliki kualitas yang cukup baik di kelasnya. Pasalnya, smartphone Realme 5i telah dibekali teknologi Dirac Power Sound, sehingga mampu menghasilkan audio yang lebih tajam dan lebih real.

Nah, buat kamu yang suka mendengarkan kajian lewat ponsel, dengan smartphone Realme 5i ini kamu akan mendapatkan pengalaman audio system yang cukup good, dan tentunya lebih menarik untuk di dengar. Tapi jika yang kami sampaikan ini meragukan, langsung saja cek ke toko smartphone terdekat yah.

Mungkin itu saja beberapa kelebihan Realme 5i yang dapat kami rangkum kali ini, adapun berikutnya adalah kekurangan Realme 5i yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya.

Kekurangan Realme 5i

Bila amati secara seksama, setidaknya kita dapat menemukan 3 sisi kelemahan atau kekurangan Realme 5i. Seperti apa kekurangan yang kami maksud disini? Berikut selengkapnya.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 5i
Kelebihan dan Kekurangan Realme 5i

1. Kemampuan Kamera Saat Kondisi Minim Cahaya 

Bila kita melihat kekurangan yang ada pada Realme 5, kita akan dapati bahwa kemampuan kameranya kurang maksimal, saat menangkap gambar pada kondisi minim cahaya. Begitu pula pada Realme 5i. Kelemahan yang sama terjadi juga pada Realme 5i, di mana kemampuannya yang tidak maksimal, saat menangkap gambar pada kondisi minim cahaya.

Oleh karenanya, bila kamu adalah tipe user yang sering bepergian malam hari dan mengambil foto objek, sepertinya kamera Realme 5i kurang dapat memuaskanmu. Sebab pasalnya, hasil tangkapan dari kamera Realme 5i akan terlihat sedikit kasar, dan tidak terlalu tajam.

Tapi yah bila kamu kurang yakin, silahkan kunjungi langsung dealer resmi Realme terdekat di kotamu.

2. Belum Mendukung Fitur Fast Charging

Sama seperti kekurangan Realme 5, smartphone seri 5i juga belum mendukung fitur fast charging. Jadi, bila kamu berharap dapat mengisi daya dengan waktu yang singkat, sebaiknya batalkan niatmu membeli Realme 5i. Sebab menurut salah satu channel gadget, yakni gadgetsNDTV, pengisian daya pada smartphone Realme 5i dapat memakan waktu hingga 2 jam lebih.

3. Belum Support Konektifitas USB Type-C

Lagi-lagi masih sama seperti kekurangan Realme 5, yah karena memang masih satu spesies. Realme 5i juga belum support dengan sistem konektifitas USB Type-C. Satu sisi sebenarnya hal ini bukan sebuah kekurangan, sebab masih banyak smartphone yang sekasta dengannya, juga belum memiliki support dengan USB Type-C. 

Namun, untuk beberapa produk smartphone di kasta yang sama, seperti : redmi 8, sudah menggunakan atau telah mendukung sistem konektifitas USB Type-C. 

Nah, sekarang kembali lagi ke kamu. Harus make USB Type-C atau tidak?

Itu saja sih beberapa kekurangan Realme 5i yang dapat kami angkat. Semoga dapat bermanfaat dan mencerahkan.

Spesifikasi Realme 5i

UMUM

Diumumkan

Desember, 2019

Jaringan

2G, 3G, 4G

SIM Card

Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

BODY

Dimensi

164.4 x 75 x 9.3 mm

Berat

195 g

LAYAR

Jenis

Layar sentuh kapasitif IPS LCD

Ukuran

6,52 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass

Resolusi

720 x 1600 piksel, rasio 20:9 (kepadatan ~269 ppi)

HARDWARE

Chipset

Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)

CPU

Octa-core (4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver)

GPU

Adreno 610

MEMORI

RAM

3 GB, 4 GB

Memori Internal

32/3 GB, 64/4 GB

Memori Eksternal

microSD, hingga 256 GB (slot khusus)

KAMERA UTAMA

Jumlah Kamera

4

Resolusi

12 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP

Fitur

- 12 MP, f/1.8, (wide), 1/2.9", 1.25µm, PDAF

- 8 MP, f/2.3, 13mm (ultrawide), 1/4.0", 1.12µm

- 2 MP, f/2.4, 1/5", 1.75µm (kamera makro khusus)

- 2 MP, f/2.4, 1/5", 1.75µm, sensor mendalam

Fitur: LED flash, HDR, panorama

Video

2160p@30fps, 1080p@30fps, gyro-EIS

KAMERA SELFIE

Jumlah Kamera

1

Resolusi

8 MP, f/2.0

Fitur

HDR, panorama

Video

1080p@30fps

KONEKTIVITAS

Wlan

Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth

5.0, A2DP, LE

Infrared

-

NFC

-

GPS

A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS

USB

microUSB 2.0, USB On-The-Go

BATERAI

Jenis

Li-Po

Kapasitas

5000 mAh tidak dapat dilepas

Wireless Charging

-

Fitur

Pengisian daya baterai 10W

FITUR

OS (Saat Dirilis)

Android 9.0 Pie

Sensor

Fingerprint (dipasang di belakang), accelerometer, gyro, proximity, compass

3.5mm Jack

Warna

Blue, Green

Lainnya

- Tahan percikan

Demikian saja uraian artikel singkat kami terkait kelebihan dan kekurangan Realme 5i. Semoga ringkasan spesifikasi yang kami hadirkan dapat menjelaskan sisi kelebihan dan kelemahan yang terdapat pada Realme 5i dengan jelas dan ringan. Bantu share artikel ini ke sosial mediamu yah. 

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.