Widget HTML Atas

Kelebihan dan Kekurangan Realme 5, Smartphone Keren Stylish

Halo para pembaca setia Blog SEO Kilat, masih di kanal gadget. Sebelumnya kita telah menjelaskan terkait detail kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada Realme C2. Di mana pada artikel tersebut dapat kita simpulkan, secara umum Realme C2 cukup worth it dengan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Artinya, kami cukup merekomendasikan smartphone tersebut, bagi kamu yang ingin mendapatkan smartphone keren dengan harga yang minim.

Kelebihan dan kekurangan realme 5
Kelebihan dan kekurangan realme 5

Nah! Adapun pada edisi kali ini, kita akan menguraikan apa saja kelebihan dan kekurangan Realme 5 yang merupakan generasi penerus dari Realme 3. Daripada penasaran, mari langsung saja simak penjelasan dari kami berikut ini.


Kelebihan Realme 5 Smartphone

Setelah kami menelusuri banyak literature, kami berhasil mengumpulkan setidaknya 6 kelebihan Realme 5 yang akan menambah pengalaman terbaik penggunanya. Apa saja kelebihan tersebut? Berikut selengkapnya..

1. Memiliki Struktur Desain yang Cool

Realme 5 hadir dengan desain yang sangat menarik, dengan bobot hanya 198 gr. Bila kita mengamati secara spesifik, dimensi smartphone ini berukuran 164,4 x 75,6 x 9,3 mm. Bukan hanya sekedar memiliki disain yang apik, smartphone Realme 5 bahkan cukup layak menyandang gelar smartphone teroke di kelasnya, untuk soal struktur desain.

Berbeda dengan Realme 3 yang didesain dengan gaya diamond cut, Realme 5 didesain dengan pola Kristal yang elegan dan ciamik banget. 

Kelebihan dan kekurangan realme 5
Kelebihan dan kekurangan realme 5

Meskipun smartphone Realme 5 dirancang dengan body polikarbonat, namun keahlian Realme dalam menciptakan desain smartphone membuat bahan polikarbonat menjadi lebih elegan dan memiliki kesan yang premium.

Penasaran dengan Realme 5? 

2. Tahan Terhadap Cipratan Air

Salah satu kelebihan Realme 5 yang cukup menarik yaitu smartphone ini cukup tahan terhadap cipratan air, karena telah didesain dengan dukungan fitur anti kelembaban multi-layer pada beberapa partnya, seperti pada: penutup baterai, slot card SIM, celah, dan beberapa part penting lainnya.

Dengan adanya dukungan fitur anti kelembaban ini, setidaknya kamu tidak perlu khawatir bila terpaksa menerjang hujan kecil untuk sesaat. Memang sih, smartphone ini belum memiliki IP rating untuk anti kelembaban, akan tetapi menurut salah satu kanal gadget populer di Indonesia, pihak Realme telah mengklaim bahwa smartphone Realme 5 telah dirancang dengan sistem anti kelembaban (seperti yang kita jelaskan di atas).

Gimana menurut kamu? Keren ga?

3. Memiliki Kapasitas dan Ketahanan Baterai yang Baik

Berbicara mengenai kapasitas baterai, Realme 5 telah dibekali baterai yang sangat baik dengan kapasitas arus sebesar 5.000 mAh. Dengan kapasitas arus sebesar ini, kita dapat pastikan bahwa secara umum smartphone Realme 5 memiliki ketahanan baterai yang cukup baik.

Minimal, untuk pemakain normal tanpa beban yang berlebih, smartphone Realme 5 ini diperkirakan dapat bertahan selama seharian penuh tanpa harus mengisi ulang baterai. Akan tetapi meskipun begitu, penggunaan smartphone ini pada mode full mengakses saluran internet, mungkin tidak bisa mencapai 24 jam.

Kelebihan dan kekurangan realme 5
Kelebihan dan kekurangan realme 5

Overall, smartphone Realme 5 sangat sangat baik untuk penggunaan normal. Jadi, bila kamu tertarik dengan smartphone middle yang memiliki kapasitas baterai besar, smartphone Realme 5 mungkin pilihan yang cocok buatmu.

4. Dukungan Chipset Snapdragon 665

Salah satu kelebihan Realme 5 adalah dukungan chipset Snapdragon 665. Di mana chipset ini merupakan generasi penerus dari chipset snapdragon 660. Sekedar informasi, chipset Snapdragon yang disematkan pada Realme 5 bekerja dengan 8 prosesor (octa-core). 

Secara umum, keberadaan chipset Snapdragon 665 ini cukup mampu menghasilkan kinerja smartphone dengan sangat baik dan seimbang, baik itu terkait efisiensi penggunaan daya, hingga pengolahan grafis di dalamnya.

Kelebihan dan kekurangan realme 5
Kelebihan dan kekurangan realme 5

Adapun penilaian performa berdasarkan AnTuTu, smartphone Realme 5 ini berhasil mendapatkan skor sekitar 139 ribuan. Meskipun terbilang cukup rendah, namun secara umum performa Realme 5 cukup dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari, seperti; berselancar di sosial media, browsing seharian, chattingan, dan tugas-tugas sederhana lainnya.

5. Dukungan Kamera yang Baik

Smartphone Realme 5 telah dibekali 4 kamera belakang dengan kinerja lensa yang sangat baik. Adapun secara spesifik, 4 kamera tersebut terdiri dari : kamera utama dengan kekuatan 12 MP dan bukaan lensa f/1.8. Kedua, kamera 8 MP yang berfungsi sebagai ultrawide, dengan bukaan lensa f/2.2. Ketiga, lensa 2 MP yang berfungsi sebagai kamera makro, dan yang keempat lensa 2 MP yang berfungsi sebagai efek bokeh.

Secara umum, kinerja kamera dari smartphone Realme 5 ini dapat kita katakan sangat baik di kelasnya. Maka dari itu, bila kamu tertarik dengan smartphone murah yang mendukung jepretan kamera apik, smartphone ini dapat kamu pertimbangkan.

Kelebihan dan kekurangan realme 5
Kelebihan dan kekurangan realme 5

Tapi bila menurutmu Realme 5 telah memenuhi ekspektasi kamu, yasudah bungkus saja bro!

6. Kamera Selfie yang Worth It

Realme 5 telah dibekali kamera selfie (kamera depan) dengan spesifik elemen 13 MP dan bukaan lensa f/2.0. Menariknya, kamera depan smartphone Realme 5 ini juga dibekali fitur HDR dan landskap panorama.

Berbicara soal kualitas, kamera depan yang dimiliki Realme 5 terbilang cukup bagus di kelasnya. Jadi, untuk urusan menangkap gambar dengan kamera depan, kamu ga perlu ragu dengan hasil smartphone Realme 5.

Bahkan menurut salah satu kanal gadget, yakni IndiaToday.in, smartphone Realme 5 menawarkan hasil tangkapan gambar selfie yang cukup bagus. Akan tetapi, bila kita mengambil pendapat dari GadgetsNDTV, hasil tangkapan portrait dari kamera Realme 5 terlihat sedikit palsu atau kurang real.

Nah, terlepas dari perbedaan pendapat tersebut, kamu bisa pastikan dan uji coba langsung kualitas kamera selfienya di toko smartphone terdekat.


Kekurangan Realme 5 Smartphone

Setelah mengulas 6 kelebihan dari smartphone Realme 5 di atas, tentu rasanya kurang afdhal bila kita tidak mengupas sisi kekurangan Realme 5. Nah, agar kita lebih objektif dalam menilai, berikut kekurangan dari smartphone Realme 5. 

Kelebihan dan kekurangan realme 5


1. Tangkapan Kamera Low Light Tidak Maksimal

Pada poin ke5 di atas, kita telah menyebutkan bahwa salah satu kelebihan dari Realme 5 adalah hasil tangkapan kameranya yang baik. Akan tetapi perlu diketahui, penilaian di atas adalah bentuk penilaian secara umum terhadap sebuah kamera. 

Namun bila kita berbicara mengenai nilai atau kemampuan kamera dengan lebih spesifik, maka kita akan temukan bahwa kamera Realme 5 ternyata kurang maksimal, dalam menangkap gambar pada kondisi minim cahaya.

Penilaian ini pun diperkuat oleh pendapat GadgetsNDTV, di mana mereka menyebutkan (dengan makna yang lebih kurang) mode low light di smartphone Realme 5 penuh perjuangan.

Jadi, berdasarkan sumber literasi kami, untuk hasil tangkapan dengan kondisi minim cahaya, kamera Realme 5 kurang worth ini. Tapi bila kamu kurang yakin, kamu bisa coba langsung smartphone ini di toko smartphone di daerahmu.

2. Belum Support Teknologi Fast Charging

Smartphone Realme 5 telah dibekali kapasitas baterai yang cukup besar di kelasnya, yaitu 5.000 mAh. Namun sayangnya, kekurangan Realme 5 dengan meniadakan teknologi fast charging untuk saat ini, membuatnya terlihat sedikit kurang mantap.

Alhasil, bila kita hendak mengisi daya baterai di Realme 5 ini, waktu yang dibutuhkan menjadi sedikit agak lama, dibandingkan dengan smartphone berteknologi fast charging.

Menurut salah satu kanal gadget Android, waktu pengisian daya pada Realme 5 untuk mencapai full 100%, bisa memakan waktu hingga 2 jam lebih. 

Nah! Dari estimasi waktu ini, tentu teman-teman sudah mendapatkan gambaran ya. Apakah eksekusi Realme 5 tetap akan dilanjutkan atau tidak? Semua kembali pada selera kamu.

3. Belum Menggunakan Part USB Type C

Salah satu kekurangan Realme 5 yaitu terletak pada sistem konektivitasnya. Bila smartphone kekinian telah menggunakan teknologi USB Type C, berbeda dengan Realme 5 yang masih menggunakan port microUSB sebagai konektivitas kabelnya.

Meskipun masalah penggunaan USB Type C ini bukan sesuatu yang bersifat urgen, namun bagi sebagian pengguna, tidak supportnya USB Type C pada smartphone adalah sebuah kekurangan yang membuat penggunanya kurang sreg.

Oleh sebab itu, disini kami ingin sedikit menjelaskan mengenai tidak adanya USB Type C pada smartphone Realme 5, agar tidak terjadi kekecewaan setelah membelinya. 

Kelebihan dan kekurangan realme 5
Kelebihan dan kekurangan realme 5

Spesifikasi Realme 5 Smartphone

UMUM:

Diumumkan

Agustus, 2019

Jaringan

2G, 3G, 4G

SIM Card

Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

BODY:

Dimensi

164.4 x 75.6 x 9.3 mm

Berat

198 g

LAYAR:

Jenis

Layar sentuh kapasitif IPS LCD

Ukuran

6,5 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3+

Resolusi

720 x 1600 piksel, rasio 20:9 (~ kepadatan 269 ppi)

HARDWARE:

Chipset

Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)

CPU

Octa-core (4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver)

GPU

Adreno 610

MEMORY:

RAM

3 GB, 4 GB

Memori Internal

32/3 GB, 64/3 GB, 128/4 GB

Memori Eksternal

microSD, hingga 256 GB (slot khusus)

KAMERA UTAMA:

Jumlah Kamera

4

Resolusi

12 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP

Fitur

12 MP [f/1.8, (lebar), PDAF]

8 MP [f/2.2, 13mm (ultra lebar), 1/4", 1.12µm]

2 MP [f/2.4, 1/5", 1.75µm (kamera makro khusus)]

2 MP [f/2.4, 1/5", 1.75µm, sensor mendalam]

Fitur: Dual-LED flash, HDR, panorama

Video

2160p@30fps, 1080p@30/60/120fps, gyro-EIS

KAMERA SELFIE:

Jumlah Kamera

1

Resolusi

13 MP

Fitur

HDR, panorama

Video

1080p@30fps

KONEKTIVITAS:

Wlan

Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth

5.0, A2DP, LE

Infrared

-

NFC

-

GPS

A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS

USB

microUSB 2.0, USB On-The-Go

BATERAI:

Jenis

Li-Po

Kapasitas

5000 mAh tidak dapat dilepas

Wireless Charging

-

Fitur

Pengisian baterai cepat 10W

Fitur

OS (Saat Dirilis)

Android 9.0 Pie

Sensor

Fingerprint (dipasang di belakang), accelerometer, gyro, proximity, compass

3.5mm Jack

Ok

Warna

Crystal Purple, Crystal Blue

Lainnya

- Splash resistant

Kelebihan dan kekurangan realme 5
Kelebihan dan kekurangan realme 5

Kesimpulan

Secara umum, Realme 5 adalah smartphone yang cukup baik dan memiliki banyak kelebihan untuk ukuran smartphone di kelasnya. Namun dalam tinjauan beberapa poin, smartphone ini memiliki beberapa kekurangan yang sedikit mengganggu para pengguna, khususnya para generasi Z. 

Okelah, mungkin ini saja yang bisa kami bagikan terkait informasi gadget, yakni : kelebihan dan kekurangan Realme 5. Semoga informasi dan spesifikasi ini dapat bermanfaat dan membantu menjawab pertanyaan di benak kamu. Terima kasih dan sayonara. 

Baca tulisan kami lainnya mengenai kelebihan Samsung A10s dan Samsung A20s

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.