Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pengertian Tanggung Jawab, Jenis-jenis, Manfaat, dan Contoh-Contohnya

jelaskanpengertian.com - Pada pembahasan sebelumnya kita telah jelaskan pengertian norma, manfaat, jenis, dan contoh perilaku norma. Tentunya bila kita resapi dan amalkan, ada banyak sekali manfaat bagi diri kita pribadi dan orang lain tentunya. Adapun pada pembahasan kali ini, seperti yang sudah kita lihat bersama, penulis akan coba jelaskan pengertian tanggung jawab, lengkap dengan jenis-jenisnya, manfaat sikap bertanggung jawab, dan contoh perilaku bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.

Jelaskan pengertian tanggung jawab
Jelaskan pengertian tanggung jawab

Kami punya harapan, setelah membaca tulisan ini, kita semua dapat bersikap lebih bertanggung jawab atas setiap amanah yang telah kita terima. Khususnya buat diri penulis pribadi. Nah, untuk mempersingkat waktu, mari langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Tanggung Jawab

Bila kita membuka banyak sumber literasi, kita akan menemui banyak pengertian tanggung jawab berdasarkan versi si penulis. Akan tetapi, sekalipun terdapat banyak perbedaan dalam mendefinisikannya, seluruh arti tanggung jawab tersebut bermuara pada esensi yang sama, yaitu kesadaran diri. Lalu apakah yang dimaksud dengan tanggung jawab?

Tanggung jawab adalah suatu bentuk kesadaran diri yang menjadikan seseorang berani untuk menanggung atau menerima resiko sebuah permasalahan, untuk kemudian menyelesaikannya secara baik-baik. 

Dalam beberapa keadaan, sering terjadi bahwa sebuah permasalahan, ternyata terpaksa menjadi tanggung jawab pihak lain, yang seharusnya bukan menjadi tanggung jawabnya. Tentu saja, bila pihak tersebut tidak meridhoinya, hal ini adalah sebuah bentuk kezaliman dan memberikan dosa kepada pihak yang menghakimi. Oleh sebab itu, tatkala kita melakukan sebuah aktifitas, maka hendaklah bertanggung jawab hingga tugas kita selesai sesuai dengan kesepakatan.


Jenis-Jenis Tanggung Jawab

Sebagaimana jenis-jenis amanah, tanggung jawab juga memiliki klasifikasi atau jenis-jenisnya. Seperti apa? Daripada bingung simak aja jenis-jenis tanggung jawab yang telah kami rangkum di bawah ini.

1. Tanggung Jawab Kepada Tuhan Semesta Alam

Allah menciptakan manusia bukanlah tanpa tujuan, sebab sejatinya manusia Allah ciptakan adalah untuk beribadah kepadaNya. Manusia yang telah lahir ke muka bumi, tidaklah pada dirinya terdapat sebuah tanggung jawab yang disebut tanggung jawab kepada Tuhan semesta Alam. Tanggung jawab seorang hamba kepada Tuhan adalah seluruh syariat yang dibawa oleh baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, untuk dilaksanakan sebagaimana baginda Nabi telah contohkan.

Sholat adalah tanggung jawab seorang hamba, puasa adalah tanggung jawab seorang hamba, menjauhi dosa-dosa besar adalah tanggung jawab seorang hamba. Seluruh syariat yang ditetapkan kepada seorang muslim adalah tanggung jawabnya kepada Rabb semesta alam. Maka dari itu, jika ingin menilai seberapa besar tanggung jawab seseorang di dalam hidupnya, lihatlah bagaimana ia bertanggung jawab terhadap perintah-perintah Allah.

2. Tanggung Jawab Kepada Keluarga

Setelah tanggung jawab kepada Tuhan, berikutnya adalah tanggung jawab kepada keluarga. Apa itu tanggung jawab kepada keluarga? Tanggung jawab kepada keluarga adalah bentuk tanggung jawab yang meliputi sendi-sendi di dalam sebuah keluarga, seperti: menjaga nama baik keluarga, menjamin kesejahteraan anggota keluarga, merawat anggota keluarga, dan memberi perhatian serta kasih sayang secara adil, sebagaimana perintah Allah untuk berperilaku adil.

Dalam hal ini, seseorang yang bertindak atau bertingkah laku tanpa menimbang tanggung jawab kepada keluarga, umumnya akan mengorbankan banyak hal terkait keluarganya itu sendiri. Bukan hanya membawa rasa malu kepada keluarga, tindakan yang ia lakukan tersebut bahkan dapat menghancurkan keluarga itu sendiri.

3. Tanggung Jawab Kepada Diri Sendiri

Diantara jenis-jenis tanggung jawab, salah satunya adalah tanggung jawab kepada diri sendiri. Lebih bersifat personal, tanggung jawab kepada diri sendiri adalah bentuk tanggung jawab yang sepenuhnya direalisasikan atas dasar kesadaran diri, untuk menanggung, menjaga atau menunaikan suatu kewajiban diri. Tujuan utamanya adalah menyelesaikan seluruh permasalahan yang ditimbulkan oleh diri sendiri, demi tercapainya kenyamanan hidup, harga diri, dan nilai moral.

Seseorang yang penuh tanggung jawab atas dirinya, biasanya akan terlihat lebih berwibawa dan memiliki kesan positif di mata masyarakat. Itu sebabnya, penting bagi kita untuk memelihara rasa tanggung jawab diri, yang di mana hal tersebut akan membawa dampak baik bagi diri kita sendiri.

4. Tanggung Jawab Kepada Masyarakat

Kita tentu telah menyadari bersama bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat bertahan hidup di dunia tanpa bantuan orang lain. Kaitan tanggung jawab dalam hal ini yaitu tentang bagaimana kita menjaga kebersihan lingkungan kita, menciptakan suasana yang aman, menjaga ketentraman, dan menjadikan lingkungan tempat dimana kita tinggal senantiasa kondusif. Inilah yang dimaksud dengan tanggung jawab kepada masyarakat.


Manfaat Tanggung Jawab

Setelah memahami pengertian tanggung jawab dan jenis jenis tanggung jawab, berikutnya yang perlu diperhatikan adalah memahami apa saja manfaat dari sikap tanggung jawab. Nah, berikut di bawah ini telah kami susun untuk para teman pelajar, beberapa manfaat yang tentu akan kita peroleh, bila kita menjadi pribadi yang penuh rasa tanggung jawab, berikut selengkapnya.

1. Mendapatkan Kepercayaan Orang Lain

Seseorang yang dikenal sebagai sosok bertanggung jawab umumnya akan mendapatkan kepercayaan tinggi di mata masyarakat. Seorang yang bertanggung jawab diyakini mampu menyelesaikan kewajiban dengan baik, dan dapat dipercaya bila diberi amanah.

2. Dihormati Oleh Orang Lain

Diantara manfaat tanggung jawab lainnya yaitu dihormati oleh orang lain. Seorang yang bertanggung jawab biasanya memiliki wibawa dan harga diri tinggi di mata masyarakat, yang menjadi faktor seseorang tersebut dihormati di masyarakat.

3. Mendapatkan Jaringan atau Koneksi

Diantara manfaat yang tentu kita dapatkan bila memelihara rasa tanggung jawab adalah kemudahan mendapatkan jaringan atau koneksi. Baik itu koneksi untuk pendidikan, hingga koneksi dalam hal urusan bisnis. 

4. Membentuk Karaktek Disiplin

Membiasakan diri untuk bertanggung jawab atas sebuah kewajiban akan membentuk karaktek disiplin pada diri seseorang. Di mana karakter disiplin tersebutlah yang akan membawa kehidupan seseorang menjadi lebih baik lagi.


Contoh-Contoh Tanggung Jawab

Ada banyak sekali contoh tanggung jawab di dunia ini. Karena pada dasarnya tanggung jawab selalu melibatkan unsur kegiatan manusia. Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh tanggung jawab yang mungkin dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

1. Menjaga kebersihan tubuh dengan mandi

2. Mengerjakan PR (Pekerjaan Rumah) sesuai dengan aturan yang berlaku

3. Mengerjakan sholat 5 waktu bagi yang muslim

4. Membersihkan tempat tinggal atau lingkungan sekitar

5. Mengerjakan atau menunaikan tugas kebersihan sekolah (piket kebersihan)

6. Mengikuti seluruh kegiatan wajib sekolah

7. Mengikuti siskamling sesuai jadwal untuk menjaga keamanan

8. Gotong royong membersihkan saluran air

9. Masuk ke kelas atau kantor dengan tepat waktu (tidak terlambat)

10. Tidak pulang dari kantor atau tempat kerja sebelum memasuki waktunya.


Kesimpulan

Rasa tanggung jawab adalah sebuah sifat yang hendaknya dimiliki oleh setiap orang. Sebab sifat tersebutlah yang menjadikan sesuatu menjadi lebih baik lagi, sebagaimana manfaat tanggung yang telah kita jelaskan di atas. 

Demikianlah, kami telah coba jelaskan pengertian tanggung jawab kepada teman-teman, sekaligus contoh tanggung jawab dan manfaatnya. Semoga uraian singkat dari kami ini dapat bermanfaat, dan mampu membangun kesadaran kita untuk lebih bertanggung jawab atas kewajiban yang kita emban. Terima kasih atas partisipasi dan waktunya, sampai jumpa di penjelasan kami yang lainnya. Salam.

Baca juga tulisan kami lainnya, seputar pengertian jujur, pengertian adil, dan pengertian halalan Thayyiban

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Pengertian Tanggung Jawab, Jenis-jenis, Manfaat, dan Contoh-Contohnya"