Jelaskan Pengertian Jujur, Ciri-ciri, Manfaat, dan Contoh-contohnya

sedang mencari tentang jelaskan pengertian jujur, maka di sini Anda akan mendapatkan jawabannya. Karena seperti judul yang telah teman-teman lihat, ka

Balik lagi di kanal informasi seokilat.com. Bagi teman-teman yang sedang mengerjakan tugas sekolah, dan sedang mencari tentang jelaskan pengertian jujur, maka di sini Anda akan mendapatkan jawabannya. Karena seperti judul yang telah teman-teman lihat, kali ini kita akan membahas tentang apa itu jujur, ciri-ciri orang jujur, manfaat jujur, dan contoh sikap jujur. Jadi, bila teman sedang mencari materi pembahasan tentang kejujuran, halaman ini akan menjawab kebutuhan informasi teman-teman.

Jelaskan pengertian jujur
Jelaskan pengertian jujur


Pengertian Jujur

Dalam memaknai jujur atau kejujuran, tentu ada banyak versi dari sisi penggunaan frasa. Namun secara umum, keseluruh pengertian jujur tersebut berpusat pada satu definisi, yaitu tidak adanya kebohongan. Lalu, apa pengertian jujur itu? Jujur adalah sebuah karakter moral yang bersifat positif, dalam bentuk perilaku berterusterang, tanpa adanya kebohongan, murni, dan apa adanya.

Seorang dapat dikatakan jujur, tatkala ia tidak mencampurkan kedustaan dalam ucapan dan perbuatannya.


Pengertian Jujur Dalam Islam

Pengertian jujur dalam Islam yaitu engkau mengucapkan kebenaran yang ada dan ucapan tersebut selarasnya dengan kenyataan yang sebenarnya. Dalil atas pengertian ini diambil dari Alquran surah Attaubah ayat 119, dimana Allah ‘Azza wa Jalla berfirman (yang artinya):

“Dan bergabunglah bersama orang-orang yang jujur dalam keimanan, ucapan, dan perbuatannya. 

Dalam Islam, seseorang yang jujur akan senantiasa berada di dalam ketenangan, sebagaimana lawan dari kedustaa. Orang-orang yang kerap melakukan kedustaan akan selalu merasa tidak tenang, dan dihantui oleh rasa bersalah.


Pengertian Jujur Menurut Para Ahli

Pengertian jujur menurut para ahli di sini yaitu definisi yang kita anggap telah valid. Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa lihat di bawah ini.

1. Dharma Kesuma dan Kawan-Kawan

Menurut Dharma Kesuma dan Kawan-Kawan, pengertian jujur adalah sebuah keputusan yang ada pada diri seseorang untuk mengungkapkan perasaannya (atau isi hatinya-pen), kata-katanya, serta perbuatannya.

Itu artinya, seorang yang jujur akan mengungkapkan kebenaran yang ada, dan tidak akan melakukan manipulasi untuk keuntungan dirinya, maupun orang lain.


2. Mohamad Mustari

Salah seorang penulis buku dan jurnal artikel, yaitu Mohamad Mustari menjelaskan pengertian jujur yaitu perilaku manusia yang di dasari kepada usaha untuk menjadikan dirinya sebagai orang (sosok-pen) yang bisa dipercaya (baik-pen) dalam perkataan, pekerjaan, dan tindakan.

Seseorang yang jujur, akan selalu mengutamakan kebenaran fakta, tanpa menghiraukan dampak terhadap dirinya, maupun orang lain.


3. Benjamin Franklin

Salah seorang Bapak pendiri Amerika Serikat yakni Benjamin Franklink menyebutkan sebuah pepatah perihal kejujuran. Ia berkata: Kejujuran adalah kebijakan yang terbaik.


4. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Adapun pengertian jujur di dalam kamus besar bahasa Indonesia, terdiri dari beberapa makna singkat, seperti: tulus, tidak curang, tidak berbohong, lurus hati, dan ikhlas. Hanya saja, penggunaan makna jujur dalam KBBI ini sangat terikat pada kondisi tertentu. Sehingga tidak dapat diletakkan pada seluruh keadaan.


Ciri-Ciri Orang Jujur

Kejujuran adalah sebuah karunia dari Allah, yang diberikan kepada hamba-hambaNya yang bertaqwa. Berdasarkan pengalaman, orang-orang jujur biasanya memiliki ciri-ciri umum yang biasanya dapat kita kenali dalam keseharian. Berikut di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri orang jujur yang bisa kita amati secara langsung.

1. Orang jujur selalu berkata apa adanya

2. Orang jujur sangat membenci kedustaan/kebohongan

3. Orang jujur tidak suka berpura-pura

4. Mereka mampu berlapang dada menerima kelebihan dan kekurangan orang lain

5. Mereka adalah orang yang amanah terhadap tanggungjawabnya

6. Orang jujur tidak suka membohongi orang lain, bahkan terhadap diri sendiri

7. Mereka tidak suka mengambil sesuatu yang bukan haknya dan tidak ingin merugikan orang lain


Manfaat Jujur

Jujur adalah salah satu sikap terpuji, yang tidak setiap orang dapat memilikinya. Keistimewaan jujur tersebut pun telah membawa dampak yang sangat besar bagi individu yang berpegang teguh kepadanya. Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat jujur yang akan kita peroleh, ketika berpegang teguh atasnya.

1. Hati yang lebih tenang dan damai

2. Senantiasa mendapatkan perhatian positif, baik itu empati maupun simpati.

3. Merefleksikan kebaikan yang sangat besar, baik bagi orang lain, lebih-lebih kepada diri sendiri.

4. Terjaga dari hal-hal yang buruk, khususnya yang terkait dengan kedustaan.

5. Merubah diri menjadi sosok yang lebih amanah dan memegang teguh tanggung jawab.

6. Dipercaya oleh banyak orang.

7. Dijauhkan dari circle manusia munafik.

Jelaskan pengertian jujur
Jelaskan pengertian jujur


Contoh Sikap Jujur

Menimbang betapa pentingnya perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari, maka penting untuk kita ajarkan kepada anak didik kita, tentang contoh-contoh sikap jujur kepada mereka. Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh sikap jujur sederhana, yang mungkin kita ajarkan kepada anak-anak.

1. Tidak berbohong kepada orang tua, saudara, guru, dan teman-teman.

2. Jika menemukan barang di jalan, segera kembalikan kepada yang berhak. Bila tidak menemukan, laporkan kepada pihak berwajib, misal : polisi.

3. Ketika melakukan sebuah kesalahan, maka akuilah dan jangan berdusta

4. Kerjakan tugas sekolah dengan kemampuan sendiri, bukan kemampuan orang lain, ibu misalnya.

5. Mengambil jumlah gorengan sesuai dengan uang yang kita berikan kepada penjaga kantin

6. Tidak berbuat curang saat bermain.


Kesimpulan

Memahami pengertian jujur di atas, mengenali manfaatnya, dan mempraktekkan contoh sikap jujur, akan membawa seseorang kepada kehidupan yang lebih baik, baik untuk dunia, lebih-lebih kehidupan akhirat bagi seorang muslim. 

Mungkin demikian saja pembahasa kita kali ini mengenai pengertian jujur, ciri-ciri orang jujur, manfaat jujur, dan contoh sikap jujur. Semoga membantu teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah, dan membawa manfaat bagi kehidupan nyata kita. Mari bangun Indonesia dengan sikap dan perilaku jujur di tengah masyarakat. Bye!

Baca juga tulisan kami mengenai pengertian hari kiamat dan pengertian halalan thayyiban lengkap dengan dalil-dalil pendukungnya yang menambah wawasan dan pengetahuan teman-teman. 

Pelajari juga materi terkait pengertian ruang dan interaksi antar ruang dan jenis-jenisnya.