Widget HTML Atas

Baca Kelebihan dan Kekurangan Realme 5 Pro Sebelum Membeli!

seokilat.com - Bismillah, balik lagi bro di kanal gadget seokilat. Sebelumnya kita udah jelasin yah kelebihan dan kekurangan dari Realme 5. Nah, adapun pada artikel kali ini, kita akan jelasin generasi penerus dari Realme 5, yaitu Realme 5 Pro.

Kelebihan dan kekurangan Realme 5 pro
Kelebihan dan kekurangan Realme 5 pro
Seperti apa perbedaannya? Satu hal yang pasti, penyematan kata “Pro” di depan produk Realme ini menunjukkan bahwa ada sesuatu yang baru. Seperti apa itu? Cek aja selengkapnya di bawah ini.

Ohiya, baca juga tulisan kami lainnya mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung M30s dan Samsung A10s. Nah! Daripada kelamaan, yuk langsung saja cermati perbedaan antara Realme 5 dan Realme 5 Pro di bawah ini.

Kelebihan Realme 5 Pro

Pada tulisan yang lalu, kita telah jelaskan setidaknya ada 6 kelebihan Realme 5. Adapun pada Realme 5 Pro, setidaknya kita bisa menemukan 8 kelebihan di dalamnya. Apa saja itu?

1. Desain yang Menarik dan Berseni

Realme 5 Pro dikemas dengan sangat menarik bergaya khas ala Kristal desain. Sehingga, kesan premium dan elegan dari Realme 5 Pro dapat terpancar lebih baik dibanding dengan Realme 5.

Bila kita mengutip pendapat dari gsmarena.com, mereka menyebutkan bahwa Realme 5 Pro didesain dengan sangat menawan, (terlebih-red) desain body belakang Realme 5 Pro ini mampu memantulkan cahaya yang berbeda-beda (disebabkan efek style Kristal - red).

Kelebihan dan kekurangan Realme 5 pro
Kelebihan dan kekurangan Realme 5 pro
Dengan style Kristal pada body belakang Realme 5 Pro, kamu akan menemukan keindahan seni yang lebih, dibandingkan dengan Realme 5 biasa. Nah, bila kamu yang sebelumnya berniat membeli Realme 5 standar, kemudian dibatalkan karena kurang joss dengan desainnya, mungkin kali ini kamu bisa tinjau langsung.

Karena ada yang beda dari desain baru Realme 5 Pro kali ini.

2. Tahan Terhadap Godaan Mantan Cipratan Air

Sama seperti smartphone Realme 5 (versi awal), smartphone Realme 5 Pro tentu juga mendukung fitur yang tahan terhadap godaan mantan, eh maksud terhadap cipratan air. Realme 5 Pro didesain dengan sangat apik, sehingga setiap part penting yang terdapat di dalamnya, dirancang dengan fitur anti kelembaban.

Adapun part-part yang dilindungi dengan anti kelembaban, seperti : speaker, celah bingkai, panel, port, celah audio, serta slot card dan tombol eksternal.

Mengenai proses anti kelembaban ini, Realme 5 Pro menerapkan segelisasi celah, dengan mengandalkan gasket karet, cincin karet, dan kombinasi lem khusus. Dengan rangkaian amanisasi dari Realme, smartphone Realme 5 Pro ini in syaa Allah akan tahan terhadap cipratan air. Meskipun secara sertifikasi, smartphone ini belum mendapatkan IP rating.

3. Memiliki Kapasitas Baterai yang Lumayan

Salah satu keunggulan atau kelebihan Realme 5 Pro adalah kapasitas baterai yang dimilikinya. Benar sih, bila kita bandingkan dengan Realme 5 awal, kapasitas baterai di Realme 5 Pro terjadi penurunan. Akan tetapi, bila kita tinjau dari aspek kapasitas baterai secara umum, arus 4.035 mAh yang dimiliki oleh Realme 5 Pro, sudah cukup baik dan diatas rata-rata smartphone pada umumnya.

Di mana kita tahu, umumnya kapasitas baterai smartphone kelas low end saat ini berada di 4.000 mAh. Oleh sebab itu, cukup pantaslah bila kita katakan bahwa salah satu kelebihan Realme 5 Pro ini adalah kapasitas baterainya yang lumayan.

Kelebihan dan kekurangan Realme 5 pro
Kelebihan dan kekurangan Realme 5 pro

Apalagi, menurut salah satu kanal gadget di Indonesia, smartphone Realme 5 Pro ini dapat bertahan melakukan calling hingga 26 jam lebih. Jadi, buat kamu yang melirik Realme 5 Pro sebagai salah satu kandidat gadget, kami rasa smartphone ni cukup worth it. 

4. Dibekali Teknologi Fast Charging

Selain memiliki kapasitas baterai yang lumayan, ternyata Realme 5 Pro juga mendukung teknologi fast charging. Sehingga secara umum, proses pengisian baterai pada smartphone ini akan berlangsung lebih singkat dari smartphone pada umumnya.

Sedikit informasi, teknologi fast charging pada Realme 5 Pro ini, sebenarnya mengadopsi VOOC 3.0 yang merupakan teknologi milik OPPO. 

Bukan menggunakan pengisi daya 15W, smartphone Realme 5 Pro telah mendukung pengisian kekuatan daya 20W. Sehingga, proses charging akan memakan waktu yang lebih singkat dan tentunya meningkatkan efisiensi penggunaan smartphone.

Diperkirakan, smartphone Realme 5 Pro mampu menyuplai arus hingga sebanyak 50%, hanya dalam waktu setengah jam saja. Jadi, buat kamu yang sangat suka dengan kecepatan charging baterai, sepertinya smartphone ini akan sangat cocok dengan style kamu.

5. Mendukung USB Type-C

Bila kita melihat kekurangan Realme 5 yang lalu, tentu kita telah menyadari bahwa salah satu kelemahan pada Realme 5 lawas adalah tidak adanya, atau tidak memiliki support terhadap sistem konektivitas USB Type-C. 

Nah! Pada edisi kali ini, Realme telah melakukan sebuah inovasi kecil terhadap Realme 5 lama. Sehingga generasi penerusnya, yakni Realme 5 Pro telah mendukung sistem konektivitas USB Type-C.

Jadi, bila sebelumnya kamu mengurungkan niat membeli smartphone Realme 5 dikarenakan tidak adanya sistem USB Type-C, kali ini Realme 5 Pro telah menyempurnakan diri dengan dukungan port USB Type-C.

6. Kamera Utama yang Lumayan Apik

Realme 5 Pro telah dibekali kamera utama, yang bisa dibilang memiliki spesifikasi yang sangat apik, untuk ukuran smartphone di kelasnya. Adapun spesifikasi dari kamera utamanya secara keseluruhan, yaitu terdiri dari; 48 MP yang berfungsi sebagai lensa utama, dengan dukungan sensor Sony IMX 586, pada bukaan lensa f/1.8.

Kemudian, kamera 8 MP yang berfungsi sebagai ultrawide, kamera 2 MP yang berfungsi sebagai efek bokeh, dan kamera 2 MP yang berfungsi sebagai kamera makronya.

Kelebihan dan kekurangan Realme 5 pro
Kelebihan dan kekurangan Realme 5 pro

Menurut gsmarena.com, hasil tangkapan dari Realme 5 Pro terbilang cukup bagus. 

Dengan tangkapan kamera 48 MP, Realme 5 Pro mampu menghasilkan gambar dengan detail yang sangat baik dan memiliki tingkat noise yang cukup rendah. Jadi bisa kita katakan, salah satu kelebihan Realme 5 Pro terbaru ini yaitu terletak pada kualitas kamera yang dimilikinya.

7. Memiliki Layar yang Cukup Lega

Meski terbilang mengalami penurunan untuk ukuran layar. Smartphone Realme 5 Pro masih tergolong sebagai smartphone yang memiliki ukuran layar cukup lega. Realme 5 Pro telah dibekali layar 6,3 inci, dengan resolusi 1080 x 2340 px, dan kerapatan layar hingga 409 ppi.

Bukan hanya memiliki layar yang berkualitas, Realme 5 Pro juga telah dibekali Corning Gorilla Glass. Jadi, kamu ga perlu terlalu khawatir dengan goresan, karena sudah ada pelindungnya.

Dengan spesifikasi layar ini, kamu dijamin akan mendapatkan visualisasi dengan sangat baik, tajam, serta memiliki responsivitas dengan sangat apik. 

Kelebihan dan kekurangan Realme 5 pro
Kelebihan dan kekurangan Realme 5 pro

Dari hasil evolusi ini, kami memperkirakan bahwa Realme 5 Pro mampu menawarkan pengalaman pengguna lebih baik, dari generasi sebelumnya, yaitu smartphone Realme 5.

8. Memiliki Performa yang Cukup Baik di Kelasnya

Salah satu kelebihan Realme 5 Pro lainnya adalah penilaian performa. Bila kita merujuk pada estimasi performa AnTuTu, kita akan mendapatkan taksiran skor Realme 5 Pro berada pada angka 182765. Di mana performa ini bahkan jauh lebih baik, bila kita bandingkan dengan Realme 5 standar, dan Redmi Note 7 Pro.

Dengan performa ini, Realme 5 Pro diperkirakan mampu menjalankan task yang cukup berat, tanpa harus mengalami lagging seperti smartphone middle end pada umumnya. Dan ini sebenarnya sangat masuk akal, sebab bila kita meninjau dari spesifikasi chipset, Realme 5 Pro telah dibekali Snapdragon 712 dengan fabrikasi 10 nm. 

Jadi, bila kamu adalah salah satu pengguna smartphone type hard, spesifikasi dari Realme 5 Pro ini sepertinya cocok buat kamu.

Itulah beberapa kelebihan Realme 5 Pro yang bisa kami jelaskan. Berikutnya adalah beberapa kekurangan Realme 5 Pro yang mungkin sedikit mengganggu ketertarikanmu.

Kelebihan dan kekurangan Realme 5 pro
Kelebihan dan kekurangan Realme 5 pro

Kekurangan Realme 5 Pro Smartphone

Setelah mengetahui kelebihan apa saja yang dimiliki oleh Realme 5 Pro, tentu akan lebih afdhal bagi kita, bila mengetahui apa saja kekurangan Realme 5 Pro pula. Sehingga, ketika kita dituntut untuk memilih mana yang terbaik, kita dapat lebih bijak karena mampu menilai secara objektif. Apa saja kekurangannya?

1. Audio System Biasa Saja

Salah satu kekurangan Realme 5 Pro yang dapat kita identifikasi adalah kualitas speaker atau audio system yang terlalu biasa. Menurut salah satu sumber literasi kami, kualitas audio yang dihasilkan oleh Realme 5 Pro tidak terlalu kenceng. 

Sehingga, nilai realistik audio bagi para penikmatnya terasa kurang nyata, karena powernya yang tidak terlalu kuat. Jadi, bila kamu adalah tipe user yang mengedepankan kualitas audio, sepertinya Realme 5 Pro kurang memenuhi ekspektasimu, untuk urusan kualitas audio system.

2. Layar yang Masih non-AMOLED

Salah satu yang menjadi kekurangan Realme 5 Pro adalah layar yang digunakan masih belum AMOLED. Efek yang ditimbulkan dari layar non-AMOLED ini salah satunya ialah tidak supportnya smartphone untuk melakukan sensor sidik jari pada layar.

Karena sebagaimana kita ketahui, sensor sidik jari pada layar hanya bekerja pada smartphone yang dibekali dengan layar tipe AMOLED. 

Terlepas dari tipe layar yang belum AMOLED, kamu masih tetap dapat menikmati Realme 5 Pro sambil makan pisang MOLEN.


Spesifikasi Realme 5 Pro Smartphone

  • Produk: Realme 5 Pro
  • Publish: September 2019
  • Berat: 184 gram (g)
  • Material: kaca (depan), plastik (bodi)
  • Jenis dan Ukuran Layar: IPS 6,3 inci
  • Resolusi Layar: Full HD+ 1.080 x 2.340 pixels, rasio 19.5:9
  • Pelindung Layar: Gorilla Glass 3+
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 712 (10 nm)
  • Prosesor: Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver)
  • RAM: 4 GB, 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Kamera Belakang: 48 MP (lensa wide, f/1.8, PDAF) + 8 MP (lensa ultrawide, 13 MP, f/2.2) + 2 MP (lensa makro, 2 MP, f/2.4) + 2 MP (depth sensor)
  • Kamera Depan: 16 MP, f/2.0, 1/3.1″, 1.0┬Ám
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • USB: 2.0 Type-C 1.0 (mendukung USB On-The-Go)
  • Sensor: Fingerprint (belakang), accelerometer, proximity, compass
  • Baterai: 4.035 mAh (20W)
  • Harga (Berbeda-beda tiap toko) : Rp 2.799.000

Mungkin itu saja kelebihan dan kekurangan Realme 5 Pro yang bisa kami hadirkan pada kesempatan kali ini. Semoga spesifikasi yang kami hadirkan bisa bermanfaat dan memberi gambaran bagi kamu, tentang kondisi dari smartphone Realme 5 Pro.

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.