Widget HTML Atas

Apa Kelebihan dan Kekurangan Realme 5S ini Sudah Kamu Baca?

Kelebihan dan kekurangan Realme 5S
Kelebihan dan Kekurangan Realme 5S

Kelebihan dan kekurangan Realme 5S

Berbicara mengenai Realme 5 Series, rupanya brand yang satu ini bukan hanya menelurkan Realme 5 dan 5 Pro saja. Ternyata Realme juga memproduksi Realme 5s. Sudah tahu apa saja kelebihan dan kekurangan Realme 5s? Kalau belum, disini nih kita akan jelaskan semuanya, yang dapat membantu kamu memahami, seperti apa Realme 5s ini.

Tapi sebelum lanjut, kamu udah tahu belum kelebihan Realme 5 Pro dan Realme 5I? kalau belum, kamu bisa baca informasi seputar gadget dan teknologi di blog ini yah. Yaudah, daripada kelamaan, mending kita langsung aja masuk ke pembahasan utama kita di bawah ini. Selamat membaca!

Kelebihan Realme 5s

Mengutip dari salah satu kanal gadget informasi, setidaknya kita dapat menemukan 6 kelebihan dari smartphone Realme 5s ini. Apa saja itu? Berikut selengkapnya

Kelebihan dan kekurangan Realme 5S
Kelebihan Realme 5S

1. Dirancang Dengan Desain Simpel dan Solid

Desain Realme 5s dirancang dengan bobot yang sama persis dengan saudaranya, yaitu Realme 5 - seberat 198 gr. Bahkan bukan hanya dari sisi bobot, ukuran atau dimensi dari Realme 5s juga sama dengan Realme 5, yaitu 164,4 x 75,6 x 9,3 mm.

Nah, sebagaimana Realme 5, kesan dan sensasi body solid sangat akan sangat terasa ketika kita menggenggam smartphone ini.

Bila kita amati dengan seksama dan melakukan komparasi dengan Realme 5, tidak ada perubahan yang mencolok pada desain Realme 5s. Secara umum masih sama, dimana desain Realme 5s masih bergaya cutting diamond, dan body yang terbuat dari bahan dasar polikarbonat.

Meskipun tidak ada inovasi yang mencolok, secara umum desain yang ditawarkan Realme 5s cukup baik dan cukup simple kami rasa. 

2. Dirancang Tahan Terhadap Percikan Air

Sama persis seperti Realme 5, kelebihan Realme 5s juga terletak pada desain rancangnya yang mampu menahan percikan air. Realme 5s menggunakan teknologi multi-layer, guna menahan kelembaban yang mungkin masuk melalui slot SIM, celah audio, charger, dan celah-celah lainnya.

Kelebihan dan kekurangan Realme 5S
Kelebihan Realme 5S

Jadi bisa dibilang, rancang desain dari Realme 5s cukup oke untuk ukuran smartphone di kelasnya. Desain solid, ditambah anti kelembaban yang mampu menahan percikan air. Gimana kira-kira, tertarik dengan spek Realme 5s? Langsung aja gan meluncur ke dealer Realme terdekat.

3. Dibekali Baterai Dengan Power 5.000 mAh

Masih sama dengan smartphone Realme 5, kelebihan Realme 5s lainnya yaitu daya baterai yang dimilikinya. Smartphone ini dibekali baterai dengan arus 5.000 mAh yang dijamin cukup kuat memenuhi kebutuhan smartphone kamu. 

Bila kita mengutip data informasi dari beberapa channel gadget, ada sedikit perbedaan informasi terkait kemampuan dari baterai Realme 5s. Namun secara umum, smartphone ini diperkirakan mampu bertahan selama 24 jam lebih untuk kondisi pemakaian berat.

Kelebihan dan kekurangan Realme 5S
Kelebihan Realme 5S

Akan tetapi, penilaian kemampuan baterai ini sangat relatif yah teman-teman. Ada banyak hal yang perlu ditinjau, salah satunya jumlah aplikasi yang berjalan pada smartphone tersebut. Karena semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka akan semaki singkat pula durasi penggunaan baterai.

4. Dipersenjatai Chipset Snapdragon 665

Salah satu kelebihan Realme 5s ada dukungan chipset Snapdragon 665. Sebagaimana kita ketahui, chipset Snapdragon 665 memiliki kinerja yang cukup baik, dengan dukungan Kyro 260 Quad Core .02.0 GHz, dan Kyro 260 Quad Core 1.8 GHz. Kedua core ini membagi tugas sebagai performa smartphone dan mengatur efisiensi daya. Adapun yang bertugas sebagai pengolah grafis yaitu GPU Adreno 610.

Lalu min, bagaimana kinerja performa chipset Snapdragon 665? 

Kelebihan dan kekurangan Realme 5S
Kelebihan Realme 5S

Bila kita merujuk pada data AnTuTu 7, smartphone Realme 5s mampu meraih skor performa sebesar 139103. Di mana skor ini tergolong kecil, bila kita bandingkan dengan Realme 5 Pro. Untuk skor performa, Realme 5 Pro bahkan mampu mencapai angka 182765, di atas dari Realme 3 Pro yang memiliki skor 155647.

Bisa dibilang, performa dari Realme 5s cukup worth it lah untuk smartphone di kelas 2 jutaan. 

5. Dibekali Kamera Belakang 48 MP AI

Realme 5s telah dibekali 4 kamera belakang untuk mendukung jepretan yang berkualitas. Adapun detail kamera tersebut yaitu, lensa 48 MP yang berfungsi sebagai kamera utama, kemudian lensa 8 MP yang berfungsi sebagai ultra-wide, dan lensa 2 MP yang berfungsi sebagai kamera makro, serta lensa kedua 2 MP yang bertugas sebagai pemberi efek bokeh.

Kelebihan dan kekurangan Realme 5S
Kelebihan Realme 5S

Adapun terkait bukaan lensa, untuk kamera 48 MP bukaannya f/1.8 yang telah mendukung PDAF. Kemudian untuk lensa 8 MP bukaannya f/2.2. Lalu lensa 2 MP yang berfungsi sebagai depth sensor f/2.4. 

Secara umum, kelebihan Realme 5s telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan bila kita bandingkan dengan Realme 5 standart. Tapi semua kembali lagi pada kekuatan kantong. Sekeren apapun Realme 5s kalau kantong gak kuat, yah jangan dipaksain ndro..

6. Dibekali Kamera Depan 13 MP

Bila kamu telah membaca ulasan mengenai Realme 5 sebelumnya, kamu akan dapati bahwa kelebihan Realme 5s bila ditinjau dari aspek kamera selfie, memiliki kesamaan yang benar-benar klop. Maksudnya yaitu, kedua smartphone ini sama-sama memiliki kamera selfie 13 MP.

Tapi yang sedikit membingungkan, beberapa literature gadget menyebutkan berulang kali, meskipun kamera yang ditawarkan Realme 5s yaitu 13 MP, namun hasil jepretannya akan tersimpan dalam ukuran 8 MP.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 5S
Kelebihan Realme 5S

Entah apapun itu, secara umum kamera dari Realme 5s ini terbilang cukup baik. Namun bila kamu masih penasaran bagaimana kemampuan kamera Realme 5s sebenarnya, kamu bisa langsung terbang ke toko terdekat. Kemudian tanya mba-mbanya, boleh ga ngetes kamera Realme 5s. 

Itu aja bro kelebihan Realme 5s yang bisa babang bagikan. Yah kalau dirasa masih kurang greget, cob abaca juga kekurangan Realme 5s di bawah ini.

Kekurangan Realme 5s

Setelah menimbang kelebihan dari Realme 5s di atas, tentu akan lebih baik bila kamu juga mengetahui sisi kelemahan atau kekurangan Realme 5s. Apa saja kelemahannya? Berikut selengkapnya

1. Belum Support Teknologi Fast Charging

Salah satu kelemahan atau kekurangan Realme 5s yaitu belum mendukung teknologi pengisian cepat. Benar! Kapasitas baterai yang besar sangat membantu pengguna dalam mendapatkan endurance. Akan tetapi, bila kapasitas baterai tersebut tidak didukung dengan teknologi fast charging, yang terjadi adalah proses pengisian baterai akan cenderung menghabiskan waktu.

Kondisi ini persis dialami oleh Realme 5s. Charger yang dimiliki oleh smartphone Realme 5s ternyata hanya berdaya 10 W saja. Itu artinya, proses pengisian baterai akan terasa lebih lama, bila dibandingkan dengan charger 15 W.

Mengutip dari salah satu kanal gadget, proses pengisian baterai pada smartphone Realme 5s bisa memakan waktu hingga 2 jam lebih lamanya.

2. Belum Support USB Type-C

Kekurangan Realme 5s lainnya adalah smartphone ini belum support sistem konektivitas USB Type C. Itu artinya, smartphone ini masih menggunakan port microUSB sebagai konektivitas kabelnya. 

Sebenarnya sih menurut babang pribadi, hal ini bukan masalah yang besar. Namun bagi sebagian pengguna yang menuntut kesempurnaan, tidak supportnya sistem konektivitas USB Type C bisa menjadi celah yang cukup besar untuk membatalkan pembelian. 

3. Kualitas Layar Masih Belum Full HD

Realme 5s memang cukup baik, karena telah dibekali corning Gorilla Glass. Akan tetapi itu saja tentu tidak cukup yah. Pasalnya, layar dari Realme 5s ternyata masih IPS LCS 6,5 inci dan resolusi 720 x 1600 px. Benar sekali! Dari ukuran pixel ini kita dapat mengukur, bahwa layar yang ditawarkan oleh smartphone Realme 5s masih tergolong HD tok.

Kelebihan dan kekurangan Realme 5S
Kekurangan Realme 5S

Hal ini tentu merupakan sebuah kekurangan, bila kita bandingkan dengan smartphone lain di kelasnya. Sebut saja smartphone Redmi Note 8 yang harganya di bawah Realme 5s, smartphone tersebut faktanya telah dibekali layar dengan resolusi yang sudah Full HD.

Makanya, bila kamu merasa harga Realme 5s kemahalan karena belum menawarkan layar Full HD, sepertinya kamu harus piker-pikir dahulu, bila ingin mengeksekusinya.

Penutup

Dalam membeli sebuah smartphone, bijaknya adalah kita menentukan terlebih dahulu, untuk apa smartphone yang akan kita hendak beli. Pertimbangan banyak aspek, seperti: kesesuaian budget, fungsional, dan desain. 

Nah! Bila dari semua hal tersebut cocok, barulah kamu bisa langsung tinjau ke toko, dan melihat langsung keadaannya. 

Mungkin ini saja coretan babang kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 5S. Semoga bermanfaat dan memberi kamu arahan dalam mengambil tindakan tepat sebelum membeli smartphone.

Pelajari Lagi : Kelebihan dan Kekurangan Realme c3

Disclaimer: informasi dalam artikel ini dikumpulkan dari beberapa kanal gadget. Kami tidak menguji smartphone secara langsung.

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.