Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Optimasi SEO Instagram Untuk Marketing Bisnis?

Balik lagi di SEO Kilat. Sebuah media sharing yang akan mengupas segala bentuk informasi terkait SEO (optimasi mesin pencari) dan sosial media secara sederhana.  

Cara Optimasi SEO Instagram
Cara Optimasi SEO Instagram

Persis seperti judul yang kita lihat bersama, tulisan singkat ini akan membahas mengenai cara optimasi SEO instagram, agar mampu meningkatkan jangkauan dan visibilitas post milik kita di dalam instagram itu sendiri. 

Penasaran bagaimana caranya? Mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.


Bagaimana Cara Optimasi SEO Instagram?

Namun sebelum benar-benar masuk ke dalam pembahasan ini, perlu dipahami bahwa yang kami maksud SEO disini bukanlah SEO sebagaimana yang kita ketahui dari mesin pencari seperti Google. Penerapan optimasi SEO yang kami maksud disini lebih kepada implementasi SEO basic, ke dalam kerangka profil/post instagram itu sendiri. Baiklah! Daripada bingung, langsung saja simak sub demi sub di bawah ini.

1. Isi Profil Instagram Dengan Detail

Hal paling basic yang harus dilakukan ketika ingin mengoptimalkan SEO instagram secara organik adalah lengkapi data diri atau profil instagram secara detail. Profil instagram yang detail dan jelas dapat meningkatkan visibilitas akun di mesin pencari instagram. Apa saja yang harus kita lakukan untuk mengoptimalkan profil?

  1. Gunakan foto profil yang berkualitas (full color)
  2. Setting akun Anda menjadi publik
  3. Gunakan username yang mudah dikenali
  4. Gunakan brand Anda sebagai nama akun
  5. Daftarkan akun Anda ke Instagram Bisnis
  6. Isi alamat website Anda ke dalam profil

Langkah-langkah yang kita sampaikan di atas mungkin terlihat sepele. Tapi tanpa Anda sadari, hal-hal kecil tersebutlah yang dapat meningkatkan lalu lintas organik ke dalam post ataupun profil bisnis instagram kita.


2. Menggunakan Kata Kunci di Dalam Username Akun Instagram

Mirip dengan optimasi permalink dalam SEO website, penggunaan keyword atau kata kunci yang ingin ditarget ke dalam username, akan meningkatkan SEO profil dan post saat user menggunakan pencarian instagram.

Seperti gambar di bawah ini

cara optimasi seo Instagram
cara optimasi seo Instagram


Kita dapat melihat bahwa di dalam gambar di atas, akun yang berada di baris teratas pencarian seluruhnya menggunakan username yang mengandung kata kunci atau keyword “roti”. Penyematan kata kunci “roti” pada username itulah yang membuat akun instagram tersebut tayang di baris teratas pencarian instagram.


3. Gunakan LSI Keyword di Dalam Biografi atau Deskripsi Akun

Bila pada username kita menyisipkan kata kunci utama yaitu “roti”, langkah optimasi berikutnya adalah memasukkan LSI keyword atau kata kunci terkait ke dalam biografi akun. Kita ambil contoh keyword utama roti. Maka diantara bentuk LSI keyword yang bisa Anda sisipkan ke dalam biografi Anda adalah jenis-jenis roti yang akan Anda tawarkan, seperti : roti coklat, roti tawar, roti kacang, donat, dan jenis roti lainnya.

Penyematan LSI keyword ini penting sebagai langkah optimasi seo instagram, guna menghidupkan sinyal terhadap mesin pencari insta, agar akun/profil bisnis kita muncul di hasil pencarian user instagram.


4. Masukkan Keyword Dalam Deskripsi Post Instagram

Gambar yang disertai deskripsi memiliki value lebih di mata engine instagram. Itu sebabnya, menyusun deskripsi post lengkap dengan keyword yang akan ditarget, jauh lebih optimal. Bila dibandingkan dengan post yang hanya terdiri dari gambar saja (tanpa disertai teks).


5. Gunakan Hastag Keyword

Pada poin ini, optimasi SEO akan kita arahkan kepada post atau konten instagram yang akan kita publikasikan. Caranya adalah menggunakan hastag keyword yang ingin kita target pada bisnis kita. Contoh, kita ingin membidik keyword atau kata kunci “roti coklat” pada post yang akan kita publish. Maka, setelah menuliskan beberapa deskripsi singkat pada post, akhiri post tersebut dengan tanda pagar dan keyword, seperti di bawah ini.

#roticoklat

#roticoklatmanis

#roticoklatpisang

Dan sejenisnya.


6. Menambahkan ALT Teks Pada Instagram Post

Diantara fitur yang dapat Anda gunakan sebagai SEO booster adalah alt teks sesaat sebelum Anda mempublish postingan. Caranya mudah, setelah Anda mengunggah gambar, pilih “setting lanjutan” atau “Advance Setting”. Kemudian pilih tulis teks alternatif, isilah kalimat text alt dengan mengandung keyword, dan simpan. Lihat gambar di bawah. 

Cara optimasi SEO Instagram
Cara optimasi SEO Instagram



7. Jauhi Teknik Black Hat Dalam SEO Instagram

Jika Anda ingin bermain dalam jangka panjang dan serius ingin meningkatkan penelusuran organik, jauhilah teknik black hat atau cara-cara curang dalam optimasi instagram. Menggunakan cara-cara seperti ini tidak pernah berujung pada kebaikan. Beberapa contoh teknik black hat yang harus dihindari seperti:

  • Menggunakan konten duplikat
  • Menggunakan bot
  • Memfollow akun terlalu banyak dalam tempo singkat
  • Suntik follower


Kesimpulan

Baik search engine seperti Google, Bing, ataupun sosial media, optimasi SEO selalu bekerja dalam jangka waktu yang panjang. Itu artinya, teknik optimasi dadakan atau yang bersifat curang untuk mencari lalu lintas, biasanya tidak akan pernah bertahan lama. Step by step di atas yang telah kami sampaikan, dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan SEO instagram, untuk meningkatkan visibilitas post dan akun bisnis Anda di penelusuran instagram itu sendiri.

Terima kasih atas perhatian dan waktunya, ini saja pembahasan singkat kita mengenai cara optimasi SEO instagram. Bila Anda memiliki kritik dan saran terkait pembahasan SEO instagram ini, Anda dapat layangkan pesan Anda melalui email di halaman hubungi kami

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.