Widget HTML Atas

6 Fakta Menarik Tentang Jepang Yang Jarang Diketahui

Fakta Menarik Tentang Jepang

6 Fakta Menarik Tentang Jepang - Halo sobat dimana pun kalian berada. Semoga senantiasa diberikan kesehatan dan waktu luang.

Berbicara mengenai jepang, tentu akan ada banyak hal yang terlintas didalam benak kita, mulai dari pohon sakura, gunung fuji, film animasi, tradisi bunuh diri dan masih banyak lagi. Tapi tahukah kamu? disamping fakta fakta menarik yang telah biasa kita dengar seperti diatas, ternyata jepang menyimpan banyak fakta unik dan menarik yang jarang diketahui khususnya masyarakat indonesia.

Dan pada kesempatan kali ini, seperti judul yang sudah kita lihat bersama, Watpedia akan membahas mengenai 6 fakta menarik tentang jepang yang jarang diketahui oleh masyarakat kita. Baiklah, untuk mempersingkat waktu langsung saja simak pembahasan kita dibawah ini.

Pelajari: Kosa Kata bahasa Korea

6 Fakta Menarik Tentang Jepang Yang Jarang Diketahui


1. Buah Melon Harga Selangit


Fakta Menarik Tentang Jepang

Kalau buah melon di Indonesia harganya berkisar 85.000-an, beda halnya dengan negara jepang. Di negara ini buah melon sangat sulit didapatkan, jadi wajar saja kalau harganya pun dibandrol dengan harga selangit.  Bayangkan saja, harga satu buah melon di negeri sakura ini sama dengan harga 5 gram Emas murni! Serius?? Benar, ini fakta. Satu buah melon di negara ini memiliki harga sekitar  26.000 Yen, atau setara dengan 3 juta rupiah. Gimana, udah percaya?? Itulah menariknya jepang.


2. Toilet Super Canggih


Fakta Menarik Tentang Jepang

Mungkin buat orang indonesia, urusan buang air merupakan perkara sepele yang sama sekali ga ada istimewanya, kalau sudah kebelet ditengah hutan pun jadi. Berbeda dengan negara jepang, sepertinya mereka memandang ada keistimewaan dengan aktivitas buang air, sehingga mereka pun terinspirasi menciptakan sebuah terobosan baru toilet canggih. Dimana toilet ini memiliki beragam fitur menarik seperti: pengatur suhu air, pengatur suhu dudukan, pendeteksi detak jantung, pemeriksa tekanan darah, hingga teknologi pemeriksa kadar gula didalam darah, wah wah wah... ini toilet apa rumah sakit?


3. Tidak Ada Tanda Tangan


Fakta Menarik Tentang Jepang

Jika di Indonesia, masyarakat biasa menggunakan tanda tangan diatas kertas sebagai bukti telah menyetujui sesuatu, lain halnya dengan negara Jepang. Negara ini punya fakta menarik, dimana mereka tidak menggunakan tanda tangan saat menyetujui sesuatu, melainkan hanya menggunakan Hanko. Hanko adalah stempel diri yang biasa digunakan ketika mengisi formulir resmi dari pemerintah, menerima kiriman parsel, menerima kiriman kantor pos, dan masih banyak lagi.

Untuk memiliki Hanko, seseorang harus berusia minimal 15 tahun dan mendaftarkan diri di lembaga resmi pemerintahan jepang setempat. Jika orang tersebut adalah warga negara asing, maka ia hanya dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan Hanko, setelah memiliki tempat tinggal resmi di Jepang.


4. Naik Sepeda Bisa Ditilang?


Fakta Menarik Tentang Jepang

Fakta menarik tentang jepang yang satu ini memang terbilang sangat unik. Bayangkan saja, jika di Indonesia sepeda yang mempunyai boncengan adalah sebuah hal yang biasa,lain halnya dengan negara jepang. Ada aturan khusus bagi sepeda di Jepang jika ingin membonceng, dimana orang yang membonceng harus berusia diatas 16 tahun. Jika melanggar, siap siap saja ditilang sama pak polisi. Dendanya juga lumayan gede loh, sekitar 20.000 Yen atau sekitar 2 juta rupiah.


5. Tidak Ada Tukang Bersih Bersih Sekolah


Fakta Menarik Tentang Jepang

Bagi kamu yang sering melihat film animasi jepang mungkin sering disuguhkan tayangan dimana para siswa sibuk membersihkan kelas setelah pelajaran selesai. Benar, ini adalah salah satu fakta menarik tentang jepang yang jarang diketahui. Pada umumnya, sekolah di Jepang menerapkan aturan bagi para siswanya untuk membersihkan serta merapikan kelasnya setelah kegiatan belajar mengajar selesai. Dan dampak positif dari aturan yang diberlakukan ini, mayoritas sekolah di Jepang tidak lagi membutuhkan petugas kebersihan kelas, seperti kondisi sekolah di indonesia pada umumnya.


6. Punya Kebiasaan Membawa Sampah


Fakta Menarik Tentang Jepang

Mungkin, membawa sampah didalam tas adalah sebuah perbuatan yang aneh dimata masyarakat Indonesia. Namun berbeda dengan negara yang satu ini. Jepang memiliki banyak fakta menarik dan positif yang sebenarnya layak untuk diambil sisi positifnya, seperti : Kebiasaan membawa sampah.

Orang orang Jepang biasanya akan melipat tisu kotor miliknya, menyimpan botol bekas minuman mereka, membawa bungkus sisa makanan mereka, untuk kemudian dibuang saat sudah menemukan tempat sampah. Dan kebiasaan inilah yang membuat negara Jepang terkenal akan kebersihannya di mata dunia.


Itulah 6 fakta menarik tentang jepang yang jarang diketahui khususnya masyarakat kita indonesia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita, dan See Yoo..Assalamu'alaikum.


Judul : 6 Fakta Menarik Tentang Jepang Yang Jarang Diketahui
Penulis : Admin
Tanggal : 2 Februari
Hari :
Di : Kota Medan
Terbit pertama kali : Tahukah kamu
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.