Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEO Bisnis Online, Solusi Optimasi Konten Tipis

Mungkin diantara kita sudah sering mendengar istilah “Content is king”, a.k.a konten adalah Raja. Wow! Kedengarannya keren ya.

SEO Bisnis Online
SEO Bisnis Online
Istilah inilah yang membuat banyak content writer berjuang habis-habisan mengumpulkan materi, agar dapat membuat “Raja” di dalam sebuah website. Terlepas website tersebut adalah miliknya, atau milik orang lain. Tapi pernahkah Anda berfikir? Jika konten tersebut tipis, bagaimana caranya ia menjadi “Raja”? 

Tulisan singkat ini akan membahas, tentang cara bagaimana Anda mengoptimasi sebuah konten yang tipis, seperti konten produk dalam bisnis online misalnya.

Muncul sebuah pertanyaan dibenak kita, bagaimana cara mengoptimasi sebuah konten yang sangat minim akan jumlah teks? seperti konten produk. Karena sebagaimana kita ketahui, konten produk di dalam bisnis online umumnya hanya berisi gambar dan deskripsi singkat saja.
 

Optimasi SEO Dalam Bisnis Online

Untuk mengoptimasi konten produk yang minim akan jumlah teks, setidaknya ada 6 cara ampuh yang mungkin bisa untuk Anda terapkan.

1. Buat Halaman Khusus*

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan halaman produk di mesin pencari adalah dengan membuat halaman khusus. Halaman khusus ini nantinya akan kita isi dengan beragam informasi, yang berkaitan langsung dengan halaman utama produk. Misal, Fitur, harga, testimoni pelanggan terhadap produk, tautan video Youtube produk, jumlah produk yang terjual, analisis sentiment, harga, dan elemen terkait lainnya. Setelah selesai membuat halaman khusus dengan detail, tautkan link halaman utama produk ke dalam konten halaman khusus dengan menggunakan anchor text exact-match.
*Gunakan website high authority untuk mendapatkan hasil yang maksimal

2. Susun Deskripsi yang Optimal

Saat menyusun deskripsi produk, perhatikanlah penggunaan keyword. Hindari praktek keyword stuffing, dan fokuslah membuat deksripsi produk yang menarik. Meski deskripsi produk tidak panjang seperti artikel, namun usahakanlah agar jumlah teks pada body content minimal sebanyak 300 kata. Salah satu tips untuk membuat deskripsi yang maksimal adalah dengan menambahkan daftar benefits yang bisa diperoleh dari produk tersebut.

3. Optimalkan Judul dan Meta Deskripsi

Berhubung halaman produk hanya memiliki sedikit tulisan, maka salah satu cara mengoptimalkan halaman tersebut adalah dengan menggunakan meta deskripsi dan optimasi judul. Meskipun memiliki konten yang tipis, namun dengan optimasi meta deskripsi dan judul, hal tersebut mampu memberi sinyal yang kuat kepada mesin pencari.

4. Tambahkan FAQ Pada Halaman Produk

Cara berikutnya adalah dengan menambahkan FAQ pada konten. Selain memberi kemudahan kepada pembaca dalam mengakses informasi, keberadaan FAQ yang relevan terhadap produk dapat memperkaya konten, sekaligus meningkat keyword density halaman tersebut.

5. Optimasi Seluruh File Name

Sebelum mengunggah file ke dalam halaman produk (seperti: gambar, dokumen, video, bahkan audio), pastikan Anda telah mengubah file namenya. Gunakanlah nama file sesuai dengan keyword yang akan Anda target. Cara ini akan mempermudah Googlebot dalam mengidentifikasi sebuah konten.

6. Tambahkan Alt Tag Pada Gambar

Beberapa hari lalu tersiar kabar bahwa Google telah melakukan pengubahan dokumen yang terdapat di pusat bantuan. Salah satu informasi yang berubah adalah Google menyebutkan bahwa dirinya kini mampu mengidentifikasi file gambar sebagaimana ia mampu mengenali text. 

Meskipun begitu, tentu tidak ada salahnya menambahkan alt tag pada gambar yang kita gunakan di dalam halaman produk. Anggap saja untuk meringankan beban Google dalam mengidentifikasi sebuah konten.

Secara umum, metode optimasi SEO produk tidak jauh berbeda dengan SEO konten artikel, seperti: penggunaan LSI keyword, optimasi permalink, optimasi page speed, dan optimasi umum lainnya. Hanya saja, karena jumlah teks pada halaman produk cenderung lebih sedikit, dibutuhkan metode yang agak unik, agar halaman produk tersebut unggul di dalam pencarian.

Mungkin ini saja yang bisa kita sampaikan terkait cara optimasi produk atau online shop. Semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam meningkatkan konversi penjualan. Jangan lupa! bagikan tulisan ini ke teman terdekatmu yang mungkin juga menjalankan bisnis secara online. Sampai jumpa pada pembahasan seputar digital marketing berikutnya ya. Bye!