Widget HTML Atas

Daftar Nilai Mata Uang Terendah Di Dunia Update

Nilai Mata Uang Terendah - Tidak sedikit dari kita yang sudah mengetahui beberapa mata uang yang dikenal paling kuat dan stabil di dunia, misal: Dolar AS, Pound Sterling Inggris, Franc Swiss dan mata uang lainnya.

Nilai Mata uang terendah
Nilai Mata uang terendah
Namun tahukah anda? tidak hanya mata uang terkuat saja yang patut untuk kita ketahui. Sebab, pada dasarnya kita juga perlu mengetahui mata uang terendah yang memang tidak memiliki kestabilan, agar jangan sampai kita salah melakukan investasi ditempat yang justru mengancam kerugian bagi masa depan perekonomian kita. 

Pada kesempatan kali ini, seperti judul yang sudah kita lihat bersama, kita akan membahas mengenai 10 mata uang terendah di dunia. Dan untuk mempersingkat waktu, mari langsung saja kita simak uraian selengkapnya dibawah ini.

10 Nilai Mata Uang Terendah di Dunia

1. IRR (Iranian Rial) 

1 USD = 41.994 IRR (kurs resmi) 
1 USD = ~ 112.000 IRR (kurs pasar gelap) 
Bank Pusat : Central Bank Of The Islamic Republik of Iran 
Keterangan: Mata Uang Iranian Rial adalah mata uang terendah di dunia di posisi pertama. Beberapa dampak negatif dari perang Irak-Iran dan pengembangan senjata nuklir dalam pemerintahan, membuat beberapa negara adikuasa memberlakukan sanksi ekonomi dan politik bagi Iran. Salah satunya adalah membatasi akses ke pasar komoditas dunia. Tentu saja kondisi ini mengakibatkan penurunan yang sangat signifikan dalam perekonomian mereka. 


2. Vietnam Dong 

1 USD = 23.194 VND 
Kode mata uang - VND 
Bank Pusat : State Bank of Vietnam Keterangan: Mata Uang Vietnam Dong adalah mata uang terendah di dunia yang menempati posisi kedua. Walaupun dimata beberapa pengamat, Vietnam mulai menampakan perkembangan yang signifikan dalam hal ekonomi, tetap saja faktanya adalah mata uang di negara ini masih duduk di posisi kedua sebagai mata uang terendah di dunia. 

Mungkin Benar, bahwa Vietnam mulai menampakan kemajuan dalam hal infrastruktur dan beragam sektor lainnya. Namun dalam hal kestabilan mata uang sepertinya negara ini masih sangat butuh perjuangan yang lebih keras lagi.

3. Rupiah Indonesia 

1 USD = Rp. 14.237 
Kode mata uang - IDR 
Bank Pusat : Bank Indonesia 
Keterangan: Mata Uang Rupiah Indonesia menduduki posisi ketiga sebagai mata uang terendah di dunia. Berangkat dari rendahnya nilai uang kertas, keputusan presiden pada 5 september 2016 menetapkan uang kertas baru dikeluarkan dengan nominal 1 ribu hingga 100 ribu rupiah. 

Walaupun negara kita termasuk yang paling maju di ASIA TENGGARA, tetap saja nilai tukar rupiah terhadap dolar masih sangat lemah dan memprihatinkan.

4. Franc Guinea 

1 USD = 9.198 GNF 
Kode mata uang - GNF 
Bank Pusat : Central Bank of the Republik of Guinea 
Keterangan: Mata Uang Franc Guinea adalah mata uang terendah keempat di dunia. Angka inflasi yang terus meroket, kemiskinan yang semakin menyebar, serta maraknya perkumpulan gengster, membuat kondisi di negara ini sulit untuk berkembang dan memiliki mata uang yang stabil. Dan tentu saja, roda perekonomian tersebut berimbas pada lemahnya mata uang dari Franc Guinea. 

5. Kip Laos 

1 USD = 8.550 LAK 
Kode mata uang - LAK 
Bank Pusat : Bank of the Lao P.D.R
Keterangan: Mata uang Kip Laos berada di posisi kelima sebagai mata uang terendah di dunia. Mata uang Kip Laos merupakan satu satunya mata uang dari daftar ini yang tidak mengalami devaluasi. Namun, meski pada awalnya mata uang ini dikeluarkan dengan nilai kurs yang sangat rendah. sejak tanggal penerbitannya pada tahun 1952, kondisi dari mata uang ini tetap menguat terhadap dolar dan terus mengalami peningkatan nilai.

6. Leone Sierra Leone 

1 USD = 8.446 SLL 
Kode mata uang - SLL 
Bank Pusat : Bank of Sierra Leone
Keterangan: Mata uang Leone Sierra Leone merupakan mata uang terendah di dunia yang menempati posisi keenam. Tidak hanya tergolong sebagai negara yang sangat miskin, namun Sierra Leone juga mengalami banyak masalah serius yang mengakibatkan pergerakan ekonomi lokal di negara ini terus kian merosot. Dan beberapa tahun yang lalu, terdengar kabar bahwa telah terjadi perang dan serangan wabah virus ebola yang menjangkiti penduduk Sierra Leone. 

7. Uzbekistan Som 

1 USD = 8.336 UZS 
Kode mata uang - UZS 
Bank Pusat : Central Bank of the Republik of Uzbekistan 
Keterangan: Mata uang Uzbekistan Som merupakan mata uang terendah di dunia yang menempati posisi ketujuh. Salah satu hasil kebijakan dari liberalisasi ekonomi di Uzbekistan, ialah, mulai 5 september 2017 nilai tukar 1 USD adalah 8.100 UZS. Dengan taksiran nilai 8.000-8.150 UZS. Tentu saja, hal ini sangat berdampak buruk bagi kesejahteraan masyarakat di negara tersebut.  

8. Guarani Paraguay 

1 USD = 5.953 PYG 
Kode mata uang - PYG 
Bank Pusat : Banco Central Del Paraguay 
Keterangan: Mata Uang Guarani Paraguay berada di posisi ke8 sebagai negara dengan nilai mata uang terendah di dunia. Perlu diketahui, bahwa Paraguay merupakan salah satu negara miskin yang terletak di kawasan Amerika Selatan. Paraguay mengalami kemerosotan ekonomi yang cukup parah, inflasi, korupsi, tingginya tingkat pengangguran, kualitas pendidikan yang sangat rendah, jumlah penduduk miskin yang kian meningkat, dan lain lain. 

Negara ini merupakan salah satu negara pengekspor kapas dan kedelai, akan tetapi penghasilan yang didapat Paraguay dari menjalankan bisnis tersebut belum cukup untuk menutupi anggaran pengeluaran dari negara tersebut.

9. Riel 

1 USD = 4.016 KHR 
Kode mata uang - KHR 
Bank Pusat : National Bank of Cambodia 
Keterangan: Mata Uang Riel adalah mata uang terendah di dunia yang duduk diposisi kesembilan. Pada tahun 1980, Mata uang Riel secara resmi menjadi mata uang bagi negara kamboja, sekaligus menggantikan mata uang Riel kamboja lama. 

Akan tetapi, meskipun telah mengganti mata uangnya, kabar yang terdengar bahwa sebagian besar masyarakat Kamboja cenderung lebih suka melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan dolar Amerika Serikat. 

10. Shilling Uganda 

1 USD = 3.714 UGX 
Kode mata uang : UGX 
Bank Pusat : Bank of Uganda 
Keterangan: Mata Uang Shilling Uganda menempati posisi kesepuluh dari daftar negara yang memiliki nilai mata uang terendah di dunia. Meski mata uang di negara ini tergolong kedalam jajaran mata uang terendah di dunia, mata uang Shilling Uganda merupakan mata uang yang relatif cukup stabil. Hal ini pun terbukti, dimana mata uang ini belum pernah mengalami penurunan nilai lebih dari 5% dalam beberapa tahun terakhir ini. 

Bagaimana, udah tahu kan sekarang? Kali ini itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai 10 Mata Uang Terendah Di Dunia. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan para pembaca. Jangan lupa share artikel ini agar semakin banyak orang mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat dari situs ilmu pengetahuan tahukah kamu. 
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.