Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengganti Template Blog : Cara dan Dampaknya Terhadap SEO

Bagi Anda yang mengelola website atau blog, kegiatan mengganti template blog tentu sudah tidak asing lagi. Diantara para blogger, bahkan ada yang mengganti template sebanyak 5 kali dalam satu hari.

Mengganti template blog
Ilustrasi - Mengganti template blog
Muncul pertanyaan, apakah mengganti template blog berpengaruh terhadap SEO
Untuk mengetahui lebih jelas, artikel singkat kali ini akan memaparkan kepada Anda, fakta di balik mengganti template terhadap website yang kita kelola. Namun sebelum itu, khusus para pengguna platform Blogger, kami akan pandu Anda bagaimana cara mengganti template blog, melalui 2 cara yang paling umum.

Cara Mengganti Template Blog

Meski terbilang sangat umum, namun kami sangat yakin masih banyak newcomer diluar sana yang membutuhkan informasi terkait cara mengganti template blogger. Berikut cara selengkapnya

Cara 1

1. Pastikan Anda sudah memiliki file template yang sudah diekstrak ke dalam format (.xml).

2. Masuk ke dashboard blogger

3. Pilih menu tema atau template

4. Ketuk/Tap/Klik tanda titik 3 (Lihat gambar)
Cara mengganti template blog
Ilustrasi - cara mengganti template blog

5. Pilih pulihkan

6. Pilih upload

7. Kemudian pilih file template Anda.

8. Simpan. Selesai.

Cara 2

1. Buka file.xml template Anda menggunakan text editor

2. Copy seluruh baris kode template

3. Masuk ke dashboard blogger

4. Pilih menu tema atau template

5. Ketuk/Tap/Klik tanda titik tiga (seperti gambar no 4 di cara 1)

6. Pilih edit HTML

7. Hapus seluruh baris kode di dalam halaman HTML

8. Paste baris kode yang sebelumnya sudah kita copy ke dalam halaman edit template.

9. Simpan. Selesai.


Dampak Mengganti Template Blog atau Website Terhadap SEO

Menjawab pertanyaan, apakah mengganti template blog mempengaruhi SEO? Tentu jawabannya YA! Namun yang menjadi masalah, apakah dampak yang ditimbulkannya positif ataukah negatif, begini penjelasannya.

1. Faktor Kecepatan

Salah satu kemungkinan terbesar yang jelas dirasakan setelah mengganti template adalah performa kecepatan situs. Bila kita beruntung, mungkin template yang akan kita gunakan lebih ringan dari sebelumnya. Namun, bila nyatanya template yang kita gunakan terbukti lebih berat, maka hal tersebut tentu berdampak negatif pada optimasi SEO yang selama ini kita kembangkan.

2. Tautan Internal Blog/Web

Perubahan tema/template tanpa penanganan yang tepat tentunya dapat berakibat buruk pada user experience, khususnya dalam hal internal link. Bagian menu, submenu, sidebar, dan footer adalah partial utama yang wajib diperhatikan saat kita mengubah template. Pastikan tidak ada menu yang error atau link yang keluar tanpa kita kehendaki.

3. Struktur URL

Khusus pengguna WordPress, pastikan struktur URL Anda tidak berubah setelah mengganti tema. Jika ternyata terjadi perubahan struktur, Anda bisa melakukan setting ulang melalui halaman dashboar – setting – permalink.

4. Struktur Template atau Tema

Sembarangan dalam mengganti template blog atau website tentu memberi dampak yang buruk terhadap SEO. Sebagaimana kita ketahui, mesin pencari Google kerap melakukan update algoritma untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat berselancar di dalam mesin pencari. Salah satu yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah struktur tema atau template yang kita gunakan. Menggunakan template yang tidak up to date terhadap perubahan algoritma dapat berdampak buruk terhadap SEO, sebagaimana kejadian beberapa bulan lalu tentang adanya perubahan struktur data. 

Kesimpulan

Secara umum, mengganti template blog atau website dapat berdampak buruk terhadap peringkat SEO bila perubahan yang terjadi merusak performa kecepatan situs, struktur data, struktur URL, dan tautan internal. Oleh sebab itu, sebelum bertindak untuk mengganti template/tema, pertimbangkan segala aspek yang telah kita uraikan di atas. 
Jangan sampai hanya karena mengejar desain yang cantik, kita justru mengabaikan SEO yang merupakan inti dari sebuah pengembangan website.
Baiklah, mungkin demikian saja pembahasan sederhana kali ini mengenai dampak mengganti template blog terhadap SEO, plus cara mengganti template bagi para pengguna blogger. Terima kasih atas perhatian dan waktunya. Seperti biasa, bila artikel singkat ini dirasa bermanfaat, beri kami dukungan dengan membagikan tulisan ini ke sosial media atau teman terdekat Anda. Sampai jumpa di pembahasan kami berikutnya masih tentang SEO dan website, sayonara! 

Upgrade wawasan Anda seputar semantik SEO dan manfaatnya bagi seorang webmaster. Mempelajari informasi terkait search engine akan meningkatkan kemampuan Anda dalam mendominasi halaman pertama Google. 
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.