Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membuat Judul yang Menarik - Heading yang SEO

Ingat, saat Anda mulai mendalami teknik SEO, Anda akan sadar bahwa SEO bukan hanya soal backlink, kata kunci, tools, dan hal-hal teknis lainnya. Lebih dari itu, kita juga harus memiliki sebuah sense yang baik, agar mampu menciptakan judul yang clickable, sehingga orang-orang tertarik untuk meng-click-nya.

Membuat Judul yang Menarik
Membuat Judul yang Menarik

Hal ini sangat penting, sebab setelah user mengetikkan sebuah kata kunci di kolom pencarian, mereka hanya mampu melihat judul serta deskripsi singkatnya saja. Atas dasar itulah, pemilihan judul yang menarik sangat berperan penting disini, terlebih setelah kita berhasil masuk ke halaman pertama Google. Semakin menarik sebuah judul, maka akan semakin besar pula peluang visitor masuk ke halaman website kita.

Contoh Judul yang Menarik

Walaupun kita dituntut untuk menciptakan sebuah judul yang menarik, namun bukan berarti kita boleh mengabaikan kaidah penulisan yang sesuai dengan standar SEO, apalagi clickbait. Berikut di bawah ini beberapa contoh penulisan judul yang menarik, namun tetap sesuai dengan kaidah penulisan judul yang SEO friendly.
  • 30 Template WordPress Gratis dan Full SEO
  • Bagaimana Cara Membuat Pop Card Keren? Ini Panduannya!
  • Ini Dia! 9 Situs Freelancer di Indonesia
  • 10 Cara Menghasilkan Uang Lewat Blog 

Cara Membuat Judul yang Menarik

Bila Anda belum memiliki petunjuk tentang cara membuat judul yang menarik, Anda bisa ikuti beberapa tahapan di bawah ini.

1. Masukkan Kata Sifat

Judul artikel yang menyisipkan kata sifat cenderung lebih menarik karena mampu membangkitkan rasa penasaran. Judul tanpa kata sifat akan terasa datar, ibarat makan tanpa sambal. Contoh judul dengan menggunakan kata sifat : Bagaimana Cara Membuat Pop Card Keren? Ini Panduannya!

2. Jangan Terlalu Panjang

Ingat, yang kita buat adalah judul, bukan deskripsi sebuah halaman. Buatlah judul sesingkat mungkin, namun tetap dalam standarisasi SEO. Artinya, kita membuat judul secara singkat, namun tetap masuk akal. Beberapa riset menyebutkan, panjang judul yang tidak lebih dari 70 karakter jauh lebih baik di dalam mesin pencari, ketimbang judul yang melebihi 70 karakter.

3. Buat Judul yang Human Friendly

Meskipun algoritma mesin pencari bukan manusia. Ingat! Konten yang kita sajikan atau kita susun adalah untuk manusia. Menggunakan judul yang human friendly (ramah terhadap manusia) adalah poin penting setelah kita berhasil masuk ke halaman pertama Google. Judul yang MASUK AKAL akan memiliki peluang klik lebih besar dibandingkan judul yang susah dicerna.

4. Libatkan Pembaca Dalam Penulisan Judul

Salah satu teknik penulisan judul yang menarik adalah dengan melibatkan pembaca saat menciptakan sebuah judul. Untuk menerapkan metode penulisan judul seperti ini, kita membutuhkan yang namanya “pertanyaan”. Judul dalam bentuk pertanyaan adalah yang terbaik dalam hal melibatkan pembaca. 
Contoh penulisan judul dalam hal ini seperti:
  • Ingin Menghilangkan Jerawat? Cara Ini Bisa Kamu Coba
  • Bingung Pilih Samsung Atau Apple? Lihat Perbandingannya Disini!

5. Buatlah Judul Yang Emosional (Menyentuh Emosi)

Ingat! manusia adalah makhluk yang memiliki emosi. Dalam hal penulisan judul, pemilihan frasa yang tepat biasanya mampu melibatkan sisi emosional manusia, sehingga mereka yang membacanya memiliki ketertarikan untuk mengetahui lebih dalam. Contoh judul dalam konteks ini seperti: “Terbongkar! Ternyata Ini Cara Mendapatkan Uang Melalui Facebook

Membuat Judul yang Menarik
Membuat Judul yang Menarik

Pada poin di atas kita telah menjelaskan tentang pentingnya judul yang menarik dari sebuah konten. Dimana pemilihan frasa yang tepat, ternyata dapat mengundang ketertarikan, serta rasa penasaran pengguna mesin pencari untuk melakukan klik. 

Namun tidak hanya sampai disitu, selain menciptakan judul yang menarik, ada sebuah esensi penting yang tidak boleh kita lewatkan. Esensi tersebut adalah upaya optimasi heading dan subheading. 

Mungkin sebagian pembaca belum mengetahui apa sih yang dimaksud heading dan subheading? Apa fungsinya? Dan bagaimana pula cara melakukan optimasinya? Baik! Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Heading dan Subheading?

Heading adalah judul utama dari sebuah halaman web yang merupakan salah satu perangkat SEO. Adapun subheading yaitu turunan atau topik terkait yang masih berhubungan dengan judul utama (heading) dari sebuah halaman web.

Fungsi Utama Heading

Secara umum, fungsi utama heading pada sebuah halaman web adalah sebagai tag informasi yang mempermudah mesin pencari dalam mengidentifikasi sebuah konten. Namun bukan hanya bagi mesin pencari, keberadaan heading dan subheading pada sebuah halaman web, tentunya juga akan membantu para pembaca dalam memahami arah pembahasan.

Cara Optimasi Heading dan Subheading

Untuk mengoptimalkan heading dan subheading, disini saya akan mencontohkannya secara langsung, bagaimana melakukan optimasi heading dan subheading yang baik dan benar.

1. Tentukan Fokus Keyword atau Keyword Utama Kita
Misal, kita akan membidik keyword utama yaitu “Umpan Ikan”. 

2. Temukan LSI Keyword Dari Keyword Utama
Jika Anda belum tahu cara menemukan LSI keyword, silahkan baca kembali artikel kita yang membahas tentang LSI keyword. Disitu kita telah menjelaskan bagaimana cara menemukan LSI keyword.

3. Penggarapan Konten dan Implementasi Keyword
Setelah menetapkan keyword utama, dan menemukan LSI keywordnya. Tugas berikutnya adalah menggarap konten sesuai dengan keyword-keyword tersebut. Misal, dari fokus keyword “Umpan Ikan”, kita menemukan 6 LSI keyword seperti: umpan ikan mas, umpan ikan nila, umpan ikan wader, umpan ikan lele, umpan ikan dengan mie, dan umpan ikan patin. Untuk mengimplementasikan keywords tersebut, buatlah beberapa paragraph (minimal 200 kata) untuk setiap pembahasan LSI keyword. Lebih kurangnya, Anda bisa amati struktur heading dan subheading pada gambar di bawah ini.
Membuat heading yang SEO
Ilustrasi Skema - Membuat Heading yang SEO

Mungkin ini saja pembahasan kita kali ini mengenai tips membuat judul yang menarik dan heading yang SEO. Semoga bermanfaat dan membantu teman-teman blogger dimana pun kalian berada. Terima kasih dan sampai jumpa pada pembahasan kita berikutnya. 
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.