Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat SEO Bagi Perkembangan Bisnis

Berbicara soal SEO (search engine optimization), maka substansinya adalah tentang bagaimana kita melakukan suatu teknik optimasi, agar halaman web yang kita kelola dapat muncul di halaman pertama Google dengan keyword yang telah kita bidik. 

Manfaat SEO
Manfaat SEO bagi perkembangan bisnis

SEO bukan sebuah proses yang singkat. SEO juga bukan sebuah ilmu pasti layaknya matematika yang kita pelajari di sekolah. Ada banyak misteri dan ketidakpastian di dalam optimasi SEO. Namun dengan mempelajari dan mengamati, kita akan mengetahui langkah terbaik apa yang bisa kita lakukan untuk mengoptimasi web page yang kita manage. 

Manfaat SEO Bagi Perkembangan Bisnis

Salah satu fondasi utama di dalam internet marketing adalah optimasi mesin pencari atau yang biasa kita kenal dengan sebutan SEO. Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat yang pasti kita dapatkan, ketika optimasi SEO berhasil kita realisasikan.

1. Mendatangkan Trafik Organik

Jika kita merujuk pada tools riset yang dikembangkan oleh Google, yakni Google Analytics. Maka trafik terbagi menjadi 6 jenis, diantaranya adalah organic, referral, direct, social media, display, dan paid search. Dari keseluruhan jenis trafik ini, trafik organiklah yang paling banyak menyumbang perkembangan pada website, dan optimasi SEO adalah solusi dalam hal ini.  

Kemampuan kita dalam mendatangkan trafik organic tentu sangat membantu marketing, khususnya dalam minimalisasi dana promosi. Dalam hal ini sangat jelas, ketika kita mampu melakukan optimasi pada halaman web yang kita kelola, kita tidak perlu mengeluarkan sepeser uang pun untuk mendatangkan visitor ke halaman produk kita. Berbeda bila kita melakukan promosi melalui Google Ads, Instagram Ads, maupun FB Ads. Kita membutuhkan budget khusus yang harus kita sediakan, untuk menarik calon konsumen.

2. Membangun Brand Awareness

Salah satu kegunaan SEO yang bisa kita dapat adalah peningkatan brand awareness secara cuma-cuma di halaman mesin pencari. Bila Anda belum mengetahui apa itu brand awareness, sederhananya yaitu, brand awareness merupakan salah satu strategi marketing dalam rangka menciptakan imej produk yang solutif di mata konsumen, maupun calon konsumen. 

Melakukan optimasi mesin pencari, bukan hanya soal mendatangkan trafik. Lebih daripada itu, kita dapat meningkatkan brand awareness disebabkan tingginya frekuensi tayang halaman website kita pada mesin pencari. Lagi-lagi, Anda tidak perlu menganggarkan budget hanya untuk meningkat brand awareness, sebab dengan SEO yang tepat halaman website Anda akan muncul di halaman pertama Google.

3. Lebih Trusted (Dipercaya)

Sebuah penelitian menyebutkan, lebih dari 70% user yang mengetikan keyword pada mesin pencari, cenderung memilih halaman website yang bukan merupakan iklan PPC. Dalam hal ini, meskipun beberapa halaman website tampil teratas (karena beriklan), user lebih tertarik untuk melakukan klik pada URL web yang bukan iklan. Oleh sebab itu, bukan sebuah hal yang berlebihan bila kita katakana optimasi SEO lebih mengundang rasa percaya kepada para user. Ini pula alasan beberapa brand terkenal lebih memilih melakukan optimasi SEO ketimbang beriklan di layanan advertising.

4. Meningkatkan Peluang Closing Berkali-kali Lipat

Diantara benefit yang bisa kita peroleh, saat optimasi SEO telah menunjukkan hasil yaitu peningkatan peluang closing yang lebih tinggi. Frekuensi tayang produk yang meningkat, tentu saja berbanding lurus dengan jangkauan produk. Itu artinya, semakin banyak pula orang atau pengguna yang dijangkau oleh produk yang kita tawarkan. 

5. Meningkatkan Trafik Berkualitas

Bila pada poin satu kita menyebutkan, salah satu manfaat optimasi SEO adalah mendatangkan trafik organic. Maka disini lebih spesifik lagi, kita menyebutkan bahwa diantara manfaat optimasi SEO adalah meningkatkan lalu lintas atau trafik berkualitas pada website yang kita kelola. Ketika sebuah website yang dimanage bukan merupakan website produk / jasa, umumnya publisher/owner dari sebuah website akan mengandalkan pihak advertising untuk memperoleh penghasilan. Dalam hal ini, semakin tinggi trafik yang masuk ke dalam website, maka semakin besar pula peluang kita (publisher) dalam menghasilkan dollar/rupiah. 

Oleh karenanya, optimasi SEO tetap menjadi pilihan terbaik bagi seorang publisher/owner website dalam meningkatkan trafik.
Itulah beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengoptimalkan SEO pada website bisnis yang kita kelola. Berikutnya kita akan masuk pada pembahasan jenis-jenis SEO. 
Akses juga informasi terkait semantik SEO guna menambah wawasan pengetahuan Anda terkait pola mesin pencari dalam menampilkan search results. 
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.