Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LSI Keyword : Pengertian, Contoh dan Cara Optimasi

Masih dalam kategori optimasi SEO on page. Kali ini kita akan membahas dengan singkat seputar LSI keyword dan bagaimana cara optimasi yang tepat. Sehingga kami berharap, setelah membaca materi ini, Anda dapat memahami dan mampu mempraktekkan secara langsung pengguna LSI keyword pada website Anda.

LSI keyword
Captured- LSI keyword

a. Pengertian LSI Keyword

LSI keyword adalah satu atau lebih kata kunci yang memiliki keterkaitan dengan kata kunci induk (kata kunci utama). Bingung? Jadi gini. Sederhananya, LSI keyword itu adalah seluruh bentuk kata kunci yang masih memiliki relevansi dengan kata kunci utama. Kalau masih bingung juga, coba perhatikan contoh LSI keyword di bawah ini.

b. Contoh LSI Keyword dan Cara Mencarinya

Untuk menemukan LSI keyword caranya sangat mudah. Anda cukup mengetikkan sebuah keyword utama pada mesin pencari. Kemudian lihatlah deretan kata kunci terkait pada bagian bawah halaman. Ohiya, agar dapat melihat hasil penelusuran terkait (LSI keyword), kami sarankan agar menggunakan versi desktop. Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh LSI keyword dari keyword utama “umpan ikan”
  • Umpan ikan putihan di sungai
  • Cara membuat umpan ikan laut
  • Umpan ikan mas
  • Umpan ikan nila
  • Umpan ikan wader
  • Umpan ikan lele
  • Umpan ikan dengan mie
  • Umpan ikan patin
Keyword-keyword di atas adalah beberapa contoh dari LSI keyword yang muncul setelah kita mengetikkan keyword “umpan ikan” pada mesin pencari Google. Mengoptimalkan penggunaan LSI keyword akan memudahkan mesin pencari dalam mengidentifikasi konten. Teknik ini masuk dalam kategori SEO on page. 

c. Langkah-Langkah Optimasi LSI Keyword

Ada beberapa langkah dasar yang bisa Anda praktekkan agar LSI keyword pada konten atau halaman web Anda semakin optimal. Berikut aturannya.
  • Masukan LSI keyword pada meta tag (meta description) halaman yang akan kita optimasi.
  • Masukan LSI Keyword pada Judul Artikel atau Halaman Anda
  • Waspadai penggunaan LSI keyword yang berlebihan. Persentase keyword berlebih dapat beresiko pelanggaran guidelines Google pada aturan keyword stuffing.

d. Manfaat Penerapan LSI Keyword Terhadap SEO

Tentunya ada banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh, ketika kita berhasil mengoptimalkan LSI keyword pada website yang kita kembangkan. Beberapa manfaat tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Memperbaiki Peringkat di Mesin Pencari

Penggunaan LSI keyword pada konten, dapat meningkatkan relevansi sebuah halaman di mata mesin pencari. Dampaknya adalah peringkat halaman akan jauh lebih baik, karena memiliki keterkaitan data yang lebih banyak, dibandingkan konten tanpa LSI keyword.

2. Meningkatkan Kredibilitas Halaman

Salah satu dampak positif dari penggunaan LSI keyword adalah naiknya kredibilitas sebuah halaman. Nilai kredibilitas ini dapat dipicu karena lengkapnya data informasi yang dihadirkan dalam sebuah konten.

3. Menekan Angka Bounce Rate

Sebagaimana kita ketahui, salah satu penyebab tingginya angka bounce rate adalah minimnya informasi dari sebuah halaman website. Akibatnya, pengguna pun bergegas keluar halaman, dan mencari situs lain yang mampu menjawab kebutuhan informasi si pengguna. Ketika sebuah halaman mampu mengoptimalkan LSI keyword, secara otomatis page tersebut berarti mampu menghadirkan informasi lebih lengkap, dibandingkan dengan halaman tanpa LSI keyword.
Atas dasar inilah, mengapa halaman yang menerapkan optimasi LSI keyword / Semantik SEO, mampu menekan angka bounce rate dengan lebih baik.
Nah, itulah pembahasan kita kali ini seputar optimasi LSI keyword. Setelah membaca dan memahaminya, tentu kami berharap Anda dapat mengoptimalkan halaman website yang Anda kelola, hingga bertengger di halaman pertama mesin pencari. Terima kasih atas perhatian dan waktunya, jangan lupa! Bila Anda merasa artikel ini bermanfaat, dukung kami dengan membagikannya ke sosial media. Setiap dukungan Anda sangat berarti bagi kami, untuk dapat menghasilkan konten bermanfaat lainnya.
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.