Widget HTML Atas

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsi Kegunaan

Balik lagi di situs SEO Kilat. Sebelumnya kita telah membahas mengenai apa itu  E-A-T serta korelasinya terhadap SEO (Search Engine Optimization). Adapun pada kesempatan kali ini seperti judul di atas, kita akan berbicara mengenai apa itu website, serta jenis-jenisnya berdasarkan fungsi kegunaan.

Jenis-Jenis Website
Jenis-Jenis Website

Dikutip dari websitebuilderexpert, diperkirakan setidaknya ada 380 website baru yang dibuat dalam setiap menitnya. Itu artinya, dalam setiap detiknya ada lebih dari 6 website yang berhasil dibuat. 

Melihat begitu cepatnya pertumbuhan jumlah website saat ini, tentu tidak aneh bila terdapat beragam jenis website ditinjau berdasarkan fungsi ataupun kegunaannya. 

Namun, dari sekian banyak jenis website yang telah mengudara saat ini, kami telah rangkum 10 jenis website paling umum ditinjau berdasarkan fungsi yang dimilikinya. Tapi sebelum itu, tentu tidak ada salahnya jika kita juga memahami pengertian website di bawah ini. 

Apa itu Website? 

Website adalah gabungan dari beberapa halaman web yang berpusat pada sebuah domain, dibangun dengan tujuan atau fungsi-fungsi tertentu, dan dapat diakses oleh publik / member melalui jaringan internet. Di era digital saat ini, setidaknya ada 10 jenis website paling umun dan populer yang biasa diakses oleh masyarakat di seluruh dunia. 

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

  1. Website Bisnis : website atau halaman web yang menampilkan detail area bisnis
  2. Blog : media informasi online yang diperbarui secara berkala. 
  3. Brosur: Beberapa halaman web yang berfungi menampilkan data informasi bisnis/perusahaan.
  4. E-commerce : website yang berfungi sebagai media jual beli produk/layanan jasa. 
  5. Crowdfunding : website penggalangan dana, sumbangan, atau donasi. 
  6. Nirlaba : website nonprofit yang berfokus untuk menarik perhatian publik. 
  7. Portofolio : jenis website yang menampilkan karya kreatif secara online
  8. Portal : jenis situs web internal bisnis atau organisasi pendidikan.
  9. Personal : jenis website resume yang menampilkan daftar riwayat atau pengalaman kerja
  10. Media Hiburan : jenis yang menghadirkan konten entertainment, olahraga, dan kabar terkini.
Berikut penjelasan detail terkait jenis jenis website yang telah kita sampaikan di atas.

1. Website Bisnis

Ini adalah jenis website yang bergerak dalam bidang informasi bisnis. Bukan hanya bisnis besar, usaha lokal saat ini juga membutuhkan media publikasi online (dalam hal ini website) sebagai bentuk eksistensi terhadap pertumbuhan masyarakat digital saat ini.

Bisa dibilang, eksistensi website saat ini merupakan salah satu perantara termudah bagi seorang pebisnis untuk menjaring pelanggan atau konsumen. Di dalam website, Anda bisa menampilkan informasi badan usaha yang dikelola, sekaligus memajang beragam produk yang Anda miliki.

2. Blog

Ini adalah jenis situs web yang biasanya dikembangkan secara personal dan mengusung gaya konten yang sederhana. Website jenis blog biasanya akan melakukan update konten secara kontinyu dan dilakukan oleh satu orang saja. 

Sejauh ini, di Indonesia ada banyak jenis blog, mulai dari blog resep makanan, blog pendidikan, blog tutorial, blog otomotif, dan masih banyak lagi. Untuk menjadikan blog Anda tumbuh dan berkembang, pastikan untuk memperbaharui konten secara rutin, dan usahakan agar fokus membahas satu tema saja.

3. Website Brosur

Jika kita mengklasifikasikan kategori website berdasarkan fungsinya, website jenis brosur bisa dibilang adalah yang paling simple dari semuanya. Jenis website ini biasanya hanya memiliki beberapa halaman saja, yang digunakan untuk menampilkan profil bisnis usaha kecil.

Sesuai namanya, jenis website ini sangat mirip dengan brosur online yang berisi gambaran bisnis, lengkap dengan kontak yang bisa dihubungi.

4. Website E-commerce

Ini adalah jenis website jual beli. Di dalamnya, pengguna atau member dapat melakukan transaksi jual beli produk, ataupun layanan jasa yang sesuai dengan kebijakan situs. 

Website E-commerce biasanya memiliki fitur keranjang yang berfungsi sebagai wadah pembelian atas produk atau jasa yang hendak dibeli oleh penggunanya. Di Amerika, transaksi jual beli produk atau layanan jasa melalui website E-commerce terus mengalami peningkatan yang signifikan.

5. Website Crowdfunding

Ini adalah jenis website penggalangan dana atau donasi. Bukan hanya penggalangan donasi yang bersifat kemanusiaan, namun juga jenis penggalangan dana untuk hal-hal yang konyol. Secara umum, dana yang berhasil terkumpul akan disalurkan kepada pihak yang membutuhkan, ataupun kepada penyelenggara kampanye terkait. Salah satu situs donasi terbesar di Indonesia adalah KitaBisa.

6. Website Nirlaba

Ini adalah jenis website non profit yang berfungsi menarik perhatian publik dengan mendukung suatu isu yang tengah berada di masyarakat. Website ini berbeda dengan jenis website bisnis, website nirlaba cenderung lebih sederhana dan berfokus pada masalah-masalah sosial. Bagaimana caranya agar pengunjung dapat memahami website nirlaba dan membuat mereka terlibat dalam aksi-aksi sosial, baik secara langsung maupun tidak langsung.

7. Website Portofolio

Ini adalah jenis website yang memajang beragam karya, jabatan, atau pencapaian yang telah Anda peroleh. Bila Anda adalah seorang penulis, tokoh masyarakat, arsitek, atau apa pun itu, dan Anda memiliki beberapa prestasi sebagai profil, website jenis portofolio adalah pilihan tepat buat Anda.
Website portofolio adalah cara kreatif bagi siapapun yang hendak menunjukkan kebolehannya sebagai penunjang CV.

8. Website Portal

Ini adalah jenis website yang memadukan beragam informasi dari berbagai jenis website, di dalam sebuah media online. Website portal dapat berbentuk situs organisasi pendidikan, ataupun badan usaha bisnis. Di dalam website portal, anggota atau member akan mendapatkan notifikasi pembaruan terkait kabar berita, pelatihan, penawaran, dan apapun itu melalui email yang telah terdaftar di dalam website portal tersebut.

9. Website Personal

Ini adalah jenis website resume yang menampilkan riwayat atau pengalaman pendidikan, pengalaman kerja, kursus yang diikuti, dan kegiatan lainnya yang berkaitan langsung dengan skill atau kelebihan.

10. Media Hiburan

Website media hiburan umumnya berisi kabar terbaru olahraga, cuaca terkini, berita, dan hiburan lainnya yang memberi kesegaran di dalam fikiran seseorang. Berbeda dengan website bisnis, website media hiburan umumnya memiliki jenis konten yang lebih dinamis, dan frekuensi update konten yang jauh lebih tinggi dari jenis website mana pun. 

Itulah pembahasan singkat kali ini terkait jenis-jenis website berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Semoga bermanfaat dan membantu para pembaca yang membutuhkan informasi terkait klasifikasi website. 

Seperti biasa, jika Anda merasa apa yang telah kami sampaikan bermanfaat, bantu kami agar berkembang dengan membagikan tulisan ini ke sosial media Anda. Terima kasih atas kerjasamanya, dan sampai jumpa. 

Update:
Anda bisa mempelajari cara mengganti template blog dan dampaknya terhadap SEO, sebelum benar-benar bertindak dan melakukan kesalahan yang fatal. 

Baca artikel baru kami mengenai cara membuat link WA langsung ke chat pribadi. Panduan ini akan sangat membantu Anda yang membuka toko on-line. 
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.