Widget HTML Atas

Cara Optimasi Keyword Density Tips SEO

Salah satu faktor paling krusial dalam teknik SEO on page adalah tentang kepadatan kata kunci.  

Keyword density
Ilustrasi - Keyword density

Balik lagi di situs SEO Kilat. Sebagaimana judul yang telah kita lihat bersama, tulisan singkat ini akan membahas tentang keyword density, dan bagaimana cara mengoptimalkannya.

Namun sebelum lanjut ke pembahasan utama, kami ingin sedikit mengingatkan kepada para pembaca, bila Anda merasa terbantu dengan artikel ini, beri kami dukungan dengan membagikan artikel keyword density ini ke sosial media. Setiap share dari Anda telah memberi kami motivasi, untuk menghasilkan konten lebih baik lagi.

Apa itu Keyword Density?

Kepadatan kata kunci atau yang bisa dikenal dengan keyword density merupakan persentase pengulangan keyword pada halaman website/blog.

Pengulangan keyword yang lebih banyak, bukan jaminan bahwa konten tersebut akan masuk halaman pertama. Sebaliknya, pengulangan keyword yang sangat minim, juga tidak menjamin akan lebih baik. Terus gimana donk? Tenang! Untuk menghasilkan kepadatan kata kunci yang seimbang, Anda bisa ikuti beberapa arahan di bawah ini.

Cara Optimasi Keyword Density

Memang benar! Sejauh ini belum ada publikasi dari pihak mesin pencari (Google, Yahoo, Bing, Yandex, dan lain lain) terkait persentase keyword density menurut algoritma mereka. Meskipun begitu, tidak sedikit praktisi SEO telah berhasil melakukan uji coba, dan merumuskan beberapa rules yang tepat dalam mengoptimalkan keyword density. Beberapa aturan atau rules tersebut yaitu: 

1. Tentukan Keyword 

Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan keyword apa yang akan Anda target. Gunakan tools riset keyword untuk hasil yang lebih maksimal. Beberapa tools yang bisa Anda gunakan, bisa Anda lihat pada pilar ke-7.

2. Analisa Keyword Difficulty (Persaingan Keyword)

Agar tidak keliru dalam menentukan persentase kepadatan keyword, analisa persaingan keyword terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan beberapa tools digital marketing, seperti: Ahrefs, SEMrush, Moz, Ubbersuggest, dan lain-lain.

3. Menghitung Kepadatan Keyword

Untuk mengetahui apakah kepadatan keyword pada konten telah optimal, kita membutuhkan sebuah rumus yang bisa mengukurnya. Nah, disini kita bisa menggunakan rumus sebagai berikut: Jumlah keyword (dibagi) Jumlah Kata (dikali) 100 = Keyword Density
Contoh: Satu buah artikel 1000 kata, mengandung 10 keyword. Maka keyword density dari artikel tersebut adalah 1%. Karena 10 : 1000 x 100 = 1

4. Mengatur Kepadatan Keyword

Setelah kita mengetahui bagaimana cara mengukur kepadatan keyword, tahap berikutnya adalah mengatur tingkat kepadatan keyword sesuai dengan rules yang telah dipublikasikan oleh para praktisi. 

Kepadatan keyword yang akan kita sesuaikan, sangat tergantung pada keyword difficulty (tingkat persaingan keyword). Itu sebabnya, di awal cara optimasi ini, kita telah menghimbau kepada para pembaca, agar melakukan analisa tingkat persaingan keyword terlebih dahulu. Tujuannya adalah mengukur tingkat kesulitan dari keyword tersebut.
Untuk tingkat persaingan keyword menengah ke bawah, rekomendasi kepadatan keyword yaitu 2% - 3%.
Adapun untuk tingkat persaingan keyword menengah ke atas, rekomendasi kepadatan keyword yaitu 4% - 5%.
Beberapa literasi lain menjelaskan, untuk mesin pencari Google, kepadatan keyword yang dianjurkan berkisar 1,5% hingga 3,5%. Sedangkan untuk mesin pencari diluar Google, rekomendasi kepadatan keyword yang dianjurkan adalah 5%.

Kesimpulan

Meskipun mesin pencari belum melakukan publikasi terkait data kepadatan keyword secara spesifik, namun para praktisi SEO telah memberikan gambaran yang cukup jelas tentang persentase kepadatan keyword. Data informasi yang telah kami sampaikan di atas, bisa Anda gunakan sebaik mungkin untuk mengoptimalkan keyword density.

Bagaimana? Sudah jelaskan tentang keyword density? Bila Anda berhasil menyerap materi ini dengan baik, saya jamin Anda telah mendapatkan satu kekuatan baru, terkait metode optimasi SEO. Terima kasih atas perhatian dan waktunya. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya, masih tentang SEO, blogging dan dunia digital marketing. 

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.