Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Broken Link : Pengertian, Cara Menghapus, dan Sebab Munculnya

Berikut di bawah ini, kami akan jelaskan tentang pentingnya menghapus broken link sebagai salah satu upaya di dalam optimasi SEO.

Cara menghapus broken link
Ilustrasi - broken link

Namun, agar penjelasan dapat lebih terarah dan mudah dipahami, materi pembahasan kali ini akan kita bagi menjadi 4 poin pembahasan, yaitu: apa itu broken link, sebab-sebab munculnya broken link, cara menghapus broken link, serta korelasi broken link dengan optimasi SEO. 

Apa itu Broken Link?

Jika dilihat sekilas dari tatanan bahasanya, tentu kita sudah mempunyai gambaran mengenai apa itu broken link. Broken artinya rusak, patah, hancur dan sejenisnya. Adapun link artinya tautan atau URL. Sejauh ini tidak ada aturan baku dalam mendefinisikan apa itu broken link. Hanya saja, kita tetap tidak boleh salah dalam mengartikannya. 
Secara sederhana, broken link adalah sebuah tautan rusak yang terdapat di dalam halaman website. Sebuah tautan dapat dikatakan rusak, jika halaman website menampilkan pesan error saat tautan tersebut diklik, atau halaman tidak menampilkan data informasi apapun (blank).

Sebab-Sebab Munculnya Broken Link

Untuk menghindari penumpukan atau akumulasi broken link pada website, kita perlu mengenal lebih lanjut apa saja yang menjadi penyebab munculnya broken link. Simak beberapa penyebab munculnya broken link di bawah ini.
  1. Keliru saat mengetik URL/tautan
  2. Cache laman Error 404 belum dihapus
  3. Perubahan domain tertaut
  4. Perubahan setting DNS
  5. Perubahan direktori Web
Ingat baik-baik kelima faktor ini, dan monitoring selalu jumlah broken link website Anda. Ketika broken link telah terdeteksi (meskipun hanya 1), segera ambil tindakan untuk menghapusnya. Bagaimana cara menghapusnya? Cek di bawah ini!


Cara Menghapus Broken Link

Untuk menghapus broken link, Anda bisa ikuti step by step di bawah ini.

1. Masuk ke Situs Siteliner

Sebenarnya ada banyak tools yang bisa kita gunakan untuk mendeteksi broken link. Hanya saja, kami merasa situs siteliner.com cukup sederhana, mudah digunakan dan tentunya gratis. Kunjungi siteliner.com 

2. Masukan URL Situs Anda

Setelah masuk ke halaman situs siteliner, silahkan masukan alamat URL situs Anda ke form yang tersedia. Kemudian tekan ENTER.

3. Pilih Tautan Broken Link (Link Rusak)

Anda bisa lihat, di sisi sebelah kiri halaman terdapat tautan yang bertuliskan “Broken Links”. Klik tautan tersebut.

4. Hapus Broken Link

Setelah mengklik tautan “Broken Links”, siteliner akan melakukan pengecekkan, dan memeriksa apakah di dalam situs tersebut terdapat link yang rusak. Jika situs yang diperiksa ternyata memiliki tautan yang rusak, maka halaman siteliner akan menampilkan daftar broken links, lengkap dengan sumbernya. Anda bisa mulai menghapus satu persatu broken links yang Anda dapatkan dari halaman siteliner.com. (Selesai)

Korelasi Broken Link Dengan Optimasi SEO

Terkait korelasi broken link dengan optimasi SEO, tentunya sudah sangat jelas. Akumulasi broken link pada sebuah website akan memberi nilai negatif pada SERP. Dalam kondisi yang cukup parah, sebuah website yang “menyimpan” banyak broken link akan beresiko terkena penalty Google Sandbox. 

Pasalnya, selain mengganggu kinerja mesin pencari dalam menampilkan data, keberadaan broken link akan memberikan user experience yang buruk. Padahal sudah sangat jelas, optimalisasi user experience yang baik telah menjadi salah satu indikator penting di dalam SEO. 

Kesimpulan

Semakin bersih sebuah website dari broken link, maka akan semakin baik pula kondisi website di mata mesin pencari. Upaya penghapusan broken link ini masuk dalam kategori optimasi SEO on page.

Bagaimana? Mungkin itu saja pembahasan kita kali ini mengenai pengertian broken link, sebab-sebab munculnya, cara menghapus broken link, serta korelasi antara broken link dengan optimasi SEO. 

Semoga tulisan singkat ini mampu menjawab kebutuhan Anda, terkait informasi mengenai broken link. Terima kasih dan jangan lupa! bagikan tulisan ini ke sosial media Anda, sebagai bentuk dukungan kepada kami agar terus menghasilkan konten yang bermanfaat.
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.