Widget HTML Atas

Bagaimana Cara Meningkatkan Domain Rating Website Untuk SEO

Mungkin diantara kita sudah sering mendengar cuitan para member grup, entah itu di grup WordPress Indonesia, Grup Blogger Indonesia, atau grup-grup sejenisnya yang mengatakan : otoritas domain atau domain rating sangat berpengaruh dalam meningkatkan lalu lintas organik.

Cara meningkatkan domain rating
Cara meningkatkan domain rating

Dalam hal ini perlu kita ketahui, domain rating yang tinggi dari sebuah website tentu merupakan ciri yang baik dari sebuah domain. Namun perlu diingat! Meningkatkan domain rating atau otoritas domain bukanlah tujuan akhir seorang webmaster dalam membangun atau mendirikan sebuah website. 

Terlepas dari opini singkat di atas, kita juga tidak bisa mengabaikan sisi optimasi SEO website, dengan melupakan faktor-faktor yang dapat meningkat domain rating, sebagai fondasi dasar dalam optimasi mesin pencari. Oleh sebab itu, pada kesempatan yang singkat ini kami akan membagikan beberapa tips, tentang bagaimana cara meningkatkan domain rating sebagai fondasi awal dalam optimasi SEO website.

Skema pembahasan materi kali ini akan kita bagi menjadi 5 pembahasan utama, yaitu:
  • Apa itu Domain Rating?
  • Cara Cek Domain Authority
  • Cara Meningkatkan Domain Rating
  • Manfaat Domain Authority
  • Contoh Domain Authority

Apa itu Domain Authority?

Domain rating atau domain authority adalah sebuah metrik yang dikeluarkan oleh pihak SEO tools, dalam mendefinisikan tingkat popularitas sebuah website di dalam mesin pencari. Secara umum, domain rating dari sebuah website ditentukan melalui kualitas profil backlink pada domain, kemudian dikomparasikan dengan setiap website yang berada di dalam index tools SEO tersebut. 


Bagaimana Cara Cek Domain Authority? 

Bagi blogger yang aktif, mungkin sudah banyak yang tahu cara mengecek domain authority ataupun domain rating dari sebuah website. Meskipun begitu, saya cukup yakin setidaknya ada satu dua pembaca yang mungkin belum mengetahui mengenai cara sederhana ini.

Cek Domain Authority Melalui Moz

Untuk mengecek domain authority melalui SEO tools Moz, Anda bisa masuk ke Analisis Domain Moz. Setelah masuk ke dalam halaman Moz, Anda cukup memasukan domain website Anda, dan menekan button analis. Hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini.

cara meningkatkan domain rating
Cara Cek Domain Authority versi Moz

Cek Domain Rating Melalui Ahrefs

Jika menurut Moz metrik popularitas domain disebut dengan authority, berbeda dengan Ahrefs. Metrik yang dikeluarkan oleh Ahrefs disebut dengan “Rating”. Untuk mengecek domain rating di tools SEO Ahrefs, Anda bisa kunjungi halaman Backlink Checker Ahrefs. Setelah masuk ke dalam halaman, Anda bisa memasukan alamat domain website Anda ke dalam form checker. Kemudian tekan button periksa tautan. Hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini.

cara meningkatkan domain rating
Cara cek domain rating versi ahrefs



Cara Meningkatkan Domain Rating

Mungkin sebagian orang beranggapan, dengan membangun banyak backlink dofollow yang mengarah ke situs, akan meningkatkan domain rating website yang kita kelola. Padahal, nyatanya tidak sesederhana itu. Kebanyakan SEO tools saat ini telah memiliki algoritma yang cukup canggih dalam mengukur metrik, serta menentukan apakah backlink yang masuk pada sebuah domain berkualitas atau tidak.
Tahukah Anda? Domain yang memiliki rating rendah, umumnya tidak berpengaruh besar untuk meningkatkan domain rating bagi sebuah website.
Dalam studi kasus yang dipublikasikan oleh pihak Ahrefs, jumlah backlink (root domain) yang relevan dengan halaman website, jauh lebih memiliki korelasi terhadap lalu lintas organik, dibanding dengan domain rating itu sendiri. 
Namun sayangnya, untuk mendapatkan backlink dari situs yang relevan tidaklah selalu mudah. Justru terkadang menjadi lebih sulit, karena ada sedikit unsur kompetisi di dalamnya.

Berikut di bawah ini cara yang bisa Anda coba untuk meningkatkan domain rating.

1. Buatlah Konten Berkualitas dan Menuntut Orang Untuk Memberi Tautan

Perlu diketahui, salah satu faktor yang mengakibatkan domain rating mengalami peningkatan adalah banyaknya jumlah backlink yang terhubung pada website tersebut. Namun muncul sebuah pertanyaan, bagaimana caranya agar situs kita mendapatkan backlink dari orang lain?

Jika Anda tidak ingin mengeluarkan dana untuk mendapatkan backlink, maka jawabannya cuma satu, yaitu membuat konten yang berkualitas. Bukan sekedar berkualitas saja, lebih dalam kita mengetahui, bahwa konten yang kita buat harus memiliki nilai yang membuat orang ingin memberikan tautan kepada website kita. Kata kuncinya ada 2:
  • Menyusun konten yang berkualitas tinggi
  • Memilih keyword dengan tingkat persaingan yang tinggi
Untuk poin pertama yaitu menyusun konten berkualitas, kami anggap para pembaca sudah memahami bagaimana kriteria konten yang berkualitas. Salah satunya yaitu dengan mengoptimalkan keyword density.

Nah! Untuk poin kedua, yaitu memilih keyword dengan persaingan tinggi. Alasannya sederhana, setiap konten yang mengacu pada keyword persaingan (keyword difficulty) tinggi, umumnya memiliki jumlah backlink yang banyak bila kita mengeceknya melalui tools riset keyword.

Banyaknya jumlah backlink tersebut bisa kita asumsikan bahwa konten dengan topik atau keyword tersebut, memang menuntut orang lain agar memberikan backlink sebagai sumber rujukan konten. Inilah alasannya mengapa kita katakan, bahwa memilih konten dengan keyword difficulty tinggi adalah salah satu step untuk mendapatkan backlink dari situs lain.

2. Dapatkan Tautan Dari Situs Berkualitas yang Relevan

Berdasar pada studi kasus Ahrefs yang telah kita sampaikan di atas, tingginya jumlah backlink (root domain) dari situs yang relevan terbukti mampu meningkatkan lalu lintas organik pada website yang kita jalankan. Lebih dari sekedar trafik, backlink dari situs berkualitas yang relevan juga akan meningkatkan domain rating lebih cepat, dibanding dengan backlink dari situs umum yang jauh dari relevansi. 
Cara termudah untuk mendapatkan backlink jenis ini adalah dengan menghubungi langsung pihak owner atau pemilik situs melalui contact form yang tersedia.

3. Optimalkan Penggunaan Internal Link Untuk Meningkatkan Otoritas Halaman Khusus

Selain meningkatkan otoritas domain secara umum, Anda juga perlu meningkatkan rating atau otoritas halaman tertentu, guna mendapatkan rangking terbaik di halaman mesin pencari. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan meningkatkan penggunaan internal link. Metode peningkatan otoritas halaman melalui optimasi internal link ini disebut dengan “Middleman Method”.

Apa Manfaat Domain Authority? 

Meskipun bukan merupakan tujuan utama dalam membangun website, setidaknya ada 2 manfaat dapat kita rasakan bila memiliki domain dengan authority tinggi.

1. Memiliki Kekuatan Dalam Membidik Keyword Berat

2. Memiliki “Nilai Jual” Lebih Tinggi di Mata Para Digital Marketer

Contoh Domain Authority / Domain Rating

Sebenarnya contoh domain authority atau domain rating sudah kita sampaikan di atas. Namun untuk lebih jelas, Anda bisa lihat gambar di bawah ini, mana yang termasuk domain authority dan mana yang domain rating.

cara meningkatkan domain rating


Kesimpulan

Domain rating atau domain authority sebuah website dapat ditingkatkan dengan beragam bentuk optimasi. 3 cara di atas adalah langkah paling sederhana yang mungkin bisa Anda aplikasikan.

Mungkin ini saja pembahasan kita kali ini mengenai cara meningkatkan domain rating atau domain authority. Terima kasih atas perhatian dan waktunya. Jangan lupa! Bila Anda merasa artikel singkat ini bermanfaat, beri kami dukungan sederhana dengan membagikan tulisan terkait domain rating ini ke sosial media Anda. 
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.