Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Yahoo? Kelebihan Yahoo Dibandingkan Google

Apa itu Yahoo? Pasti Anda sudah sangat tahu karena platform ini termasuk sudah lama berkecimpung di dunia online. Berbagai layanannya cukup populer di kalangan pengguna, hingga search enginenya mampu bersaing dengan Google
Kelebihan Yahoo
Ilustrasi - Kelebihan Yahoo

Sekilas Tentang Apa itu Yahoo

Yahoo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang online, saat ini kantor pusatnya terletak di Sunnyvale, California, AS. Berbagai layanan ditawarkan dengan macam-macam fungsi juga mampu memberi kepuasan pada setiap penggunanya. 

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kunjungan yang setiap bulannya didatangi oleh sekitar 700 juta pengguna. Layanan Yahoo antara lain seperti Yahoo Mail, News, Groups, Search, Answer, Finance, Sports dan lainnya.

Semakin berkembangnya jaman, Yahoo mengembangkan sayapnya melalui kerja sama dengan Bing dan Microsoft. Hal ini bertujuan untuk memperluas hasil pencarian sehingga bisa lebih relevan. Maka dari itu jika dilihat fitur kedua platform ini memiliki persamaan.

Kelebihan Yahoo Dibandingkan Google

Platform ini memiliki layanan yang cukup lengkap, jadi tak heran jika Yahoo mampu menarik perhatian para penggunanya. Beberapa fiturnya menawarkan berbagai fasilitas menarik sehingga bisa lebih unggul dibanding Google. Adapun beberapa kelebihannya yaitu:

1. Surat Menyurat Modern 

Yahoo memiliki layanan mail yang sudah sejak lama dikenal oleh penguna online. Maka dari itu, fitur ini bisa dikatakan sebagai pelopor surat menyurat modern. Jadi hanya mendaftarkan diri dan membuat akun saja, Anda sudah bisa berkirim kabar dengan orang di seluruh dunia.

Melalui layanan ini, tak perlu lagi pergi ke kantor pos atau memasukkan surat ke kotak pos. Hanya tinggal mengetikkan berita atau kabar di Yahoo Mail sudah dapat berkirim informasi dengan teman atau kerabat yang ada dimana saja. 

2. Penyedia Layanan Gratis

Yahoo adalah platform yang menawarkan beberapa layanan gratis untuk para penggunanya. Salah satunya Yahoo Mail, mampu meraih julukan email gratis terbesar pada tahun 1990-an. Karena kualitas layanannya cukup lengkap dan sangat mudah dijalankan.

Walaupun saat ini sudah tidak sepopuler dulu, namun Yahoo tetap mampu bertahan di sekeliling persaingan yang cukup ketat. Jadi tak perlu diragukan lagi bahwa layanan gratisnya memang cukup berkualitas meskipun banyak layanan menariknya.

3. Memiliki Layanan Penyimpan Otomatis

Adakalanya pada saat menulis email, terjadi mati lampu sehingga perangkat laptop atau PC mati tiba-tiba. Dengan menggunakan layanan Yahoo, Anda tidak perlu khawatir lagi karena mampu menyimpan secara otomatis ke halaman draft.

Jadi pada saat lampu hidup dan Anda ingin melanjutkannya kembali, maka tulisan yang sebelumnya tidak akan hilang. Layanan Yahoo ini sangat membantu, sehingga tak perlu lagi mengetik ulang surel mulai dari awal lagi.

4. Kuota Surel yang Berlimpah

Inilah salah satu keunggulan Yahoo yang kerap dijadikan senjata untuk menghadapi kompetitor-kompetitornya. Walaupun menjajaki bidang sama yaitu sebagai penyedia email gratisan, namun tidak dapat dipungkiri platform satu ini memang pantas diacungi jempol.

Karena dalam layanan mailnya mampu menyimpan file data hingga mencapai 1 terabyte tanpa harus membayar satu rupiahpun. Jika dibandingkan Google, Yahoo lebih unggul sebab maksimum penyimpanan hanya bisa menampung 15 GB.

5. Memiliki Layanan Chatting 

Masih ingat dengan Yahoo Messenger? Ya ini adalah layanan chatting yang sudah cukup lama populer dan memiliki cukup banyak pengguna pada saat itu. Walaupun saat ini sudah tidak begitu terkenal namun platform ini masih mampu berdiri tegak di tengah persaingan.

Dengan Yahoo Messenger, pengguna tidak hanya dapat menggunakannya sebagai tools pengirim pesan saja namun juga bisa dipakai telepon atau bahkan panggilan video. Jadi Anda bisa menghubungi teman antar kota hingga luar negeri.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian apa itu Yahoo dan beberapa kelebihannya di banding Google. Semoga bermanfaat. 

Penulis : Kontributor Eksternal
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.