Widget HTML Atas

Apa itu Semantik SEO? dan Manfaatnya bagi Webmaster

Mungkin diantara pembaca masih banyak yang sedikit asing dengan istilah Semantik SEO. Nah, berhubung istilah ini masih sedikit asing di kalangan para newcomer, kami ingin sedikit mengedukasi pembaca, apa sih Semantik SEO itu? Bagaimana cara mengoptimasinya?

Semantik seo
Ilustrasi - semantik SEO

Mungkin banyak yang tidak menyadari, bahwa persaingan antar website dalam menduduki posisi teratas mesin pencari, kini telah berubah menjadi semakin ketat dan sangat kompetitif. Tentu saja ini semua adalah imbas pesatnya perkembangan dunia teknologi, dalam menghadirkan beragam informasi melalui media digital

Bila kita jarang mengupdate informasi terkait SEO, masuk ke halaman pertama Google dengan keyword yang ajib tentu hanya akan menjadi angan-angan yang tidak pernah tercapai. Seperti judul yang telah kita lihat bersama, tulisan ini akan membahas tentang apa itu semantik SEO, dan bagaimana cara mengoptimalkannya . Untuk menghemat waktu, yuk! Langsung saja simak materi selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Semantik SEO?

Sederhananya, definisi semantik SEO adalah metode atau pola pencarian di dalam mesin pencari (search engine), yang fokus dalam mengidentifikasi konten paling relevan, untuk ditampilkan ke halaman utama mesin pencari.

Sebagai contoh, ketika Anda mengetikkan sebuah keyword yang tidak spesifik di mesin pencari (misal: WhatsApp), Google selaku mesin pencari akan berusaha menampilkan konten paling relevan dengan potongan keyword yang telah Anda masukkan.

Hasil penelusuran yang ditampilkan oleh Google ini, tidak selalu related dengan apa yang dikehendaki oleh pengguna mesin pencari. Alasannya, apa yang tampilkan oleh Google di halaman mesin pencarinya adalah konten yang memiliki informasi terbanyak terkait keyword (non-spesifik) atau halaman konten yang paling banyak di cari oleh pengguna, dengan kata kunci non-spesifik tersebut.

Contoh Visibilitas Semantik SEO

Agar tergambar lebih jelas bagaimana cara kerja semantik SEO yang kami maksud, perhatikan alur yang akan kami sampaikan di bawah ini.

1. Saat Anda mencari kata “semantik” (untuk pertama kali) di mesin pencari, mungkin informasi yang muncul adalah "pengertian semantik" Wikipedia, atau pembahasan tentang "semantik lesikal". Hasil pencarian ini bila kita memasukan keyword “semantik” di dalam form pencarian Google tanpa spasi. Artinya, murni hanya menggunakan kata “semantik” tok.

2. Ketika Anda mengetikkan keyword “semantik” di form mesin pencari Google, lalu Anda menekan tombol spasi. Halaman mesin pencari akan menampilkan banyak keyword sugesti yang berkaitan dengan kata kunci “semantik”, seperti: 
  • Semantik adalah
  • Semantik bppk
  • Semantik mobile
  • Semantik bahasa Indonesia
  • Semantik pdf
  • Semantik adalah
  • Semantik artinya
  • Semantik diferensial
  • Semantik dan fragmatik
  • Semantik kbbi
Apa itu semantik SEO
Ilustrasi - Pola semantik SEO

Nah! Kemunculan keyword atau kata kunci sugesti tersebutlah yang merupakan bagian dari pola semantik SEO. 


Apa Manfaat Semantik SEO bagi Seorang Webmaster?

Jika ditanya apakah semantik SEO bermanfaat atau tidak, tentu jawabannya sudah jelas. Semantik SEO sangat bermanfaat bagi seorang pelaku digital marketing, khususnya para webmaster dan content writer SEO. 

Dalam hal ini, pola semantik SEO sangat berperan besar bagi kita yang membutuhkan ide baru dalam membuat konten, baik itu sebagai konten utama, maupun konten pendukung dalam optimasi struktur website.

Prakteknya cukup sederhana. Sebagaimana yang kita jelaskan di atas, kita cukup memasukan sebuah keyword non-spesifik (misal: “SEO”) pada form pencarian, lalu menekan tombol spasi, baik itu di keyboard smartphone ataupun PC. Setelah menekan tombol spasi, halaman mesin pencari secara otomatis akan menampilkan banyak sugesti baru, yang bisa kita manfaatkan sebagai ide dalam membuat konten.

Kesimpulan

Sebenarnya pembahasan semantik SEO ini tidak jauh-jauh dari pembahasan LSI keyword, karena masih berada di dalam topik yang sama. Hanya saja, disini kita lebih fokus kepada pemahaman terkait pola mesin pencari, dalam mengidentifikasi konten atau keyword paling relevan untuk tampil di halaman utama mesin pencari.

Mungkin ini saja yang bisa kita sampaikan terkait pembahasan seputar semantik SEO. Seperti biasa, bila Anda merasa tulisan ini bermanfaat, beri kami dukungan dalam mengembangkan situs dengan membagikan artikel ini ke sosial media Anda. Setiap share yang Anda upayakan, telah memberi semangat kepada kami dalam memahamkan para pembaca terkait SEO yang penuh dengan misteri. Terima kasih dan sayonara!
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.