Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Permalink dan Bagaimana Cara Optimasinya

Setelah sebelumnya kita membahas tentang manfaat SEO pada perkembangan bisnis, kali ini sesuai judul yang telah kita saksikan bersama, kita akan membahas tentang apa itu permalink dan bagaimana cara melakukan optimasinya.

Apa itu permalink
Apa itu permalink

Salah satu dari banyaknya indikator SEO adalah penggunaan permalink yang ramah terhadap mesin pencari. Lalu, apa itu permalink? Bagaimana cara optimasinya? Kalau sudah terlanjur publish, apa bisa kita merubah permalink? Baik, cermati materi di bawah ini dengan seksama. Sebab, bila Anda berhasil memahaminya, Anda akan mendapatkan sebuah kekuatan baru di dalam teknik optimasi SEO. 

a. Apa itu Permalink?

Permalink adalah alamat URL yang merupakan salah satu identitas dari sebuah konten atau halaman web. Permalink sebenarnya merupakan singkatan dari “permanent link” yang seharusnya secara bahasa adalah link yang tidak dapat diubah alias permanen. Adapun contoh permalink, seperti : https://www.seokilat.com/p/disclaimer-seo-kilat.html

b. Bagaimana Cara Optimasi Permalink?

Untuk menciptakan sebuah permalink yang ramah terhadap search engine, ada beberapa elemen yang perlu kita perhatikan, seperti berikut ini.

1. Gunakan Keyword yang Sederhana

Definisi sederhana disini bukan berarti kita mengesampingkan unsur SEO. Justru sederhana yang kita maksud adalah bagaimana caranya agar URL yang kita ciptakan tidak terlalu panjang, namun tetap memiliki muatan keyword, sehingga memudahkan mesin pencari dalam mengidentifikasi konten yang kita miliki.

2. Tambahkan Keyword di dalam Permalink

Seperti yang sudah kita singgung pada poin pertama. Dalam membuat sebuah permalink, kita dituntut untuk cerdas memahami bagaimana mesin pencari bekerja dalam mengidentifikasi sebuah konten. Salah satu langkah yang bisa kita ambil untuk memudahkan mesin pencari dalam mengenali konten kita adalah dengan menambahkan keyword di dalam permalink. 

Contoh praktek penggunaan keyword di dalam permalink ini, bisa Anda tinjau langsung dengan mengetikkan keyword pada mesin pencari, misal : “pengertian puisi”. Anda bisa melihat, hampir seluruh halaman web di page one Google menggunakan frasa “pengertian puisi” di dalam permalinknya.

3. Hindari Penggunaan Huruf Kapital

Untuk menciptakan sebuah permalink yang ramah terhadap mesin pencari, diantara yang perlu kita perhatikan adalah penggunaan jenis huruf. Hindarilah penggunaan uppercase (huruf besar) saat membuat sebuah permalink. Penggunaan lowercase atau huruf kecil dinilai lebih memiliki dampak positif terhadap mesin pencari. Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh NEIL PATEL (Pakar SEO). Beliau menyebutkan sebuah fakta, bahwa tidak semua server (saat itu) mampu mengakses permalink yang menggunakan uppercase (huruf besar). Ketika server gagal mengakses permalink yang memuat huruf besar, maka halaman web yang ditampilkan adalah error 404 not found.

4. Relevan

Saat membuat sebuah permalink, kita bukan hanya dituntut untuk membuatnya tampak sederhana. Lebih daripada itu, kita perlu membuat permalink tersebut mampu menggambarkan kandungan atau isi dari konten website kita. Jangan sampai, fokus konten kita membahas tentang jasa SEO, namun permalink yang kita gunakan justru lebih mencerminkan tentang teknik copywriting.

Bagaimana? Itulah pembahasan singkat kita kali ini seputar pengertian permalink dan bagaimana cara mengoptimalkannya. Kami harap, sedikit yang kami sampaikan ini dapat bernilai bagi Anda, sekaligus mampu menjadi panduan dalam memahami salah satu indikator SEO. 

Terima kasih atas karena sudah meluangkan waktu bersama kami, dan jangan lupa! Jika Anda merasa artikel tentang permalink ini bermanfaat, dukung kami dengan membagikannya ke sosial media. Setiap dukungan yang Anda berikan, telah memotivasi kami untuk hadirkan konten bermanfaat secara kontinyu. Sampai jumpa. 

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.