Widget HTML Atas

Apa itu E-A-T? Bagaimana Korelasinya Terhadap SEO?

Jika kita sedikit melihat ke belakang, istilah E-A-T dalam optimasi SEO mulai terdengar sejak tahun 2018 yang lalu. Terang saja, mungkin saat itu sudah ada ratusan artikel yang membahas tentang apa itu E-A-T.

Eat seo
Ilustrasi - apa itu E-A-T SEO

Pada kesempatan kali ini, seperti judul yang telah Anda lihat. Kita akan membahas tentang apa itu E-A-T dan sejauh mana dampak yang dihasilkan terhadap SEO.
Dalam beberapa artikel yang membahas tentang E-A-T menyebutkan, implementasi E-A-T pada website memiliki dampak SEO yang cukup signifikan, sebagaimana kutipan yang kami ambil dari cuplikan image Ahref, disebutkan yang maknanya lebih kurang:
Konsep E-A-T dan guidelines Google memiliki hubungan yang sangat erat (dalam optimasi SEO). Anda tidak bisa mengabaikan faktor penting ini. Ingat! E-A-T adalah faktor penentu peringkat. Jadi, terapkan di dalam situs Anda, niscaya Anda akan mendapatkan manfaatnya.
Namun disisi lain, beberapa artikel tentang E-A-T menyebutkan yang maknanya lebih kurang: 
E-A-T bukanlah konsep yang menentukan peringkat dalam mesin pencari. Keahlian, kepiawaian, dan kepercayaan bukan merupakan indikator peringkat website di dalam mesin pencari. 
Jika kita melihat dua kutipan di atas, mungkin akan menjadi sedikit membingungkan. Lalu, sebenarnya apa sih E-A-T itu? Apa benar, E-A-T memiliki dampak langsung terhadap SEO

Daripada bingung, mari simak uraian materi selengkapnya di bawah ini. 

Apa itu E-A-T?

Jika kita merujuk pada situs-situs terkemuka seperti : Moz, Ahrefs, SEMrush atau Search Engine Journal, disebutkan bahwa E-A-T adalah singkatan dari Expertise (Keahlian), authoritativeness (kepiawaian), dan trustworthiness (kepercayaan).Tentu saja, definisi ini tidak lekat dari guidelines Google

Meskipun istilah E-A-T mulai familiar pada tahun 2018, namun sebenarnya istilah ini sudah ada di dalam dokumen Google yang diterbitkan pada tahun 2013 silam. 


Sejauh Mana E-A-T Berperan Dalam SEO?

Menurut hemat kami, secara umum E-A-T berperan cukup penting dalam semua kategori konten. Hanya saja, beberapa topik atau pembahasan khusus mungkin membutuhkan perhatian E-A-T lebih besar ketimbang topik sederhana lainnya, seperti:

Pembahasan tentang hewan-hewan lucu. Konten seperti ini sangat subjektif, dan tentunya bukan sebuah konten yang bersifat krusial, sehingga dapat mengancam keselamatan jiwa. 

Berbeda halnya dengan konten-konten medis, seperti dosis obat misalnya. Untuk jenis konten seperti ini, tentu peran E-A-T merupakan salah satu unsur wajib sebelum mesin pencari menampilkan konten di halaman pertamanya. 

Dalam hal ini khususnya Google, tentu memiliki aturan ketat dalam menampilkan konten yang membutuhkan keakuratan data dan keahlian di dalamnya. Oleh sebab itu, situs-situs yang tidak dapat dipercaya dan tidak memiliki otoritas di dalamnya, besar kemungkinan akan dianggap sebagai situs yang tidak akurat oleh mesin pencari. 

Selain berfokus pada konten medis, aturan E-A-T dalam optimasi SEO juga berlaku pada konten yang melibatkan informasi data perbankan, seperti : cara transfer saldo, dan sejenisnya. Dalam hal ini, mesin pencari cenderung memandang sebelah mata terhadap situs yang tidak memiliki keahlian, kepiawaian, dan kepercayaan terhadap informasi yang dibawakan. 

Topik pembahasan seperti ini masuk dalam kategori YMYL menurut pedoman Google. 
YMYL adalah singkatan dari your money your life. Secara substansi, kategori YMYL berkaitan erat dengan informasi yang mempengaruhi kebahagiaan seseorang, keuangan, kesehatan, ataupun keselamatan seseorang. 
Oleh sebab itu, bila Anda mengembangkan sebuah situs yang mengambil "genre" YMYL, maka faktor E-A-T berperan besar dalam menentukan posisi konten Anda di mesin pencari


Bagaimana Menimbang Faktor E-A-T dari Sebuah Situs atau Konten? 

Secara umum, E-A-T atau Expertise (keahlian), authoritativeness (kepiawaian), dan trustworthiness (kepercayaan) memiliki konsep yang sama di dalam mesin pencari. Hanya saja, konten yang benar-benar membutuhkan faktor E-A-T akan dievaluasi secara independen, dengan menggunakan serangkaian indikator khusus. Lalu, sebenarnya bagaimana penjelasan detail mengenai apa itu E-A-T, sehingga memiliki peran penting dalam optimasi SEO? Berikut penjelasannya.

1. Expertise (Keahlian)

Sesuai makna secara zahir, expertise atau keahlian bermakna memiliki tingkat keterampilan atau pengetahuan yang luas terkait suatu bidang profesi atau cabang keilmuan. Evaluasi dalam timbangan ini cenderung fokus pada nilai sebuah halaman konten, bukan situs web secara umum. Sehingga, mesin pencari akan melakukan identifikasi terhadap database, untuk menimbang halaman mana yang memiliki keahlian terhadap request user di mesin pencari.

Khusus topik terkait YMYL, evaluasi akan berfokus pada 3 penilaian, yaitu: keahlian formal, kualifikasi, serta pendidikan dari si pembuat konten tersebut. Kita ambil sebuah contoh, seorang dokter spesialis kulit jauh lebih memenuhi syarat untuk menyusun sebuah konten terkait masalah kulit, dibandingkan dengan seorang yang tidak memiliki background ilmu terkait masalah kulit.
Dalam hal ini (topik YMYL), keahlian formal seseorang memiliki dampak yang cukup besar, dalam timbangan algoritma mesin pencari, khususnya Google.

2. Authoritativeness (Otoritas)

Setidaknya ada 3 substansi otoritas di dalam sebuah konsep E-A-T, yaitu reputasi seseorang, praktisi, dan tokoh influencer dalam dunia industri. Ringkasnya adalah otoritas dalam hal ini mencakup segala aspek tentang seseorang atau situs yang telah memiliki citra kuat dalam menampilkan suatu informasi.

Untuk mengukur tingkat otoritas, mesin pencari akan melakukan evaluasi mendalam terhadap individu ataupun wawasan sebuah situs, terkait topik yang membutuhkan penilaian E-A-T secara khusus. 
Dalam beberapa kondisi, penyebutan dari sumber terpercaya seperti Wikipedia dapat berarti besar dalam kacamata mesin pencari. Namun perlu diingat, otoritas di dalam E-A-T merupakan sebuah konsep yang sangat relatif. 

3. Trustworthiness (Kepercayaan)

Kepercayaan di dalam konsep E-A-T adalah tentang legitimasi, transparansi, serta tingkat akurasi data dari sebuah situs. Dalam hal ini, mesin pencari akan melakukan evaluasi terhadap tingkat kepercayaan sebuah situs, seperti: penanggung jawab konten yang telah dipublikasikan. Secara umum, aspek kepercayaan ini juga ditimbang terhadap konten non YMYL. Namun, penilaian akan lebih ketat terhadap konten yang bergerak di dalam kategori YMYL.
Website yang berfokus pada konten YMYL umumnya menuntut tingkat kepercayaan tinggi dari para penggunannya. Pasalnya, pengguna mesin pencari biasanya membutuhkan informasi terpercaya, terkait individu yang bertanggung jawab atas sebuah konten.
Salah satu upaya yang bisa kita aplikasikan untuk meningkatkan kepercayaan situs adalah menyertakan kontak yang bisa dihubungi. Khususnya website yang berfokus pada konten YMYL dan toko online.

Sejauh Mana E-A-T Berpengaruh Pada SEO?

Sebelumnya perlu diketahui, untuk menentukan peringkat konten di dalam mesin pencari, setidaknya indikator tersebut harus mampu diidentifikasi oleh komputer untuk dievaluasi.

Kita ambil sebuah contoh: jumlah backlink dari sebuah halaman.

Dalam hal ini, Google memiliki sebuah program khusus yang mampu melakukan evaluasi secara mendalam, terkait banyaknya jumlah backlink yang mengarah ke sebuah halaman. Dari hasil evaluasi tersebut, Google akan menentukan score atau peringkat SEO dari sebuah halaman website, apakah halaman tersebut berkualitas atau tidak.

Dari keterangan di atas muncul sebuah pertanyaan. Jika E-A-T merupakan konsep penilaian manusia terhadap konten, maka bagaimana pula mesin pencari mampu memahaminya? Sebab sebagaimana kita ketahui, algoritma mesin pencari saat ini bekerja dengan memahami byte dari sebuah data konten.

Anda tidak perlu khawatir mengenai masalah ini. Sebab para enginer Google telah melakukan beragam terobosan terkait E-A-T yang bisa Anda lihat secara langsung disini. Anda juga bisa menyimak penjelasan tentang E-A-T ini melalui video di bawah ini. 


Bagaimana Cara Optimasi E-A-T?

Sebelum masuk penjelasan yang lebih dalam mengenai optimasi E-A-T, perlu diketahui bahwa optimalisasi bukanlah demonstrasi. Jika Anda tidak memiliki skill di dalam bidang khusus, Anda tidak akan bisa mendemonstrasikannya.

Perlu diketahui, sejak tahun 2018 silam ketika Google pertama kali meluncurkan pembaruan “medis”, banyak situs yang sebelumnya berada di halaman pertama mesin pencari, tumbang akibat tidak memiliki faktor E-A-T yang kuat. Adapun mengenai cara optimasi E-A-T yang baik dan benar adalah sebagai berikut:
1. Optimalkan jumlah tautan
2. Update konten secara kontinyu
3. Lakukan validitas data informasi
4. Dapatkan review dari website tetangga tentang brand kita
5. Rekrut pakar untuk mengisi konten
6. Tampilkan biografi penulis
7. Sertakan kontak yang bisa dihubungi
8. Dapatkan halaman dari Wikipedia

Kesimpulan

Berdasarkan uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa E-A-T merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi posisi konten di dalam mesin pencari. Khususnya jenis-jenis konten yang masuk di dalam kategori YMYL.

Mungkin ini saja pembahasan kita kali ini mengenai apa itu E-A-T, cara optimasi E-A-T dan korelasinya terhadap SEO. Terima kasih atas perhatian dan waktunya. Seperti biasa, bila Anda merasa tulisan ini bermanfaat, beri kami dukungan dengan membagikannya ke sosial media. Sampai jumpa pada pembahasan kita yang lainnya. 
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.