Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google : Mengenal Anak Perusahaan Google

Kenali Dulu Apa itu Google - Semua orang pasti tahu apa itu Google. Karena platform ini cukup populer di seluruh dunia. Terkenal sebagai mesin pencari yang dianggap sebagai suatu alat dengan kemampuan hebat karena bisa mengetahui segala hal.

Anak perusahaan Google
Anak perusahaan Google


Apa Itu Google?

Google merupakan salah satu paltform mesin pencari yang kantor pusatnya berada di Amerika Serikat. Tepatnya berada di Googleplex, Kota Mountain View, California. Kondisi gedungnya dibuat sangat nyaman bagi para perkerjanya demi mendapatkan kinerja maksimal.

Kepopuleran Google di seluruh dunia tidak perlu diragukan lagi, karena setiap harinya mampu mencakup sekitar 200 juta pengajuan keyword. Pencarian ini bisa berasal dari situs pribadi maupun web klien seperti American Online.

Google memiliki berbagai layanan yang cukup populer. Salah satunya adalah pay per click, biasanya kebanyakan orang mengenalnya dengan AdWords. Fitur ini sangat menghasilkan hingga mampu membawanya ke dalam kesuksesan hingga saat ini.

Mengenal Beberapa Anak Perusahaan Google

Pesatnya perkembangan teknlogi digital, membuat Google terus menciptakan inovasi-inovasi terbaru bertujuan untuk mempermudah seluruh penggunanya di seluruh dunia. Fitur yang dibuat sangat beragam dan mampu bertahan walaupun dikelilingi oleh kompetitor. Berikut ini ulasannya:

1. Android

Sebelumnya pihak Google hanya sebagai supporting dana dalam memproduksi Android, namun semakin berkembangnya jaman kemudian memutuskan untuk melakukan akuisisi pada 2005 sehingga mereka mulai bekerjasama dan berhasil meluncurkannya secara resmi di tahun 2007. 

Maka dari itu di tahun 2008, perangkat Android sudah dilengkapi dengan berbagai layanan Google seperti Gmail, maps, Playstore, Google Play dan lainnya. Hal ini tentu membuat konsumen semakin terpuaskan dan termanjakan.

2. Double Click

DoubleClick merupakan platform di bidang online advertising yang mempelopori dunia periklanan di dunia maya. Semua layanan dibuat sedemikian rupa untuk mempermudahkan manajemen dan pengelolaan iklan Anda. 

DoubleClick ini memiliki berbagai layanan super lengkap dan dihosting agar pengguna lebih mudah dalam pengelolaan iklan. Maka dari itu tak heran jika banyak orang yang menempatkan fitur ini di dalam websitenya untuk menarik audience.

3. FeedBurner

FeedBurner merupakan tools yang berbasis web dengan menawarkan berbagai layanan sehingga penggunanya dapat mengambil alih pengelolaan dan pengiklanan blognya sendiri. Jadi bisa dibilang bahwa anak perusahaan Google ini bisa sangat membantu dalam pengembangan suatu situs.

FeedBurner adalah fitur yang sudah berdiri sejak tahun 2004. Pada awalnya hanya merupakan layanan tersendiri, namun Google kemudian berhasil mengakuisisinya. Fasilitas ini diberikan secara khusus kepada user Blogger agar dapat membuat blog gratisnya.

4. YouTube

Siapa yang mengira bahwa YouTube termasuk salah satu dari anak perusahaan Google. Pesatnya perkembangannya sekali mampu mendatangkan banyak user dari seluruh dunia untuk menikmati seluruh tampilan konten.

Layanan yang ditawarkan memberikan kebebasan para penggunanya untuk menonton dan berbagi video bahkan mengunggahnya sebagai file pribadi. Selain itu melalui Youtube, penggunanya juga dapat memperoleh penghasilan. 

5. AdMob

Anak perusahaan Google selanjutnya adalah AdMob yang merupakan platform penyedia layanan monetisasi bagi para pengembang aplikasi agar dapat memperoleh apresiasi berupa penghasilan. 

Jadi bisa dikatakan bahwa Google akan membayar seluruh pembuat aplikasi karena pemasangan iklan yang tampil pada saat pengoperasiannya. Berkat inovasi ini membuat para apllication developer semakin bersemangat untuk menciptakan pembaharuan.

6. Nest Labs

Nest Labs adalah perusahaan penghasil berbagai peralatan rumah tangga pintar, produk tersebut ditujukan untuk membantu kehidupan suatu keluarga. Seperti produk satu ini yang cukup populer adalah alarm asap sebagai pengamanan hunian apabila mengalami kebakaran.

Nest Labs ini berhasil diakuisi oleh Google dalam beberapa tahun terakhir ini. Biaya yang dikeluarkan untuk mengambil alih perusahaan ini adalah sebesar US$ 3.2 miliar. Maka dari itu sekarang mereka terus menciptakan teknologi rumah tangga pintar dan inovatif.

Demikianlah ulasan singkat mengenai apa itu Google. Sekiranya dapat menambah informasi bagi Anda mengenai mesin pencari yang cukup populer ini.

Ditulis oleh Kontributor Eksternal
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.