Widget HTML Atas

5 Fungsi Fitur Google Search Console Wajib Diketahui

Mungkin tidak berlebihan bila ada yang mengatakan, Anda tidak perlu membeli tools riset keyword. Sebab dengan mengoptimalkan penggunaan tools langsung dari Google a.k.a Google Search Console, hal itu sudah cukup buat meriset bahkan melakukan beberapa bentuk analisa terhadap website yang Anda kembangkan. 

Fitur Google search Console
Fitur Google search Console

Pada kesempatan yang singkat ini, seperti judul yang telah kita lihat bersama, kita akan membahas mengenai fungsi dari beberapa fitur Google Search Console yang wajib diketahui seorang webmaster atau bahasa sederhananya blogger. Sengaja kita katakan webmaster, biar kelihatan keren aja gitu :v

Tapi sebelum lanjut ke pembahasan utama kita, kami ingin sedikit mengingatkan kepada para pembaca, jika sekiranya tulisan kami telah memberi manfaat kepada Anda, beri kami dukungan dengan membagikan tulisan ini ke sosial media Anda. Semoga setiap dukungan yang telah Anda berikan diganjar oleh Allah dengan balasan yang lebih baik. Aamiin. 

Apa itu Google Search Console?

Google Search Console atau yang biasa disingkat dengan GSC adalah sebuah tools dari Google yang diperuntukkan kepada para webmaster untuk mengoptimalisasi, meriset, dan menganalisa situs yang sedang ia kembangkan. 

Dengan bantuan tools GSC, setiap perkembangan website yang terjadi di dalam mesin pencari, dapat kita pantau dan analisa secara detail, sekaligus menyingkirkan beberapa masalah yang terdeteksi di dalam website kita.


Fungsi Fitur Google Search Console

Berikut di bawah ini adalah beberapa fitur utama dari Google Search Console lengkap dengan fungsi kegunaannya. 

1. Kinerja

Pada menu kinerja ini, Anda dapat melihat perkembangan situs melalui grafik kinerja GSC, mulai dari jumlah klik, total tayangan, persentase klik, serta posisi rata-rata konten di dalam mesin pencari

Bahkan bukan hanya itu, dengan bantuan menu kinerja ini, kita juga dapat melakukan analisa website secara menyeluruh terkait banyak hal, seperti:
1. Keyword terbaik yang kita miliki (paling banyak mengundang klik)
2. Halaman yang paling banyak mendapatkan visitor
3. Negara yang paling banyak mengunjungi
4. Jenis perangkat yang paling banyak mengakses situs kita
5. Jumlah klik yang masuk melalui mesin pencari pertanggal

Dengan bantuan fitur kinerja ini, kita juga dapat menguji sebuah keyword dan melihat, ada di posisi ke berapa halaman situs kita dengan keyword tersebut.

Fitur Google search console
Fitur Google search console
Disamping itu, kita juga bisa melakukan konfigurasi penelusuran, apakah yang ingin kita lihat adalah hasil penelusuran web, gambar atau video. Kurun waktu penelusuran juga dapat kita atur sesuai dengan yang kita inginkan.

2. Inspeksi URL

Dengan fitur inspeksi URL dari Google Search Console, Anda dapat melakukan pengecekkan status, terkait kondisi URL website yang Anda masukan. Apakah URL tersebut telah terindex, masih dalam proses crawling, atau justru URL tersebut bermasalah, semua dapat dilihat melalui fitur inspeksi URL ini.

Note : Jika Anda melakukan pembaharuan konten, maka sangat disarankan untuk melakukan request index ulang di Google Search Console. Tujuannya adalah memberi sinyal kepada Googlebot untuk melakukan perayapan ulang dan membaca kembali struktur konten yang telah diperbarui. 
Apabila setelah diperbarui indikator SEO lebih baik dari sebelumnya, besar kemungkinan halaman tersebut akan mengalami peningkatan posisi di dalam mesin pencari, khususnya Google.

3. Cakupan (Coverage)

Pada menu cakupan, Google Search Console akan menampilkan status URL website dari aspek validitasnya di dalam mesin pencari. Status URL di dalam menu cakupan ini terbagi menjadi 4 jenis, yaitu: 
  1. Kesalahan
  2. Valid dengan peringatan
  3. Valid (tanpa peringan)
  4. Dikecualikan
Note: Bila kita mendapati URL dengan status “kesalahan”, segera lakukan antisipasi dengan mengikuti instruksi yang disampaikan melalui notifikasi GSC. Bila Anda tidak mendapatkan notifikasi, coba lakukan klik pada blok “kesalahan”, dan lihat URL yang mengalami kesalahan di bagian bawah halaman GSC. Klik URL tersebut, dan ikuti setiap instruksinya. Bila Anda bingung tindakan apa yang harus dilakukan, Anda bisa menyewa jasa kami dengan menghubungi kontak yang telah kami sediakan di panel menu.
Hati-hati terhadap URL yang mengalami kesalahan, bila tidak segera diperbaiki, hal tersebut akan mempengaruhi posisi konten di dalam mesin pencari.

4. Penghapusan

Mungkin diantara kita ada yang pernah menghapus sebuah artikel, namun URL dari post tersebut ternyata masih nempel di halaman mesin pencari. Akibatnya, user yang melakukan klik terhadap tautan tersebut akan dihadapkan dengan tampilan pesan error 404. 

Selain memberikan UX yang buruk kepada pengguna, website yang terlampau sering menampilkan pesan error, akan dipandang negatif oleh mesin pencari, karena tidak mampu menghadirkan data yang valid, sesuai dengan request pengguna pada mesin pencari. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, Google Search Console telah menghadirkan sebuah fitur, dimana fitur tersebut mampu membumihanguskan URL error dari halaman mesin pencari. 

Note: Jika Anda tidak ingin ada penyesalan saat menghapus URL dari mesin pencari, pastikan bahwa URL yang Anda submit tersebut adalah URL yang benar-benar mengalami error.

5. Tautan

Mengecek jumlah backlink melalui tools riset keyword tentu sudah biasa. Tapi tahukah Anda? Ternyata melalui Google Search Console, kita juga dapat melakukan pengecekan jumlah backlink. Bahkan bukan hanya melihat jumlah tautan baliknya. Melalui fitur "tautan" Google Search Console kita juga dapat melihat, dari situs manakah website yang kita kelola paling banyak mendapatkan tautan balik (backlink).

Selain itu, di dalam fitur tautan ini kita juga dapat melihat, anchor text apa saja dari website eksternal yang mengarah ke dalam website atau situs yang kita kelola. 

Di dalam halaman ini, kita juga dapat mendownload daftar backlink dengan memanfaatkan menu "ekspor link eksternal" yang berada di pojok kanan halaman. 


Kesimpulan

Menurut hemat saya, tidak ada kebutuhan yang mendesak bagi seorang webmaster baru, untuk membeli tools premium seperti Ahrefs, SEMrush, Moz, dan lain-lain. Sebab pada dasarnya, Google telah menyediakan sebuah tools resmi yang cukup membantu, yaitu Google Search Console. Namun semua kembali pada konsep atau pola pikir masing-masing. 

Mungkin ini saja yang bisa kami sampaikan terkait fitur Google Search Console. Bila ada kritik dan saran terkait konten, Anda bisa hubungi kami melalui kontak yang tersedia. Terima kasih atas kunjungan dan waktunya, jangan lupa! Bagikan artikel ini ke teman-teman Anda yang mungkin membutuhkan informasi serupa. Sampai jumpa! 

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.