Widget HTML Atas

UPDATE! Perubahan Dokumen Google Dalam Kinerja Mesin Pencari

Berita SEO - Baru-baru ini Google membuat perubahan dalam kinerja pencariannya. Lebih tepatnya perubahan tersebut terdapat pada halaman pusat bantuan Google
Perubahan dokumen Google

Jika kita amati dengan baik, pusat bantuan Google terbaru menyebutkan, ada perubahan bagaimana Google merayapi konten versi desktop dan versi seluler. Disamping itu, Google juga memiliki JavaScript baru yang mampu mengidentifikasi gambar, CSS, skrip, serta file dokumen yang terdapat di dalam website Anda. Jadi bisa dibilang, Google secara resmi telah memproklamirkan bahwa dirinya saat ini.. 
Memiliki kemampuan identifikasi tingkat tinggi, mencakup seluruh jenis file yang ada di dalam website kita. 
Mungkin sebagian diantara Anda ada yang meragukan kabar ini. Oleh sebab itu, kami sengaja tampilkan gambar di bawah ini untuk menunjukkan bahwa perubahan tersebut benar adanya.
Dokumen Google
Tambahkan teks

Gambar di atas adalah bukti yang cukup kuat bahwa Google telah melakukan perubahan terkait cara kerja mesin pencarinya. Gambar yang sebelah kiri adalah jepretan versi archive.org. Sedangkan gambar yang sebelah kanan adalah versi terbaru saat ini yang bisa Anda lihat langsung di pusat bantuan

Kemampuan Rendering Google

Ketika kita mengkomparasikan antara pusat bantuan lama dengan pusat bantuan baru, kita dapat melihat bahwa ada detail tambahan, tentang bagaimana Google melakukan rendering konten saat ini. Termasuk juga di dalamnya penambahan alat uji mobile friendly, bagaimana, dan kapan kita harus mengirimkan URL ke Google Search Console

Tidak hanya sampai disitu, jika kita mengecek lebih dalam dengan membuka "versi panjang" perubahan dokumen, kita akan dapati lebih banyak poin tambahan yang sebelumnya tidak ada pada dokumen lama. Seperti pada gambar di bawah ini. 
Perubahan dokumen Google
Perubahan dokumen Google


Pada bulir ke-6 gambar di atas, kita dapat melihat bahwa ada penyesuaian baru pada hreflang. Dimana hal tersebut dapat meningkatkan efektivitas konten dalam penelusuran, untuk menyesuaikan dengan bahasa dan wilayah si pengguna. 

Bukan hanya itu, pada bulir ke-8 Google juga menyebutkan bahwa ia akan mengakses seluruh elemen dasar halaman, seperti : gambar, file CSS, dan skrip halaman. Perubahan dokumen lainnya dapat kita lihat pada bulir ke-9, dimana Google telah menyediakan sebuah tools inspeksi URL yang dapat merender halaman Anda dan memeriksa, apakah baik-baik saja, atau ada elemen yang bermasalah.  

Pada bagian ini (lihat gambar di bawah), Google juga telah menghapusnya dari dokumen versi terbaru. 
Perubahan dokumen Google


Sebagai ganti dari potongan dokumen yang dihapus tersebut, Google menambahkan informasi baru tentang panduan JavaScript yang sesuai dengan standarisasi SEO. Plus, informasi tentang perayapan primer dan perayapan sekunder oleh Google. Lihat gambar di bawah ini. 
Perubahan dokumen Google
Capture Perubahan Dokumen Google

Kembali kami ingatkan! 
Silahkan lakukan pengecekan dokumen baru pada pusat bantuan Google (link sudah disebut di atas) dengan dokumen versi lawas yang telah dicapture oleh archive.org.
Akhir kata, itulah berita seputar SEO kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah informasi Anda seputar guidelines Google. Seperti biasa, jika Anda merasa terbantu dengan informasi di atas, bantu kami dengan menshare artikel ini ke teman-teman blogger kamu. Share darimu akan menambah semangat kami untuk menghadirkan informasi bermanfaat lainnya. Terima kasih dan Sayonara! 

Ohiya! Ikuti terus perkembangan berita seputar SEO hanya di SEO Kilat. In syaa Allah akan ada informasi terbaru setiap harinya terkait optimasi mesin pencari, khususnya Google. 
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.