Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Setelah Optimasi SEO On Page, Berikutnya Apa?

Setelah optimasi SEO on page
Setelah optimasi SEO on page

Balik lagi di situs SEO Kilat. Sebagaimana judul yang telah Anda lihat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah pertanyaan, yakni: langkah apa yang harus kita ambil setelah mengoptimalkan SEO on page? Tapi sebelum itu, kami ingin sedikit menghimbau kepada teman-teman yang ingin belajar tentang SEO atau berbagi pengalamannya dalam memenangkan halaman pertama Google, Anda bisa gabung di grup FaceBook SEO Classroom. Baik! Sekarang kita lanjut ke pembahasan yang sebenarnya. 

Intro

Perlu kita ketahui bersama, optimasi SEO on page sebenarnya hanyalah awal dari langkah optimasi SEO secara keseluruhan. Sesuai namanya, yaitu “awal”, berarti kita membutuhkan tindakan lanjutan untuk memaksimalkan kinerja halaman web pada mesin pencari.

Pertanyaan

Pada kesempatan kali ini, kita membahas sebuah pertanyaan yang mungkin sering muncul di benak para pemula yang ingin mengoptimalkan SEO websitenya. Pertanyaan tersebut yaitu:
Halo min! saya kang cilok dari Bandung. Saya mau bertanya, jika kita sudah melakukan optimasi SEO on page, langkah apa yang harus kita lakukan berikutnya? Biar SEOnya makin wuzz.. wuzz..*
*pertanyaan maupun tokoh hanyalah fiksi

Jawaban

Baik! Terima kasih atas pertanyaannya. Sebelumnya perlu diketahui, optimasi SEO tidak akan pernah berhenti selama website tersebut online dan ingin menempati halaman pertama pada mesin pencari. Adapun SEO on page, hal tersebut hanyalah permulaan dari serangkaian bentuk optimasi yang wajib untuk kita lakukan. Ketika tools audit kita telah menunjukkan nilai SEO page yang sempurna, bukan berarti tugas kita sebagai seorang webmaster berhenti sampai di situ. Berikut di bawah ini adalah beberapa poin yang perlu Anda perhatikan setelah melakukan optimasi SEO on page.

a. Analisis Struktur Kode Halaman

Memang benar! Struktur kode sebuah halaman tidak menjamin bahwa Anda akan menempati posisi teratas pada halaman mesin pencari. Namun, jika struktur kode halaman Anda ternyata buruk, hal tersebut sudah sangat cukup untuk menjauhkan Anda dari halaman pertama mesin pencari.
Oleh sebab itu, salah satu langkah yang perlu diperhatikan setelah melakukan SEO on page adalah evaluasi terhadap struktur kode halaman. Lakukan pengecekan setiap baris kode untuk mengantisipasi kesalahan struktur halaman.

b. Evaluasi Value Konten

Setelah melakukan pengecekan terhadap struktur kode halaman, langkah berikutnya yang bisa kita upayakan adalah evaluasi value konten. Value yang kita maksud disini adalah nilai kebermanfaatan serta kualitas dari sebuah konten. 

Berhentilah membuat konten secara membabi-buta tanpa memikirkan value di dalamnya. Anda tidak akan mendapatkan nilai SEO sedikitpun di mata mesin pencari. 
Setelah menerapkan SEO on page pada halaman website Anda, coba lakukan evaluasi value. Ukur seberapa manfaat dan berkualitasnya konten Anda, dengan menggunakan beberapa metrik dasar. Jika Anda merasa ada yang kurang pada konten, cobalah untuk melakukan revisi. 
Buatlah konten yang mampu menarik perhatian, tanpa harus mengabaikan kualitas dan manfaat. Perhatikan pula kepadatan keyword dan jumlah kata kunci yang ingin Anda target. Jika Anda masih bingung mengenai cara membuat konten yang SEO, Anda bisa baca cara menulis artikel SEO

Tips

Jika Anda ingin mendapatkan trafik organik dalam kurun waktu yang lama, membuat konten dengan keyword evergreen adalah cara yang terbaik. Untuk penjelasan detail mengenai keyword evergreen, akan kita bahas di lain waktu in syaa Allah.

Link Building

Link building atau yang dikenal dengan istilah membangun tautan adalah bentuk optimasi SEO off page yang sudah selayaknya kita aplikasikan setelah SEO on page. Ketika membangun tautan, esensi yang harus Anda ingat adalah kualitas, bukan kuantitas. 
Itu sebabnya, 1 tautan (backlink) berkualitas dari situs terpercaya, jauh lebih bernilai seribu kali lipat daripada situs abal-abal. Untuk melihat kriteria website berkualitas sebagai tempat backlink, Anda bisa membaca artikel jenis-jenis backlink.

Kesimpulan

SEO bukan sebuah teknik dimana setelah selesai melakukan optimasi, kemudian kita meninggalkannya. Sebuah website yang telah dioptimasi akan tetap butuh yang namanya perawatan, serta auditing web secara detail. 

Tujuannya jelas, yaitu memantau segala bentuk perubahan website di dalam search engine, untuk kemudian dihandle agar posisi website di SERP kembali normal. Itulah sebabnya, banyak para penyedia jasa SEO menawarkan paket tahunan, karena mereka faham, bahwa optimasi search engine adalah layanan yang membutuhkan pengawasan jangka panjang.

Baiklah! Terima kasih atas waktu dan perhatian teman-teman, semoga materi singkat seputar langkah optimasi setelah SEO on page ini dapat bermanfaat. Seperti biasa, jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, Anda bisa bantu kami membagikannya agar kami lebih semangat membagikan tips seputar SEO secara gratis. Kalau kata para youtuber “ingat subscribe itu gratis”. Nah! Kalau kata saya “ingat ngeshare itu gratis” hehehe. Oke! Sampai jumpa di materi SEO lainnya. Sayonara! Assalamu’alaikum!


Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.