Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Digital Marketing dan Internet Marketing

Tidak banyak orang mengetahui perbedaan digital marketing dan internet marketing. Sekilas keduanya sama-sama digunakan untuk meningkatkan penjualan melalui pemasaran produk secara online. Akan tetapi, ternyata di antara dua hal tersebut terdapat beberapa faktor yang membedakannya.
Perbedaan digital marketing dan internet marketing
Perbedaan digital marketing dan internet marketing


Beberapa Perbedaan Antara Digital Marketing dan Internet Marketing

Meskipun memiliki fungsi sama, yaitu memfasilitasi penjualan agar bisnis dapat berkembang semakin pesat, namun pada dasarnya dua komponen tersebut memiliki perbedaan cukup signifikan. Berikut 11 hal yang membedakan digital marketing dengan internet marketing:

1. Pengertian Digital Marketing dan Internet Marketing

Secara definisi, kedua hal ini terlihat begitu berbeda. Digital marketing sendiri merupakan suatu teknik pemasaran yang memanfatkan alat elektronik dalam menjalankan strateginya. Peralatan di sini bisa apa saja asalkan mampu menampilkan gambar secara visual untuk dimanfaatkan sebagai media promosi.

Media tersebut bisa berupa televisi, radio, papan iklan menggunakan LED, dan masih banyak lagi. Sedangkan internet marketing merupakan cara pemasaran pada berbagai media digital secara online sehingga para pelanggan atau calon pembeli diharuskan memiliki koneksi agar saling terhubung.

2. Cara Pemasaran

Jika dilihat dari pengertian, maka dapat diketahui bahwa digital marketing melakukan pemasaran menggunakan berbagai media elektronik, baik secara daring ataupun luring. Tak hanya fokus pada meningkatkan penjualan saja, akan tetapi juga mengerjakan beragam strategi untuk menarik customers.

Sedangkan internet marketing hanya fokus terhadap pengguna situs online saja, baik berbagai platform seperti sosial media ataupun melalui website. Beberapa teknik yang bisa digunakan untuk menunjang peningkatan penjualan serta optimalisasi laman web adalah memanfaatkan SEO dan juga SEM.

3. Media yang Digunakan untuk Melakukan Promosi

Ada banyak media yang bisa digunakan untuk melakukan promosi terhadap produk Anda. Seperti pada digital marketing, teknik pemasaran tersebut bisa dijalakan dengan menggunakan berbagai alat elektronik, seperti televise, radio, bahkan menyewa seorang influencer juga termasuk ke dalamnya.

Akan tetapi seorang influencer tersebut harus tampil pada media tersebut. Zaman sekarang cara tersebut dinamakan endors. Sedangkan teknik satunya juga bisa menggunakan alat elektronik apapun asalkan memiliki koneksi terhadap jaringan internet, seperti smartphone, laptop, PC, tablet, bahkan smart tv.

4. Cangkupan Digital Marketing dan Internet Marketing

Meskipun tujuan keduanya sama, yakni menjangkau pembeli sebanyak-banyaknya, namun ada perbedaan digital marketing dan internet marketing yang dinilai lebih luas sehingga mampu mengakses hubungan sejauh mungkin dengan calon pelanggan. Hal ini dikarenakan media yang digunakan oleh sistem pemasaran tersebut lebih kompleks.

Jika internet marketing harus menggunakan media dengan syarat memiliki koneksi terhadap jaringan komunikasi elektronik, maka cara pemasaran melalui teknik digital tidak memerlukan hal tersebut karena bisa diakses kapanpun serta dimanapun sehingga cangkupannya dinilai lebih luas dan fleksibel.

5. Peluang untuk Memperoleh Keuntungan dan Balik Modal

Berbicara perihal peluang tentu saja digital marketing memperoleh kesempatan lebih besar karena cangkupan yang dimiliki oleh cara pemasaran tersebut juga terbilang sangat luas. Melalui hal tersebut, Anda akan mendapatkan pelanggan melalui berbagai media elektronik, seperti smartphone dan televisi.

Cangkupan yang luas beserta media beragam membuat teknik pemasaran tersebut memiliki peluang lebih besar. Berbeda dengan internet marketing, cara tersebut sangat tergantung pada koneksi terhadap jaringan elektronik. Apabila tidak terhubung, maka tak bisa memasarkan produk sejauh Anda inginkan.

6. Tingkat Efektivitas dan Efisiensi

Selain memperoleh peluang yang lebih besar, cara pemasaran menggunakan digital marketing juga terbilang lebih efektif serta efisien karena cangkupannya begitu luas sehingga mampu menjangkau calon pelanggan sebanyak mungkin secara cepat melalui berbagai media beserta strateginya.

Berbeda dengan cara pemasaran menggunakan media internet, seseorang yang tidak memiliki akses terhadap koneksi tersebut tak akan bisa melihat produk Anda meskipun promosi dilakukan secara besar-besaran. Tetap saja, antara penjual dan pembeli harus sama-sama memiliki jaringan agar terhubung.

7. Pemilihan Target Audience

Berdasarkan uraian di atas dapat diketahui bahwa digital marketing memiliki banyak kelebihan daripada cara pemasaran menggunakan internet. Akan tetapi, teknik tersebut tidak bisa melakukan pemilihan terkait audiens atau calon pelanggan dalam rangka penawaran produk kepada mereka.

Pasalnya, tidak semua media yang digunakan oleh teknik digital marketing mampu melakukan interaksi kepada pelanggan. Berbeda dengan internet marketing, Anda bisa melakukan pemilihan audiens berdasarkan jenis kelamin, usia, dan sebagainya bahkan bisa mengarahkan produk sesuai kebutuhan.

8. Keleluasaan Interaksi dengan Pelanggan

Interaksi dengan pelanggan merupakan salah satu teknik penjualan yang efektif karena hubungan baik tersebut dapat menciptakan peluang penjualan meskipun tidak secara luas. Hal tersebut bisa dilakukan melalui cara pemasaran internet marketing, baik melalui platform atau situs web.

Saat ini telah banyak platform, terutama media sosial yang menyediakan berbagai fitur untuk melakukan penjualan via online, seperti survei, pengisian kuesioner maupun fitur-fitur lain. Cara semacam ini tidak bisa dilakukan secara langsung apabila menggunakan digital marketing karena jarang memiliki fiturnya.

9. Efek pada Jangka Panjang

Digital marketing memanfaatkan berbagai media dan teknologi untuk memasarkan produk Anda berupa promosi dalam bentuk informasi menarik agar semakin cepat sampai pada telinga calon pembeli atau pelanggan yang sudah lama. Melalui hal ini penjualan bisa dicapai secara lebih efektif.

Akan tetapi, kelemahan dari digital marketing adalah tidak bisa melakukan interaksi terhadap pelanggan. Berbeda dengan pemasaran melalui internet. Hubungan baik tersebut bisa menjalin keterikatan bahkan kepada calon pembeli. Melalui hal tersebut efek jangka panjang berupa kepuasan bisa diperoleh.

10. Biaya Pemasaran

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa media untuk menjalankan strategi dalam digital marketing memang terbilang lebih banyak. Oleh sebab itu, tak heran jika biaya pemasarannya cukup tinggi apalagi jika memiliki perencanaan untuk memasang promosi berupa iklan di televisi.

Pemasangan iklan pada televisi terbilang lebih mahal dan memerlukan anggaran khusus. Berbeda dengan penggunaan internet, promosi bisa dilakukan kapan saja dan dimanapun tanpa harus mengeluarkan biaya, seperti mempromosikan suatu produk di akun media sosial toko online.

11. Kepercayaan Pelanggan Terhadap Penjual

Adanya cangkupan luas yang terjalin di teknik penjualan menggunakan digital marketing menyebabkan cara tersebut terbilang lebih efektif dan juga efisien dalam mendapatkan calon pelanggan melalui penggunaan teknilogi serta pengiklanan pada berbagai media, baik secara offline maupun online.

Semakin banyak iklan beredar di berbagai media, maka akan menciptakan kepercayaan kepada konsumen terhadap produk tersebut. Apalagi jika Anda menampilkan testimoni dari para pelanggan, maka hal tersebut bisa makin meningkatkan minat calon pembeli untuk membeli barang yang ditawarkan.

Perbedaan digital marketing dan internet marketing pada dasarnya terlihat begitu tipis, maka tak heran jika beberapa orang sering menganggap bahwa dua hal tersebut memiliki kesamaan padahal berbeda. Namun, keduanya memiliki tujuan sama, yaitu menarik banyak pelanggan agar penjualan meningkat. 

Demikian artikel kali ini seputar perbedaan digital marketing dan internet marketing. Kamu juga bisa membaca artikel tentang copywriting untuk menambah wawasanmu dalam dunia pemasaran. Terima kasih atas perhatiannya dan sampai jumpa pada kesempatan yang lainnya. 

Baca artikel kami mengenai cara membuat link WA langsung ke chat pribadi, untuk mempermudah klien menghubungi kita saat memesan produk. 
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.