Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menelisik Sisi Lain Deep Web

deep web adalah
Deep Web - Ilustrasi

Deep Web adalah sisi tersembunyi dari dunia internet yang tidak bisa ditemukan dengan cara yang sederhana seperti layaknya penggunaan Google. Ada banyak sekali data dalam jumlah besar yang terdapat didalam Deep Web, yang sangat tidak biasa beredar sebagaimana layaknya konten yang terdapat didalam google. 

Sampai saat ini diperkirakan data yang terdapat didalam ranah Deep Web mencapai 500 kali lipat lebih besar dibandingkan data yang berhasil dijaring oleh mesin pencari Google. Namun, meskipun data yang terdapat didalam Deep Web sangat besar, mesin pencari biasa seperti Google atau Bing tidak akan mampu menjaring informasi yang terdapat didalam deep web. 

Tentu saja, hal ini disebabkan seluruh data yang berada didalam Deep Web tidak akan terindeks didalam mesin pencari biasa dan dengan cara yang biasa pula. Itulah sebabnya, mesin pencari Google, Bing, Yahoo, Yandex dan sejenisnya tidak akan dapat menampilkan data Deep Web meskipun kita mencarinya di kolom search Google.


Pada kesempatan kali ini, sebagaimana judul yang sudah kita lihat bersama. Kita akan membahas lebih dalam mengenai apa itu Deep Web, sistem kerja Deep Web, kesalahfahaman yang beredar tentang apa itu Deep Web dan masih banyak lagi. Dan untuk meringkas waktu kita, langsung saja kita simak bersama uraian selengkapnya dibawah ini. 

Apa itu Deep Web? 

Tidak semua halaman yang berada didalam internet dapat kita telusuri dengan bantuan mesin pencari, seperti: Google, Bing, Yahoo, Yandex, dan sejenisnya. Tentu saja hal ini bukan karena salah mesin pencarinya. Hanya saja, memang sebuah halaman website dapat dilacak berdasarkan tautan yang dimilikinya. Jadi, semakin banyak tautan yang mengaitkan sebuah halaman website, maka halaman tersebut akan semakin mudah untuk ditemukan mesin pencari. 

Tapi, jika sebuah halaman atau data informasi di dalam internet tidak pernah dihubungkan dengan halaman lain, maka mesin pencari pun tidak akan bisa menemukannya. Dan inilah yang disebut dengan istilah Deep Web. 
Deep Web adalah
Ilustrasi - Wallpaper Deep Web

Untuk menempatkan konten atau halaman web kita didalam Deep Web sebenarnya sangat mudah sekali. Dan diantaranya:
  • Kita bisa memilih untuk "Tidak Di indeks" oleh mesin pencari hanya dengan beberapa baris kode script
  • Kita bisa membatalkan daftar video YouTube, sehingga hanya mereka yang memiliki tautan yang dapat menemukannya
  • Kita bisa mengatur private halaman facebook, sehingga mesin penelusur tidak bisa merayapinya.
  • Kita bisa memastikan blog Tumblr kita tidak di indeks mesin pencari hanya dengan satu klik tombol di halaman pengaturan
Dan semua cara diatas bukan berarti informasi dan data tersebut tidak bisa ditemukan didalam internet, melainkan seluruh data dan informasi tersebut "hanya" tidak bisa ditelusuri oleh mesin pencari biasa.

Perbedaan Antara Deep Web Dengan Dark Web

Jika kita berada di Deep Web, berarti kita sedang berada dibagian barat yang liar dari dunia internet. Sedangkan jika kita berada di Dark Web, berarti kita sedang berada dikawasan para bandit atau markas para kriminal.
Secara definisi, Dark Web merupakan subset dari Deep Web. Walaupun kedua istilah ini kadang kadang dianggap sama oleh sebagian orang, akan tetapi dua hal ini adalah sesuatu yang berbeda. Karena setiap informasi online yang tidak terdeteksi oleh mesin pencari adalah bagian dari Deep Web, sedangkan informasi online yang sengaja disembunyikan dari mesin pencari adalah bagian dari Dark Web.

Para pihak yang menggunakan Dark Web akan mengambil keuntungan dari kerahasiaan informasi yang memang sengaja disembunyikan didalam dunia internet, seperti : jual beli senjata, jual beli narkob*, human trafficking, seks, dan segala bentuk informasi ilegal ada didalam Dark Web.

Bagaimana Deep Web Bekerja? 

Ada ribuan database di internet, semuanya gratis untuk diakses, hanya saja Google atau Bing tidak dapat menemukannya.
Ada beberapa alasan berbeda mengapa suatu informasi di internet tidak dapat diakses oleh mesin pencari, diantaranya adalah :
  • Sengaja tidak menggunakan protokol http:// atau https://, dan memilih protokol yang tidak standar seperti domain .union.
  • Dilindungi oleh kata sandi, termasuk layanan berlangganan, akun media sosial pribadi dan kotak masuk gmail siapapun.
  • Tersembunyi dibalik CAPTCHA atau filter input sejenisnya
  • Belum dikaitkan dengan halaman online
  • Hanya dapat diakses melalui kueri basis data.
Bila Anda mempunyai alamat email/Gmail, Hotmail, atau Outlook.com, itu berarti anda sudah menggunakan yang namanya Deep Web.

Kesalahpahaman Yang Beredar Terkait Deep Web

Istilah kata "Deep Web" membuat sebuah topik terdengar sangat menarik. Namun tidak sedikit pula orang yang merasa takut untuk membahasnya, karena beranggapan bahwa ketika mesin pencari tidak dapat menemukannya berarti hal tersebut adalah sesuatu yang sangat penting dan bisa jadi berbahaya. Dibawah ini kita akan menyebutkan beberapa poin tentang Deep  Web, yang sepertinya telah terjadi banyak kesalahpahaman.
  • Deep Web Adalah Ilegal
  • Deep Web hanya untuk para ahli
  • Deep Web tidak dapat dicari

Menelusuri informasi di Deep Web layaknya mendayung perahu melintasi permukaan danau yang luas, hingga kita menemukan tempat yang tepat untuk menenggelamkan anak pancing kita. Kita mungkin tidak dapat menelusuri seluruh isi kedalaman danau tersebut, tapi setidaknya, kita masih bisa mendapatkan ikan yang kita inginkan

Sekian saja penjelasan kami terkait pengertian deep web dan beberapa informasi terkaitnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita seputar dunia internet. Jangan lupa, share artikel ini di sosial media Anda, sebagai bentuk support  kepada situs ini. 

Khusus bagi Anda yang ingin belajar menulis artikel SEO, Anda bisa ikuti panduan kami. Dan bagi Anda yang ingin mempelajari cara membuat link WA, anda juga bisa baca artikel di seokilat.com.

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.