Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Backlink Dalam Teknik Optimasi SEO

Jenis-jenis backlink
Jenis-jenis backlink


Memaksimalkan backlink bukan hanya dari sisi kuantitas, namun juga kualitas dari web yang akan kita gunakan sebagai tempat backlink. Kami ingatkan juga kepada Anda, hati-hatilah dalam membeli backlink. Sebab bila Anda salah dalam memilih tempat backlink, bukannya menaikan skor SEO website yang Anda kelola, alih-alih website atau blog Anda bahkan bisa hilang dari mesin pencari, akibat pelanggaran guidelines Google. Lalu, bagaimanakah caranya memaksimalkan backlink?

Untuk dapat memaksimalkan penggunaan backlink, tentu kita harus mengenal lebih lanjut apa itu backlink? Manfaatnya bagi website? Jenis-jenis backlink? Serta kriteria web yang bagus, untuk dijadikan sebagai tempat menanam backlink. Berikut penjelasannya. 


a. Apa itu Backlink?

Backlink adalah istilah di dalam dunia web yang merujuk pada sebuah tautan. Dimana tautan tersebut apabila diklik, maka akan mengarah ke sebuah halaman web yang kita optimasi. Masih bingung? 

Saya beri sebuah contoh. Saya mempunyai website dengan domain seokilat.com. Di dalamnya terdapat sebuah artikel yang mengulas tentang copywriting. Kemudian tiba-tiba saja saat saya mengecek dashboard statistic, saya melihat sebuah sumber trafik datang dari website kompasiana.com mengarah ke artikel copywriting milik saya. Setelah melakukan pengecekkan, di dalam artikel kompasiana.com tersebut ternyata terdapat sebuah tautan yang mengarah ke seokilat.com. Nah, tautan yang terdapat pada halaman kompasiana.com yang mengarah ke seokilat.com dikenal dengan sebutan backlink.


b. Manfaat Backlink

Dalam hal ini tentu sudah sangat jelas, manfaat paling utama dalam optimalisasi backlink adalah meningkat nilai SEO di mata mesin pencari, ini secara umum. Adapun manfaat backlink secara spesifik, yaitu sebagai berikut.

  • Meningkatkan otoritas domain di mata mesin pencari
  • Mendatangkan trafik referral
  • Meningkatkan brand awareness
  • Mempercepat proses indexing

c. Jenis-Jenis Backlink

Ketika seseorang menyebut kata backlink, setidaknya ada 9 kemungkinan jenis backlink yang dimaksud oleh orang tersebut. Berikut di bawah ini adalah 9 jenis backlink yang perlu Anda ketahui.

1. Backlink Kontekstual

Backlink kontekstual adalah yang terbaik bila ditinjau dari jenisnya. Backlink ini biasa kita temukan pada halaman-halaman blog post atau website artikel yang memiliki eksternal URL (link keluar).


2. Backlink Komentar

Sesuai namanya, backlink komentar adalah jenis backlink yang lazim ditemukan pada kolom-kolom komentar blog atau website. Meskipun jenis backlink ini turut menyumbangkan nilai SEO, namun bila dibandingkan dengan jenis backlink kontekstual, backlink komentar tentu tidak ada apa-apanya. Salah satu faktor yang menjadikan kedua jenis backlink ini berbeda dari sisi SEO adalah posisi dari backlink tersebut. Backlink kontekstual terletak pada posisi yang sangat potensial, yaitu body dari sebuah halaman web. Sedangkan backlink jenis komentar, secara kerangka web telah berada di luar body yang merupakan posisi paling potensial bagi sebuah backlink. Oleh karenanya, disini saya menganjurkan. Bila Anda hendak membeli sebuah backlink, entah itu satuan ataupun paketan, maka saya sarankan hindari pembelian backlink yang ditanam pada kolom komentar. Sebab Anda hanya akan mendapat secuil nilai SEO dari backlink tersebut.


3. Backlink Profil

Backlink profil biasanya bisa kita temukan pada halaman profil member dari sebuah web forum. Sebagian backlink profil umumnya hanya berupa URL tanpa anchor text yang bisa kita optimasi. Namun sebagian halaman web profil cukup memungkinkan kita untuk memasukkan anchor text saat menanam backlink di dalamnya. Untuk membedakan backlink profil dengan atau tanpa anchor text, dapat dilihat dari bentuk tautannya.

https://www.seokilat.com (backlink tanpa anchor text)

SEO Kilat (Backlink dengan anchor text)


4. Backlink Pada Document Sharing

Backlink jenis ini bisa kita temukan pada halaman web dokumen sharing yang membagikan beragam jenis file text, seperti: word, pdf, excel, dan file-file text lainnya. Untuk mendapatkan backlink jenis ini, kita bisa membuat sebuah dokumen dengan topik pembahasan tertentu yang masih berkaitan dengan halaman web yang akan kita optimasi. Setelah selesai membuat file dokumen, tidak lupa pula sisipkan URL yang akan kita optimasi ke salah satu text file. Jika sudah, silahkan upload file tersebut ke website sharing dokumen yang Anda inginkan. Salah satu website sharing dokumen yang bisa Anda manfaatkan yaitu situs academia.edu.


5. Blogroll Backlink

Bila Anda pernah melihat widget berisi daftar tautan, jenis tautan tersebutlah yang kita maksud dengan blogroll backlink. Mayoritas webmaster saat ini sudah meninggalkan metode blogroll backlink dengan alasan beberapa kebijakan Google. Dimana algoritma terbaru saat ini lebih mengutamakan halaman web yang clean, serta ramah terhadap user. Penggunaan widget blogroll saat ini dinilai kurang efektif karena memberi UX yang buruk terhadap pengguna.


6. Backlink Dari Gambar

Ketika kita mengupload sebuah gambar ke dalam artikel, maka seketika itu pula gambar tersebut akan menghasilkan sebuah URL yang mengarah ke domain milik kita. Dalam hal ini, jika seseorang menggunakan URL gambar tersebut untuk menampilkan sebuah gambar pada websitenya, maka secara otomatis domain milik kita akan mendapatkan sebuah backlink image dari website tersebut. Namun perlu diingat, bagi Anda yang menggunakan platform blogger sebagai media web, Anda tidak akan mendapatkan URL exact menuju domain Anda, sekalipun Anda mengupload gambar pada artikel yang Anda publish.


7. Backlink Footer

Tidak ada penjelasan lebar tentang backlink jenis ini. Hanya saja, bila Anda belum tahu apa itu backlink footer, backlink footer adalah sebuah tautan yang umumnya dapat kita temui pada bagian bawah halaman web. Dimana tautan tersebut biasanya merupakan sebuah link yang mengarah ke website developer theme.


8. Backlink Blog Partner

Tidak jauh berbeda dengan blogroll backlink. Backlink jenis ini biasanya bisa kita temukan pada halaman-halaman blog partner ataupun website partner dari sebuah web. Hanya saja, bila blogroll backlink muncul atau terletak pada sisi widget saja, khusus backlink blog partner dapat kita temukan dimana saja dari sebuah halaman web. Entah itu di page, post, maupun widget.


9. Backlink Sosial Media

Salah satu jenis backlink yang bisa kita optimasi adalah backlink dari sosial media. Meskipun bukan bersifat dofollow, namun dengan teknik promosi yang benar, backlink jenis ini cukup mampu menarik visitor ke halaman web sedang kita kembangkan.


d. Kriteria Web yang Baik Untuk Backlink

Menanam backlink sebagai langkah dasar optimasi SEO bukan sebuah hal yang bisa dipandang remeh. Dibutuhkan ketelitian serta wawasan, agar backlink yang kita tanam dapat menjadi sebuah benefit, bukan malah menjadi damage. Berikut di bawah ini beberapa kriteria website atau blog yang bisa Anda jadikan acuan, sebelum menjadikannya sebagai tempat menanam backlink.

  • Memiliki relevansi tinggi dengan halaman web Anda
  • Website dengan reputasi baik di mesin pencari (contoh: portal nasional)
  • Halaman web yang memiliki sedikit eksternal link
  • Memiliki domain rating yang baik (yakni: tinggi)
  • Memiliki DA (domain authority) dan PA (page authority) yang baik (yakni: tinggi)
  • Spam Score (SS) domain rendah (maksimal 1)
  • Konten halaman unik (bukan hasil plagiat/copas)
  • Bukan website yang melanggar guidelines Google, seperti : website jud*, atau p*rn0grafi.

Nah! setelah mengetahui 4 poin penting terkait optimasi backlink di atas, Anda bisa menerapkannya satu persatu kepada website yang akan Anda optimasi. Mulai dari menemukan tempat backlink, memilih jenis backlink yang akan dioptimasi, dan jangan lupa pula, lihat dulu spesifikasi atau kriteria website yang akan kita gunakan sebagai tempat backlink. Teknik optimasi ini masuk dalam kategori SEO off page.

Mungkin itu saja pembahasan seputar apa itu backlink, manfaat backlink, dan jenis-jenis backlink. Semoga penjelasan singkat ini dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam mengoptimalkan nilai SEO.